Merekatkan Kebinekaan, Holip Soekawan Membuat Serial Animasi

Merekatkan Kebinekaan, Holip Soekawan Membuat Serial Animasi
Holip Soekawan ( Foto: SP/Dina Fitri Anisa )
Dina Fitri Anisa / EAS Selasa, 8 Oktober 2019 | 09:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia terus meningkatkan persaingan di dunia animasi. Kali ini lewat komik dan animasi bertajuk Balpil dan Bhinnekaz, yang diinisiasi oleh Holip Soekawan.

Konsep animasi Balpil dan Bhinnekaz terinspirasi dari wacana revolusi mental di Indonesia. Meski demikian, nantinya animasi ini akan memberikan cerita yang dikemas dekat dengan keseharian anak-anak Indonesia, sehingga dapat memotivasi para generasi bangsa.

"Balpil adalah singkatan dari ballance pillar yang menyoroti pentingnya keseimbangan bagi setiap individu. Sedangkan Bhinnekaz, kami ambil dari semboyan bangsa Indonesia yang menyoroti pentingnya kebersamaan di tengah perbedaan,” ungkapnya di Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019).

Cerita tentang animasi berawal dari empat anak SMP, yakni Agus, Binsar, Ling-Ling, dan Made. Mereka mendapat kiriman sebuah robot A.I. Balpil dari masa depan. Robot Balpil menjadi teman dan narasumber para anak tersebut dalam menghadapi tantangan keseharian mereka sebagai anak tanggung di Generation Z.

Selain itu, Balpil dan kawan-kawan memiliki tugas untuk mencari dan mencegah sumber ketidakseimbangan yang akan menyulut terjadinya Perang Dunia ke-3.

Cerita animasi pun terus berkembang dengan memberi edukasi hidup seimbang untuk anak-anak Indonesia. Hal ini memang menjadi konsep animasi yang digagas Balpil Nusantara Indonesia, Imagine dan Nation Pictures.

"Konsep karakter dan superhero Balpil dan Bhinnekaz dibuat berdasarkan keberagaman dan hewan fauna khas Indonesia. Seperti karakter Binsar yang mampu menjelma menjadi Harimau Sumatra dan Ling-Ling sebagai ikan Arwana Kalimantan," imbuh Holip.

Serial animasi ini rencananya akan mulai produksi pada kuartal pertama 2020. Menariknya, animasi superhero Balpil dan Bhinnekaz juga mendapuk Bisma Karisma dan Olivia Jensen sebagai aktor pengisi suara. Bisma akan mengisi suara untuk karakter Binsar si Harimau Sumatra dan Olivia akan menjadi ikan Arwana.



Sumber: Suara Pembaruan