Arifin Putra, Spesialis Peran Antagonis

Arifin Putra, Spesialis Peran Antagonis
Arifin Putra ( Foto: Suara Pembaruan / Dina Fitri Anisa )
Dina Fitri Anisa / IDS Jumat, 1 November 2019 | 11:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Aktor Arifin Putra dipercaya untuk membintangi film horor klasik Indonesia, Si Manis Jembatan Ancol. Dalam film ini, dirinya memerankan tokoh antagonis bernama Roy, sosok suami yang terlihat sangat ambisius, tegas, dan keras kepada sang istri, Maryam atau Si Manis.

Pria kelahiran Jerman ini mengaku, sebagai seorang aktor dirinya gemar untuk mengekplorasi karakter. Namun, ternyata ia menemukan bahwa para produser lebih sering memilihnya untuk memerankan peran antagonis.

“Kata orang kalau saya berakting tegas akan terlihat menakutkan dan menyeramkan. Itu kenapa kayaknya saya diberi peran ke arah situ terus,” ungkapnya saat dijumpai SP usai peluncuran poster dan spesial trailer Si Manis Jembatan Ancol di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (31/10/2019).

Pun demikian, ia menilai sosok antagonis tidak bisa dipandang sebagai tokoh yang jahat pula dalam film ini. Sang sutradara, Anggy Umbara, menjelaskan kepadanya bahwa setiap karakter di film ini dibangun untuk merefleksikan keabu-abuan diri setiap manusia.

“Setiap karakter di film Si Manis semuanya abu-abu. Semua karakter di sini merasa semua yang dilakukan adalah hal yang benar, terbaik untuk dirinya, keluarga, dan orang-orang yang mereka cintai. Peran aku si Roy juga demikian. Jadi kalau di bilang antagonis, bisa dibilang tidak juga,” terangnya.

Demi mendalami karakter ini, dirinya mengakali untuk menjaga jarak dengan lawan mainnya, Indah Permatasari yang memerankan Si Manis. Dengan begitu, saat proses syuting dimulai, Arifin dapat membangun emosi dan menghadirkan suasana yang tegang dalam kehidupan rumah tangga mereka.

“Proses reading sekitar dua minggu. Selama itu, saya berusaha jaga jarak agar saat akting dan jalani adegan ada kerenggangan,” kata pria yang pernah bermain di Rumah Dara ini.



Sumber: Suara Pembaruan