Istri Zul Zivilia Tidak Siap Jika Suaminya Dihukum Mati

Istri Zul Zivilia Tidak Siap Jika Suaminya Dihukum Mati
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono (ketiga kanan) dan tersangka vokalis grup band Zivilia, Zulkifli alias Zul (kedua kanan). ( Foto: Antara )
Chairul Fikri / FMB Selasa, 11 Juni 2019 | 13:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kesedihan dan kepedihan kini tengah dirasakan vokalis group band Zivilia, Zulkifli atau yang akrab disapa Zul Zivilia. Pasalnya, tahun ini, dirinya tak bisa leluasa merayakan momen Lebaran bersama keluarga besarnya lantaran dirinya kini tengah menjalani hukuman akibat kasus peredaran narkoba. Bahkan, bayangan hukuman mati pun kini menyelimuti Zul lantaran barang bukti yang ditemukan polisi saat penggerebekan Zul beberapa waktu lalu menjeratnya dalam kategori pengedar besar.

Meski kini Zul tengah menjalani hukuman penjara, tetapi dirinya masih bersyukur sang istri, Retno Paradinah dan anak-anaknya masih mau menjenguknya di penjara saat perayaan Lebaran kemarin. Namun begitu, Zul banyak diam saat istri dan anak-anaknya menjenguknya di penjara. Hal itu diungkapkan Retno saat berbincang dengan sejumlah media di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (10/6/2019).

"Saat kemarin kami besuk di dalam (penjara) dia lebih banyak dia, dan merasakan kesedihan mendalam karena terlibat kasus ini. Dia cuma bilang, Dia bilang 'kamu sabar-sabar ya urus anak, sekolahnya jangan sampai terbengkalai, kamu juga jaga kesehatan. Karena kalau kamu sakit, siapa yang urus aku, urus anak-anak'," ungkap Retno menirukan ucapan Zul.

Selama Zul dalam penjara, Retno praktis yang kini menjadi tulang punggung bagi anak-anak dan keluarga Zul. Dirinya kini tengah merintis bisnis kuliner kecil-kecilan untuk menyambung hidup.

"Alhamdulillah sekarang mulai coba usaha kecil-kecilan dengan menjual makanan kuliner. Puasa kemarin Alhamdulillah dikasih rezeki untuk membuat kue kering dan saya titipkan kepada rekan-rekan saya. Saya sendiri pasrah dengan kondisi ini mungkin ini jalan yang memang harus saya jalani dan harus saya ikhlaskan. Meski sebenernya berat buat kami," tambahnya.

Ditanya tentang ancaman hukuman mati yang mungkin bisa saja dikenakan pada sang suami, Retno mengaku belum siap menghadapinya. Namun begitu, dirinya kini bersyukur suaminya kini banyak berubah dan makin rajin beribadah.

"Pastinya sebagai istri, saya enggak siaplah kalau suami saya dihukum mati. Saya belum siap, meski saya pasrah suami dihukum berat tapi tetap tidak rela suami dihukum mati. Sebagai seorang istri saya juga bersyukur Zul sekarang jadi rajin ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Momen yang paling mengharukan saat kemarin kami jenguk dia adalah dia sempat bilang minta maaf dan menyadari kesalahannya. Dia juga bilang menyesal dan sempat menangis. 'Kasihan kamu capek,' katanya begitu. 'Ngurusin aku, ngurusin anak-anak, kamu capek, maafin ya ini karena saya. Ini semua gara-gara saya kamu jadi menderita, kamu jadi tersiksa, capek'," tandasnya sambil meneteskan air mata.

Seperti diberitakan sebelumnya, vokalis grup band Zivilia itu ditangkap pihak kepolisian pada Maret tahun lalu. Dalam penangkapan tersebut, polisi mengindikasikan Zul sebagai pengedar besar di mana dalam penangkapan itu polisi berhasil mengamankan barang bukti narkotika berupa sabu seberat 9 kilogram dari Zul dan beberapa rekannya yang tertangkap. Dengan barang bukti sebesar itu, bukan tidak mungkin Zul akan dijerat dengan hukuman maksimal yakni hukuman mati.



Sumber: BeritaSatu.com