Kereta LRT Tiba, DKI Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Kereta LRT Tiba, DKI Lakukan Rekayasa Lalu Lintas
Gerbong Kereta LRT Jakarta. ( Foto: BeritaSatu Photo / Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / JAS Jumat, 13 April 2018 | 18:53 WIB

Jakarta - Dua gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) dari 16 gerbong kereta akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Sabtu (14/4). Rencananya, dua gerbong kereta itu akan langsung dipindahkan ke Depo LRT Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Untuk pemindahan dua gerbong kereta dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Depo LRT Kelapa Gading, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI akan melakukan rekayasa lalu lintas.

Kepala Dishub DKI, Andri Yansyah mengatakan pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Pengangkutan rolling stock (kereta) LRT Jakarya akan dilaksanakan pada Sabtu (14/4) malam. Proses pengangkutan akan dilakukan mulai pukul 22.00 WIB dan diperkirakan akan tiba di Depo sekitar pukul 24.00 WIB.

“Untuk itu, pengaturan lalu lintas akan dilakukan secara situasional selama pengangkutan rolling stock LRT Jakarta dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Kelapa Gading,” kata Andri, Jumat (13/4).

Kontainer yang akan membawa kereta LRT Jakarta ini akan menempuh rute Pelabuhan Tanjung Priok (Pintu Airin)-Jalan Cilincing Raya-Jalan Cakung Cilincing-Putaran Balik Justus-Jalan Tugu Raya-Simpang Lima-Jalan Pegangsaan Dua-Jalan Kelapa Hybrida-Jalan Boulevard Kelapa Gading-Simpang Kelapa Nias-lokasi pengangkatan atau lifting kereta seberang Mall Kelapa Gading.

Setelah tiba di lokasi akan dilakukan pengangkatan/lifting kereta ke atas pocket track di Section 5A jalur LRT depan Mall Kelapa Gading.

Untuk mendukung kelancaran pengangkatan akan dilakukan pengaturan lalu lintas. Yakni melakukan penutupan jalan di ruas Jalan Boulevard Kelapa Gading sisi Barat mulai dari Bundaran Kelapa Gading-Simpang Jalan Kelapa Nias pukul 22.00 WIB sampai 06.00 WIB selama dilakukan pekerja penyetelan alat.

“Karena ruas jalan tersebut akan menjadi area untuk pengangkatan kereta,” ujarnya.

Andri mengimbau bagi pengguna kendaraan dari arah Barat atau Selatan yang akan menuju Utara Jalan Boulevard Kelapa Gading, mengarahkan kendaraannya melalui Jalan Boulevard Timur Kelapa Gading-Jalan Gading Indah Raya-Jalan Kelapa Nias-Simpang Kelapa Nias.

“Kami mengimbau para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan,” tuturnya.

Terdapat 16 gerbong kereta LRT yang akan tiba di Jakarta secara bertahap hingga Oktober 2018.

Untuk diketahui, lokasi proyek pembangunan LRT Jakarta adalah di sepanjang jalur Jalan Kelapa Nias, Jakarta Utara-Jalan Boulevard Raya, Jakarta Utara-Jalan Velodrome, Jakarta Timur.

Kondisi pembangunan per 15 Februari 2018 telah tuntas 63 persen. Terdapat enam stasiun layang dan satu depo (fasilitas pemeliharaan dan penyimpanan 196 gerbong kereta LRT).

Fase I LRT Jakarta Koridor Kelapa Gading-Velodrome dan Depo LRT Kelapa Gading ditargetkan beroperasi pada saat gelaran Asian Games 2018 berlangsung. Sementara itu, untuk jarak kedatangan kereta headway selama 10 menit dengan kapasitas angkut (maksimal) sekira 800 penumpang per hari.

Kehadiran LRT Jakarta diharapkan dapat mengatasi kemacetan, meningkatkan cakupan dan kapasitas sistem pelayanan transportasi publik, serta mengintegrasikan moda transportasi di Jakarta.



Sumber: BeritaSatu.com