Logo BeritaSatu

Piala Dunia 2022: Menang Tipis atas Ghana, Portugal Pimpin Grup H

Jumat, 25 November 2022 | 00:59 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Doha, Beritasatu.com - Portugal hanya menang tipis 3-2 saat bertemu Ghana dalam babak pertama penyisihan Grup H Piala Dunia 2022, di Stadion 974, Doha, Kamis (21/11/2022).

Portugal unggul 1-0 melalui tendangan penalti Cristiano Ronaldo. Ghana kemudian menyamakan kedudukan melalui Jordan Ayew. Namun Portugal memimpin melalui dua gol Joao Felix dan Rafael Leao. Ghana memperkecil ketinggalan berkat aksi Osman Bukari.

Hasil ini membuat Portugal memimpin klasemen Grup H dengan poin tiga. Posisi kedua dan ketiga diisi Uruguay dan Korea Selatan yang bermain imbang 0-0 dalam laga sebelumnya. Kekalahan ini membuat Ghana terpuruk di dasar klasemen.

Pelatih Portugal Fernando Santos tetap mengandalkan Cristiano Ronaldo sebagai pendobrak pertahanan lawan dalam laga ini. Dalam formasi 4-1-2-1-2, pemain yang baru saja diputus kontraknya di Manchester United ini berduet dengan Joao Felix di lini depan.

Dalam formasi berlian, duet striker Portugal ini ditopang penyerang lubang Bernardo Silva. Sementara di posisi kiper, pelatih mempercayakannya kepada Diogo Costa. Sementara duet Ruben Dias dan Danilo Pereira akan berkolaborasi menjaga jantung pertahanan. Mereka didampingi Joao Cancelo di kanan dan Raphael Guerreiro di kiri.

Sementara di kubu Ghana, pelatih Otto Addo mengusung formasi 5-4-1 dengan menurunkan Inaki Williams sebagai striker tunggal. Pemain kelahiran Spanyol itu ditopang Mohammed Kudus, Thomas Partey, Salis Abdul Samed, dan Andre Ayew.

Portugal mengandalkan operan pendek sejak pertandingan dimulai. Pasukan Fernando Santos langsung menggebrak pada menit ke-10 ketika Cristiano Ronaldo berhadapan langsung dengan kiper Ati Zigi. Keduanya sempat bertabrakan dan Zigi menggagalkan upaya Ronaldo. Namun wasit menuipkan peluit karena Ronaldo tertangkap offside.

Permainan kompak yang ditunjukkan Ghana membuat Portugal kesulitan membongkar lini pertahanan tim Afrika itu pada babak pertama. Cristiano Ronaldo menjebol gawang Ghana namun dianulir karena pelanggaran yang dilakukannya.

Hanya beberapa saat kemudian Portugal kembali mendapat peluang juga melalui Ronaldo. Pemain yang kini tak memiliki klub itu menyambut umpan dengan sundulan namun bola melebar dari sasaran.

Portugal kembali memiliki peluang pada menit ke-28, Joao Felix menerima umpan dari Bernardo Silva. Striker Atletico Madrid itu seharusnya mencetak gol. Namun tendangan kaki kirinya melambung.

Cristiano Ronaldo sebenarnya mencetak gol pada menit ke-31. Menerima bola dari Joao Felix, dia kemudian sukses melesakkan bola ke gawang. Namun wasit menganulir gol tersebut karena dianggap Ronaldo mendorong bek Ghana Alexander Djiku sebelum mengeksekusi bola.

Portugal mendominasi penguasaan bola hingga 70% dan melepaskan dua bola tepat ke gawang Ghana. Namun hingga babak pertama usai skor tetap imbang 0-0.

Ghana mengawali babak kedua dengan melakukan tekanan ke gawang Portugal. Lewat serangan balik, Mohammed Kudus melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti namun melenceng dari sasaran.

Portugal unggul 1-0 aberkat ol dilesakkan Cristiano Ronaldo dari titik penalti pada menit ke-65.

Gol bermula dari pelanggaran yang dilakukan M Salisu yang menjatukan Cristiano Ronaldo di kotak penalti. Wasit langsung menunjuk titik putih dan menghadiahkan penalti untuk Portugal.

Cristiano Ronaldo sendiri yang mengeksekusi penalti tersebut. Tendangan kerasnya ke tengah gawang tak mampu diantisipasi kiper Ati Zigi. Ronaldo pun menorehkan rekor karena selalu mencetak gol dalam lima penampilannya di Piala Dunia.

Tiga gol terjadi dalam tujuh menit membuat Portugal unggul 3-1 atas Ghana. Ghana sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-73 melalui Andre Ayew. Namun Prtugal kemudian membuat dua gol melalui Joao Felix pada menit ke-78 dan Rafael Leao pada menit ke-80.

