Tak Cuma Disinfektan, Sterilisasi Sinar Ozon dan UV-C Juga Mampu Membunuh Virus

Tak Cuma Disinfektan, Sterilisasi Sinar Ozon dan UV-C Juga Mampu Membunuh Virus
virus Corona disterilisasi menggunakan Sinar UVC (Foto: ist / ist)
Iman Rahman Cahyadi / CAH Minggu, 12 Juli 2020 | 13:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi Covid-19 memang belum mereda di Indonesia bahkan dunia. Banyak cara dilakukan untuk mencegah agar tertular virus dengan memakai masker atau hand sanitizer. Bahkan, salah satunya cara lain yang tak kalah penting adalah melakukan sterilisasi alat atau ruangan dengan disinfektan atau sterilizer.

Selain disinfektan, sterilisasi ruangan juga perlu dilakukan dengan menggunakan ozon dan UV-C yang tanpa bahan kimia. Ozon merupakan gas dan digunakan sebagai pelengkap dari sinar UV-C, sehingga dapat masuk ke celah sempit dan kecil yang tidak dapat dijangkau oleh sinar UV-C, seperti di bawah kolong sofa, celah di belakang lemari dan dapat menghilangkan bau tidak enak pada barang, permukaan atau ruangan.

Apalagi perkembangan terbaru dari WHO menyebutkan Covid 19 menyebar lewat udara.

Septianus selaku Direktur Tissor Indonesia mengatakan sterilisasi ruangan atau alat dengan menggunakan ozon menjadi solusi alternatif dari semprotan disinfektan.

“Dengan sterilisasi menggunakan room sterilizer dapat menjadi solusi alternatif dari semprotan disinfektan rutin untuk menjaga kebersihan di rumah. Produk air purifier dengan UV-C juga dapat membuat udara di ruangan Anda aman dari penyebaran virus covid 19,” ujar Septianus dalam keterangannya, Sabtu (12/7/2020).

Banyak brand yang mengeluarkan alat sterilisasi, salah satu-nya Tissor Indoneia yang memperkenalkan Leka UVC Portable sterilizer yang mampu membunuh 99,9 persen bakteri, kuman dan virus tanpa kimia dan bau apapun.

“Leka UVC ini dapat membunuh 99,9 persen bakteri, kuman dan virus tanpa kimia dan bau apapun. Jadi dapat menjaga kebersihan barang-barang setiap saat,” lanjut Septianus.

Alat sterilisasi serbaguna dari Tissor ini juga cocok untuk sterilisasi bungkusan atau kemanasan makanan delivery online, paket belanja, barang elektronik seperti HP, remote, masker, dan barang pribadi lainnya.



Sumber: BeritaSatu.com