Ibnu Jamil: Lari Hanya Butuh Modal Niat

Ibnu Jamil: Lari Hanya Butuh Modal Niat
Aktor Ibnu Jamil, sebagai influencer yang dipilih BRI dalam kegiatan BRIRUN 2018 Solo Series, sedang melakukan wefie bersama (kiri-kanan)Direktur Utama Bank BRI Suprajarto, Komisaris Bank BRI, A. Sonny Keraf; Komisaris Bank BRI, Nicolas Teguh Budi Harjanto; dan Direktur Jaringan Layanan BRI, Osbal Saragih Rumahorbo, pada Minggu, 2 Desember 2018, di Solo. ( Foto: istimewa / Istimewa )
Happy Amanda Amalia / PYA Minggu, 2 Desember 2018 | 16:02 WIB

SOLO – Aktor Ibnu Jamil, yang jarang tampil di layar kaca maupun layar lebar, terlihat dalam kerumunan peserta lari yang mengikuti event "BRIRUN 2018 Solo Series" yang diadakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., di kawasan bersejarah De Tjolomadoe, Solo, Minggu (2/12).

Penampilannya yang sporty dengan rambut sedikit gondrong, dan dihiasi kumis serta jenggot juga membuat orang-orang pangling. Pria berusia 36 tahun ini ternyata sudah sejak lama menyukai lari dan menggeluti olahraga tersebut sejak 7-8 tahun yang lalu. Bahkan Ibnu mengaku sudah 9 kali mengikuti kegiatan lari full marathon, serta berbagai kegiatan lari baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Terakhir pada satu bulan lalu, Ibnu baru saja mengikuti kegiatan lari marathon di New York. Hal itu pula yang membuat dirinya tidak berani berlari terlalu jauh dan mengambil kategori lari 5K, dalam BRIRUN 2018 Solo Series, yang diselesaikan dalam waktu sekitar 29 menit.

Menurut Ibnu, lari adalah olahraga yang cukup murah, tidak ketergantungan sama banyak hal. “Cukup modal niat sama sepatu lari kita sudah bisa lari. Apalagi sekarang Indonesia sudah mulai banyak pembangunan pedestrian atau side walk, di setiap kota pasti side walk-nya sudah bagus-bagus, jadi kita bisa lari di side walk,” ujarnya kepada wartawan di Solo, Minggu.

Ayah satu putra ini menambahkan bahwa yang terpenting dalam berolahraga adalah terdapat unsur fun-nya supaya tidak cepat bosan. “Kita sekarang harus bisa mensiasati bagaimana cara sehatnya dapat, fun-nya dapat, mainnya dapat. Kayak sekarang ini (BRIRUN 2018 Solo Series) sehatnya dapat, main-mainnya dapat, foto-foto sama teman pasti hasilnya oke, terus pamer ke teman-teman yang lain nggak bakalan malu. Jadi oke banget, worth it banget,” katanya.

Ibnu juga membagikan tips bagi pelari pemula supaya tidak memaksakan diri dan tetap konsisten saat berlari agar dapat mengenali kekuatan sendiri. “Untuk teman-teman pemula yang mau ikutan lari. Lari itu nggak perlu harus kencang, nggak perlu harus cepat, yang penting konsisten, dan stabil. Nantinya kita akan bisa mengenali kekuatan kita, jadi jangan memaksakan, pelan-pelan.

Sementara itu, saat disinggung mengenai rencana terbaru ikut event marathon internasional, Ibnu mengungkapkan akan ikut  Kyoto Marathon pada Februari tahun depan bersama tim JBL yang akan berlari dengan orange squad. “Saya mau cobain track-nya kota Kyoto. Biasanya untuk event seperti ini, saya akan latihan lagi dan dua bulan sebelum race, saya bakalan lebih intens lagi latihannya,” tutur dia.

Ketika ditanyakan apa yang membedakan ikut lomba lari di luar negeri dan di dalam negeri, Ibnu menyebutkan saat di luar negeri biasanya track lari yang disuguhkan akan bebas dari hambatan, dan tidak ada kendaraan sama sekali karena jalanan benar-benar ditutup.

“Udaranya juga lebih dingin daripada di sini (dalam negeri) yang tropis, jadi lebih cepat berkeringat, lebih cepat haus. Tapi kita selalu siap dengan yang namanya WS (water station). Kalau di sana (luar negeri), selain WS-nya banyak, warga di sana juga antusias. Mereka akan turun ke jalan-jalan dan memberikan support. Di sana memang sudah ada entertainment-nya, ada sport-nya. Jadi sudah seperti objek wisata tersendiri di kota tersebut.

Kegiatan BRIRUN 2018 Solo Series ini juga memperebutkan total hadiah Rp 198 juta yang terbagi dalam 3 kategori lomba yaitu kategori 5K, kategori 10K dan kategori 21K. Selain uang tunai, peserta lomba juga berkesempatan mendapatkan berbagai doorprize diantaranya sepeda motor, kamera mirrorless, smartphone, sepeda gunung, dan voucher belanja senilai puluhan juta rupiah, serta hadiah menarik lainnya.



Sumber: Investor Daily
CLOSE