Batik Betawi Melenggang di Indonesia Fashion Week 2018

Batik Betawi  Melenggang di Indonesia Fashion Week 2018
Busana batik Betawi rancangan Lily Mariasari di Indonesia Fashion Week 2018 ( Foto: investor daily / investtor daily )
Mardiana Makmun / MAR Minggu, 1 April 2018 | 14:21 WIB

Jakarta – Betawi punye cerite. Kali ini, cerita tentang Betawi hadir di panggung Indonesia Fashion Week (IFW) 2018 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada 28 Maret-1 April 2018. Cerita bertutur tentang koleksi busana batik Betawi bercorak bunga-bunga flamboyan rancangan Lily Mariasari bertema Flamboyan. Koleksinya digelar dalam peragaan gabungan bertema Faith and Beauty bersama 10 perancang lainnya.


“Flamboyan adalah salah satu floral khas Betawi yang kini sudah mulai langka. Padahal, manfaatnya untuk menyerap polusi dan melindungi dari terik matahari, bunganya pun sangat indah,” kata Lily menjelaskan usai peragaan.
Koleksi tersebut, kata Lily, menggunakan bahan batik tulis yang didesain sendiri. “Saya memiliki perajin batik di daerah Jakarta Timur. Corak flamboyan itu dibuat dengan teknik batik tulis,” jelas Lily yang pernah menggelar koleksi batik Betawinya di London Muslim Lifestyle Show pada 2017 lalu.


Koleksinya berupa kulot, tunik, dan dress panjang, dibuat dari bahan polos warna hitam yang kemudian dibatik dengan corak flamboyan di beberapa sisi saja. “Saya pilh warna hitam untuk menegaskan warna bunga-bunga flamboyan yang didominasi warna merah dan kuning,” kata Lily.


Selain bahan hitam, Lily juga memadukannya dengan bahan polos merah, kuning, dan hijau. “Unsur warna Betawi itu adalah warna merah, kuning, hijau, dan biru toska. Karena itu, saya gunakan warna itu supaya lebih kental Betawinya,” tandas Lily.