Kartini Jadi Inspirasi Cinta Laura Bangun Yayasan Pendidikan

Kartini Jadi Inspirasi Cinta Laura Bangun Yayasan Pendidikan
Cinta Laura ( Foto: Istimewa )
Chairul Fikri / JAS Kamis, 21 April 2016 | 21:23 WIB

Jakarta - Perjuangan tokoh emansipasi wanita RA Kartini untuk bisa menyamakan derajat kaum pria dan kaum wanita Indonesia lewat pendidikan menjadi inspirasi besar bagi artis Cinta Laura.

Meneladani perjuangan Kartini, wanita kelahiran Quakenbrueck, Jerman, 17 Agustus 1993 ini bersama keluarga besarnya mendirikan sebuah yayasan pendidikan di kawasan Bogor, Jawa Barat yang diberi nama Soekarseno Peduli.

"Yayasan Soekarseno Peduli itu saya dan keluarga dirikan sebagai upaya kita untuk perduli dengan anak-anak yang enggak mampu agar bisa merasakan dunia pendidikan. Karena kami berharap siapapun orangnya dan apapun taraf kehidupannya mereka juga berhak untuk menerima pendidikan," ungkap Cinta Laura saat ditemui dikawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (21/4).

Menurut Cinta, di yayasan itu anak-anak yang kurang mampu kami diberi seragam dan semua keperluan untuk sekolah. "Bagi saya itu sesuai dengan cita-cita ibu Kartini agar generasi muda Indonesia bisa maju tanpa harus melihat gender (jenis kelaminnya)," 

Ditambahkan Cinta, yayasan yang didirikan keluarga besarnya itu memang tidak memungut biaya pendidikan. Pihaknya ingin ketidakmampuan secara finansial tak harus menghambat mereka untuk maju dan menerima pendidikan.

"Di sana kami sudah membangun 10 SD sama satu SMP itu semua free (gratis). Kami udah bantu lebih dari 4.000 anak-anak untuk free education (pendidikan gratis). Harapannya agar mereka yang enggak mampu juga dapat tahu bagaimana dunia pendidikan yang nantinya akan jadi bekal mereka menjalani kehidupan," sambung wanita lulusan Universitas Columbia, New York itu.

Cinta sendiri menilai sosok Kartini sebagai wanita yang luar biasa karena mampu menjadi tokoh kesetaraan perempuan dengan lelaki agar bisa mendapat hal yang sama. Untuk itu, dirinya pun berharap agar perjuangan Kartini bisa menginspirasi wanita Indonesia untuk bisa berbuat banyak bagi bangsa dan negara Indonesia.

"Sebagai perempuan aku bangga banget sama ibu Kartini. Karena dia seorang perempuan yang benar-benar memperjuangkan hak-hak perempuan. Dia bener-bener berusaha supaya perempuan bisa dapat pendidikan yang benar dan sama seperti laki-laki. Buat saya, Kartini itu hebat. She is an amazing woman," tutup Cinta.

Sumber: BeritaSatu.com