Galeri Nasional Pamerkan 234 Cerita Sketsa

Galeri Nasional Pamerkan 234 Cerita Sketsa
Suasana pameran bertajuk "[Re]Kreasi Garis" di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Selasa, 4 September 2018. (Foto: dina fitri anisa)
Dina Fitri Anisa / EAS Sabtu, 8 September 2018 | 22:09 WIB

Jakarta - Sukses menggelar "KamiSketsa GalNas", kali ini Galeri Nasional Indonesia kembali menginisiasi sebuah pameran sketsa bertajuk "[Re]Kreasi Garis".

Dalam pameran yang berlangsung sejak 5-16 September 2018 ini ditampilkan 234 karya dari 138 peserta terpilih. Ratusan peserta diajak bercerita serentak tentang perkembangan sketsa dimasa kini.

Kurator [Re]Kreasi Garis, Teguh Margono, mengatakan pameran kali ini diselenggarakan dengan mekanisme yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Misalnya saja, peserta yang terpilih diharuskan menggoreskan karyanya spontan saat itu juga. Dan hasil sketsa kemudian diunggah di instagram dan facebook masing-masing calon peserta, mencantumkan hashtag #KamiSketsaGalNas dan #rekreasigaris.

Menariknya lagi dalam pameran Galeri Nasional Indonesia memamerkan lima karya perupa yakni Ipe Ma’aruf, Romo Muji, Srihadi Soedarsono, Tedja Suminar (alm), dan Yusuf Susilo Hartono dengan menampilkan 36 karya.

Tak hanya perupa kenamaan, pameran juga menyelipkan beragam koleksi negara.

Diungkapkan Teguh, karya-karya sketsa dari seniman undangan dan koleksi Galeri Nasional Indonesia penting untuk menghadirkan wacana perkembangan sejarah sketsa di Indonesia secara umum.

Jadi tak heran jika terdapat 21 koleksi yang berupa karya sketsa dari Henk Ngantung, Marah Djibal, Oesman Effendi, S. Sudjojono, Siti Ruliati, Srihadi Soedarsono, Tohny Joesoef, Wahono M. X-Ling Yusuf Susilo Hartono.



Sumber: Suara Pembaruan