Gol Ghana yang sempat menyamakan skor menjadi 1-1 berawal dari aksi Mohammed Kudus yang menciptakan peluang. Blunder di lini pertahanan yang dilakukan Danilo Pereira mampu dimanfaatkan maksimal oleh Andre Ayew. Dia mencetaj gol dengan mudah dengan melesakkan bola ke gawang Portugal.

Namun Portugal kembali memimpin melalui aksi Joao Felix yang mendapat uman terobosan dari Bruno Fernandes. Tembakan Felix dari sisi kanan sukses menembus gawang Ghana.

Hanya dua menit kemudian, Portugal menambah keunggulan menjadi 3-1 melalui aksi Rafel Leao yang juga sukses memaksimalkan umpan dari Bruno Fernandes.

Ghana kemudian mampu memperkecil ketinggalan menjadi 2-3 melalui aksi Osman Bukari. Penyerang Red Star Belgrade ini menanduk bola sodoran Inaki Williams dan menggetarkan jala gawang Portugal.

Waktu pertandingan ditambah sembilan menit. Namun Ghana gagal mencetak gol penyama kedudukan. Skor 3-2 untuk Portugal bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan pemain Portugal vs Ghana

Portugal (4-1-2-1-2): 22 Diogo Costa; 20 Joao Cancelo, 4 Rúben Dias, 13 Danilo Pereira, 5 Raphael Guerreiro; 25 Otavio; 10 Bernardo Silva, 18 Rúben Neves; 8 Bruno Fernandes; 7 Cristiano Ronaldo, 11 Joao Felix.

Ghana: Ghana (5-4-1): 1 Ati Zigi; 26 Alidu Seidu, 23 Alexander Djiku, 18 Daniel Amartey, 4 Mohammed Salisu, 17 Baba Rahman; 20 Mohammed Kudus, 5 Thomas Partey, 21 Salis Abdul Samed, 10 André Ayew; 19 Inaki Williams



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: FIFA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Virgil van Dijk: Belanda Punya Senjata Redam Argentina

Kapten Virgil van Dijk menegaskan Belanda memiliki senjata andalan untuk meredam Argentina yakni kekompakan.

SEMESTA BOLA 2022 | 8 Desember 2022

Fan Nyayikan Lagu Kebencian, Kroasia Terkena Sanksi

FIFA menjatuhkan sanksi kepada Kroasia menyusul nyanyian kebencian para fan yang ditujukan kepada kiper Kanada, Milan Borjan.

SEMESTA BOLA 2022 | 8 Desember 2022

Hansi Flick Tetap Tangani Timnas Jerman

Hansi Flick dipertahankan sebagai pelatih tim nasional Jerman dan akan memimpin mereka untuk Euro 2024.

SEMESTA BOLA 2022 | 8 Desember 2022

Piala Dunia 2022 Minim Gol Tembakan Jarak Jauh

Piala Dunia 2022 Qatar tercatat memiliki jumlah gol tembakan jarak jauh terendah dengan persentase gol terkecil yang dicetak dari luar area penalti.

SEMESTA BOLA 2022 | 8 Desember 2022

Piala Dunia 2022 Disaksikan Lebih 2 Miliar Penonton TV

Presiden FIFA Gianni Infantino memuji babak penyisihan grup di Piala Dunia 2022 Qatar, dan mengatakan ajang ini disaksikan lebih dari 2 miliar penonton TV.

SEMESTA BOLA 2022 | 7 Desember 2022

Spanyol Tersingkir, Sergio Ramos Beri Semangat meski Tak Masuk Timnas

Spanyol tersingkir dari Piala Dunia 2022 namun Sergio Ramos yang tidak dipanggil masuk timnas tetap memberikan ucapan penyemangat.

SEMESTA BOLA 2022 | 7 Desember 2022

Eden Hazard Putuskan Pensiun dari Timnas Belgia

Eden Hazard pensiun sebagai pembuat penampilan terbanyak keempat Belgia (126) di belakang Jan Vertonghen, Axel Witsel dan Toby Alderweireld.

SEMESTA BOLA 2022 | 7 Desember 2022

Rupanya Ini Strategi Maroko Singkirkan Spanyol

Spanyol yang dominan dalam penguasaan bola dibuat frustrasi dengan pertahanan solid Maroko sepanjang laga.

SEMESTA BOLA 2022 | 7 Desember 2022

Van Gaal: Permainan Brasil Mirip Belanda

Menurut Pelatih Belanda Louis Van Gaal, timnya sebenarnya juga menampilkan cara bermain yang sama Brasil tetapi kurang mendapat pujian.

SEMESTA BOLA 2022 | 7 Desember 2022

Infografik Jadwal Perempat Final Piala Dunia 2022 di Qatar

Infografik jadwal perempat final Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar mulai Jumat, 9 Desember 2022 WIB.

SEMESTA BOLA 2022 | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Kilat di Jaksel dan Jaktim Sore Ini

Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan Kilat di Jaksel dan Jaktim Sore Ini

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE