Jalur LRT Velodrom-Kelapa Gading Dipasok Gardu Prioritas PLN

Jalur LRT Velodrom-Kelapa Gading Dipasok Gardu Prioritas PLN
Direktur Utama PT Jakpro, Satya Heragandhi beserta konsultan proyek LRT Velodrom-Kelapa Gading pihak PLN Distribusi Jakarta Raya meresmikan pembuatan gardu prioritas layanan LRT di P102 Pulomas, Jakarta Timur, Selasa, 5 Juni 2018. ( Foto: Beritasatu Photo / Carlos Roy Fajarta Barus )
Carlos Roy Fajarta / JAS Selasa, 5 Juni 2018 | 11:01 WIB

Jakarta - Transportasi massal di ibukota, Light Rapid Transit (LRT), salah satunya akan dipasok aliran listrik andal dari gardu PLN prioritas di Pilar 132 Pulomas, Jalan Kayu Putih Raya, Jakarta Timur.

Kerja sama antara PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dengan PT PLN Distribusi Jakarta Raya ke depannya akan terus berlanjut dalam sinergitas BUMN-BUMD untuk mendukung visi misi Pemprov DKI menciptakan "Jakarta Biru" di ibu kota.

Direktur Utama PT Jakpro, Satya Heragandhi, mengaku kerja sama yang dilakukan dengan pihak PLN diharapkan ke depannya bisa berkembang ke berbagai lini usaha Jakpro lainnya di sektor hotel, mal, apartmen, dan mix used.

"LRT sebagai salah satu moda transportasi andalan nantinya akan dipasok listrik menggunakan model premium dilengkapi triple protection melalui genset ataupun power bank yang disediakan oleh pihak PLN," ujar Satya, Selasa (5/6) pagi di lokasi Pilar 102 LRT Kelapa Gading-Velodrome.

Kerja sama antara pihak PLN dan Jakpro disebutkan akan terus berkembang, apalagi nantinya di setiap stasiun LRT pihak PLN berkomitmen untuk menempatkan station charging bekerja sama dengan Jakpro.

"Kami juga masih memiliki beberapa land bank yang bisa digunakan untuk kerja sama selanjutnya demi mendukung program Langit Biru. Saat ini kita memiliki sembilan pompa bahan bakar gas di Jakarta dan PLTSA di Sunter itu nantinya menjadi kesempatan baik antara Jakpro dan PLN untuk mengatasi sampah sekaligus menghasilkan listrik," tambahnya.

Sebagai informasi kebutuhan listrik jalur LRT Velodrom-Kelapa Gading membutuhkan daya 20 megawatt (MW). Dan pencanangan gardu di pilar 102 merupakan salah satu gardu pemasok listrik prioritas yang disuplai dari 2 gardu induk yakni GI Pulomas dan GI Tanah Tinggi.

Saat ini Satya menyebutkan sudah ada dua kereta yang tiba dan terpasang di jalur trek LRT. Sebelum perhelatan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang diharapkan sudah ada delapan kereta (empat rangkaian). Enam kereta di antaranya akan tiba pada 12 Juni.

Sementara itu, General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya & Tangerang, Ikhsan Assad menyebutkan Jakpro merupakan pelanggan premium ke 126 yang mendapatkan akses 32 juta VA.

"Kami siap memberikan pasokan listrik bagi pelanggan terutama kepada Jakpro sebagai operator LRT. Harapannya ke depan agar membangun bersama agar Jakarta lebih indah dan terang. Apalagi pembangunan pengolahan sampah penghasil listrik yang dilakukan Jakpro sangat mendukung kebutuhan energi ibu kota," kata Ikhsan.

Ia menyebutkan saat ini sistem Jawa Bali memiliki cadangan pasokan listrik sebesar 8.000 MW atau 32 persen yang cukup andal. Apalagi ibu kota Jakarta dipasok oleh delapan subsistem.



Sumber: Suara Pembaruan