Donna Agnesia: Kesehatan Gigi Prioritas Utama

Donna Agnesia: Kesehatan Gigi Prioritas Utama
Donna Agnesia. ( Foto: Istimewa / Dina Fitri Anisa )
Dina Fitri Anisa / FER Senin, 9 September 2019 | 14:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam merawat kesehatan gigi dan mulut masih perlu dibenahi. Buktinya hasil Riset Kesehatan Dasar (Riseksdas) 2018 menunjukkan bahwa 88,8 persenmasyarakat Indonesia memiliki masalah gigi berlubang, bahkan permasalahan ini juga dialami oleh 92,6 persen anak Indonesia berumur 5 tahun.

Selain itu, Riskesdas 2018 memperlihatkan bahwa dari 94,7 persen masyarakat yang menyikat gigi setiap hari, hanya 2,8 persen yang melakukannya di waktu yang tepat, yaitu dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur. Yang tak kalah memprihatinkan, ternyata 95,5 persen masyarakat Indonesia tidak pernah berkunjung ke tenaga medis gigi.

Baca Juga: Extramarks Indonesia Gandeng Donna Agnesia

Merasa resah melihat data tersebut, aktris Donna Agnesia yang telah memiliki tiga orang anak pun angkat bicara untuk menginspirasi orang tua di Indonesia. Ia mengatakan, sebuah kebiasaan kecil yang ia tanamkan sejak dini kepada anak-anaknya membuahkan hasil yang baik.

"Kesehatan gigi dan mulut keluarga merupakan salah satu prioritas utamaku. Sejak anak-anak masih kecil, aku selalu menanamkan kebiasaan untuk menyikat gigi dua kali sehari, dan rutin mengajak mereka ke dokter gigi. Kini saat mereka sudah semakin besar, tidak jarang justru mereka yang mengingatkan aku dan suami jika salah satu dari kami mungkin terlupa dengan kebiasaan ini," ungkap Donna Agnesia seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Senin (9/9/2019).

Saat ini, Donna Agnesia juga aktif mendukung gerakan Indonesia Tersenyum yang salah satunya dilaksanakan melalui Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2019. Dirinya pun percaya, setiap orang dapat menjadi Pahlawan Senyum dengan caranya masing-masing. Mulai dari orang tua, guru di sekolah, hingga anak-anak memiliki peran penting untuk melindungi senyum keluarga Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com