Temuan Stempel Berlogo Palu Arit, Pemkab Morowali Imbau Warga Tenang

Temuan Stempel Berlogo Palu Arit, Pemkab Morowali Imbau Warga Tenang
Ilustrasi palu arit. ( Foto: Istimewa )
John Lory / WBP Senin, 27 Agustus 2018 | 09:34 WIB

Palu - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali Sulawesi Tengah (Sulteng) mengimbau warga tetap tenang atas temuan stempel berlogo palu arit yang beredar di kawasan PT Wanxiang Nikel Indonesia di Desa Bahomotefe, Kecamata Bungku Timur.

“Kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Morowali, kami imbau untuk tetap tenang karena kasus ini sudah ditangani aparat kepolisian,” kata Penjabat Bupati Morowali Bartholomeus Tandigala, Minggu (26/8).

Kapolres Morowali, AKBP Dadan Wahyudi mengatakan, perusahaan pemilik stempel berbentuk logo palu arit yang ditemukan aparat dari kawasan PT Wanxiang Nickel Indonesia adalah milik PT China Reilway Construction Corporation (CRCC), salah satu kontraktor mitra dari PT Wanxiang Nickel Indonesia.

Adapun PT Wanxiang Nickel Indonesia merupakan perusahaan di bidang pertambangan dan saat ini masih dalam tahap pembangunan infrastruktur pabrik pengolahan biji nikel (smelter). Sementara PT CRCC merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi dengan kantor pusat di Jakarta dan kantor induknya berada di Tiongkok.

Menurut Kapolres, stempel yang ditemukan hanya untuk dokumen internal perusahaan dari kantor pusat ke kantor induk. “Hasil penyelidikan kami, di negara kita Indonesia, perusahaan ini menggunakan stempel berlogo bintang, sedangkan logo palu arit itu khusus urusan dokumen internal perusahaan saja,” kata Kapolres Dadan.

Meski demikian, lanjut dia, aparat masih terus melakukan investigasi dan pendalaman, sekaligus mengamankan semua barang bukti termasuk meminta keterangan kepada salah seorang karyawan yang namanya tertera pada kertas yang distempel. “Kami terus dalami kasus ini, apabila ada perkembangan lanjutan akan kami sampaikan,” ujarya.



Sumber: Suara Pembaruan