Putusan Pengadilan: Pria ini Putra Julio Iglesias

Putusan Pengadilan: Pria ini Putra Julio Iglesias
Javier Sanchez Santos, pria yang mengklaim sebagai putra biologis penyanyi Spanyol, Julio Iglesias, berdiri di luar pengadilan Valencia, 30 Mei 2019. ( Foto: AFP )
Heru Andriyanto / HA Rabu, 10 Juli 2019 | 19:09 WIB

Valencia, Beritasatu.com - Pengadilan di Spanyol memutuskan, Rabu (10/7/2019), bahwa penyanyi kondang pemenang Grammy, Julio Iglesias, adalah ayah biologis seorang pria berusia 43 tahun yang mengajukan gugatan hukum padanya.

Hakim dalam kasus ini menolak mengakui bukti DNA yang diambil secara diam-diam oleh detektif swasta yang disewa penggugat dan pengacaranya.

Namun, hakim memutuskan bahwa ibu pria itu sudah menunjukkan perincian yang kredibel tentang hubungannya dengan si penyanyi, dan juga menyebutkan kemiripan fisik antara dua pria tersebut.

Iglesias sendiri selalu menolak memberikan bukti DNA untuk menyelesaikan perselisihan ini.

Kasus diajukan oleh Javier Sanchez Santos, putra mantan balerina Portugal, Maria Edite, yang mengatakan pernah menjalin hubungan singkat dengan Iglesias pada 1975.

Setelah menguji gugatan, hakim di Valencia "menyatakan bahwa Julio Iglesias adalah ayah bilogisnya", menurut pengumuman tertulis pengadlan.

Di pengadilan, Edite bersaksi bahwa dia menjalin hubungan dengan Iglesias selama sepekan di Catalonia, Spanyol, pada Juli 1975 dan sembilan bulan kemudian Javier lahir, kata pengacara penggugat, Fernando Osuna.

Penasihat hukum Iglesias berpendapat kasus ini seharusnya ditolak karena pernah disidangkan juga dan dinyatakan batal. Iglesias, 75, tidak pernah menghadiri sidang.

Bukti DNA
Namun, Osuna mengatakan persidangan yang baru dimungkinkan karena mereka memiliki "bukti DNA" yang dibawa dari Amerika Serikat oleh seorang detektif.

Sang detektif berhasil mendekati putra si penyanyi, Julio Iglesias Junior, ketika berada di Miami dan mengambil sebotol air yang digunakan dalam tes DNA, kata si pengacara.

Hasil tes menunjukkan Julio Iglesias Jr dan Sanchez adalah dua bersaudara, kata Osuna.

Meskipun demikian, hakim menolak bukti tersebut.

Hanya saja, hakim menyatakan bahwa ibu penggugat telah menunjukkan informasi yang "sangat konkret" tentang lokasi dan deskripsi penginapan di mana Iglesias berada dan berhubungan dengannya.

Selain kemiripan fisik Sanchez dengan Iglesias, hakim juga menyinggung sikap keras si penyanyi untuk menolak melakukan tes DNA secara suka rela.

Iglesias punya waktu 20 hari untuk mengajukan banding.

Pengacara Osuna menulis di Twitter bahwa Iglesias "menjadi ayah pada usia 75 tahun".

"Javier memenangi sidang. Julio Iglesias kalah. Sains menang, alasan kosong kalah," tambahnya.

Iglesias terkenal oleh lagu-lagu balada romantis dan kehidupan cintanya menjadi sumber pemberitaan tabloid. Selama puluhan tahun, album-albumnya telah terjual 300 juta keping.

Dia pernah menikah dua kali, dengan sosialita Spanyol Isabel Preysler yang memberinya tiga anak, dan dengan istrinya sekarang Miranda Rijnsburger, yang dikaruniai lima anak.

Putranya, Julio Jr, pernah mengatakan: "Jangan tanya berapa saudara yang kumiliki. Saya bahkan tidak kenal diri saya sendiri."



Sumber: AFP