Logo BeritaSatu

Menanti Kiprah Pasukan Muda Timnas Amerika di Qatar

Jumat, 4 November 2022 | 20:59 WIB
Oleh : Anselmus Bata / DAS

Negara
MN
M
S
K
MG
KG
SG
Poin
Amerika Serikat
Amerika Serikat
3
1
2
0
2
1
1
5

Jakarta, Beritasatu.com - Tim nasional (timnas) sepak bola Amerika sukses mengamankan satu tempat di Piala Dunia 2022 setelah berada di tempat ketiga kualifikasi zona CONCACAF. Dari delapan negara di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia, yang lolos ke babak ketiga kualifikasi, Amerika mengantongi 25 poin dari 14 pertandingan.

Dari 14 laga yang dijalani, Timnas Amerikamembukukan tujuh kemenangan, empat kali bermain imbang, serta tiga kali menderita kekalahan. Hasil itulah yang membuat Amerika menempati peringkat ketiga zona CONCACAF, berada di bawah Meksiko yang mengumpulkan 28 poin dan Kanada dengan nilai yang sama, tetapi unggul dalam selisih gol.

Tiga negara dengan poin tertinggi dari zona CONCACAF otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar. Hasil ini mengobati luka pendukung sepak bola di negeri Paman Sam yang gagal lolos Piala Dunia 2018. Sejak 1990, Amerika selalu lolos ke putaran final Piala Dunia.

Menanti Kiprah Pasukan Muda Timnas Amerika di Qatar
Timnas Amerika Serikat.

Dalam pertandingan terakhir di zona CONCACAF, Amerika harus mengakui keunggulan Kosta Rika dengan skor 0-2. Dengan kemenangan tersebut, Kosta Rika juga mengumpulkan 25 poin, tetapi kalah selisih gol, sehingga berada di posisi keempat. Kosta Rika akhirnya menemani Kanada, Meksiko dan Amerika ke Qatar setelah dalam babak play-off menyudahi perlawanan Selandia Baru.

Usia Muda
Pelatih timnas Amerika, Gregg Berhalter patut bersyukur dan optimistis bakal melaju hingga babak 16 besar karena memiliki squad yang relatif berusia muda. Dikutip dari transfermarkt.com, dari empat negara yang tergabung dalam grup B, Amerika memiliki pemain dengan rata-rata usia termuda, yakni 24,3 tahun. Bandingkan dengan Wales yang memiliki pemain dengan rata-rata usia 24,7 tahun, Inggris 26 tahun, serta Iran 28,4 tahun.

Menanti Kiprah Pasukan Muda Timnas Amerika di Qatar
Infografik Daftar Pemain Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2022.

Kenyataan tersebut membangkitkan optimisme Berhalter yang ingin membawa negaranya melaju lebih jauh dalam pesta sepak bola dunia empat tahunan ini. Darah muda Amerika diharapkan memiliki semangat, tekad, dan determinasi kuat demi membuktikan peningkatan kualitas sepak bola Amerika.

Menanti Kiprah Pasukan Muda Timnas Amerika di Qatar
Christian Pulisic.

Berhalter memiliki sejumlah opsi untuk meramu timnas Amerika agar bermain sesuai keinginannya. Dalam ajang Liga Negara CONCACAF dan pertandingan uji coba menjelang perhelatan Piala Dunia, Berhalter beberapa kali mengubah formasi pada barisan penyerang. Setidaknya ada dua nama yang kemungkinan besar menjadi pilihan utama Berhalter untuk membobol gawang lawan. Nama pertama adalah Cristian Pulisic dan satu nama lagi adalah Timothy Tarpeh Weah.

Nama Cristian Pulisic tentu tak asing bagi publik sepak bola dunia. Gelandang serang mungil yang kini bermain untuk Chelsea menjadi salah satu simbol sepak bola Amerika yang mendunia. Bakat besar Pulisic mulai terlihat sejak bermain untuk Borussia Dortmund. Chelsea yang tertarik menggunakan jasa pemain yang kini berusia 24 tahun melakukan pembelian pada 2 Januari 2019, kemudian meminjamkannya ke klub asal selama 6 bulan, lalu kembali memperkuat klub London Barat itu.

Nama lain yang berhasil memikat pelatih Berhalter adalah penyerang muda Timothy Weah. Pemuda berusia 22 tahun ini memperkuat Lille, klub asal Prancis. Dalam beberapa laga terakhir di klub, Weah muda ini dipercaya pelatih Paulo Fonseca bermain pada paruh kedua. Putra legenda sepak bola AC Milan, George Oppong Weah yang kini menjabat Presiden Liberia, diharapkan bisa mengikuti jejak sang ayah menjadi salah satu pemain ternama dunia.

Menanti Kiprah Pasukan Muda Timnas Amerika di Qatar
Timothy Weah.

Satu nama lagi yang tidak boleh dilupakan dalam timnas Amerika adalah Tyler Adams. Pemain ini menjadi andalan Berhalter di sisi pertahanan. Gelandang sentral berusia 23 tahun ini memperkuat klub Inggris, Leeds United. Apabila dibutuhkan, Adams bisa menjadi pelapis bek kanan untuk mempertahankan gawang Amerika agar tidak kebobolan.

Kepiawaian Adams mengadang lawan, menggocek, dan melepaskan umpan selama bermain di klub diharapkan memberi kontribusi signifikan pada permainan timnas Amerika. Kinerja positif yang ditunjukkan Adams di Leeds tak pelak membuat klub besar, seperti Manchester United, mulai meliriknya. Peran Adams di lapangan tengah menjadi faktor penting bagi Amerika untuk terus melaju di Piala Dunia 2022 atau terhenti pada fase grup.

Selain itu, masih ada sejumlah nama yang patut diperhitungkan dalam timnas Amerika, di antaranya Giovanni Reyna yang bermain untuk Borussia Dortmund dan Josh Sargent dari Norwich City, serta beberapa pemain muda, yakni Malik Tillman, Ricardo Pepi, dan Brenden Aaronson.

Bek
Kesuksesan Amerika melaju ke putaran final Piala Dunia di Qatar tentu tak lepas dari polesan Gregg Berhalter. Federasi Sepak Bola Amerika (United States Soccer Federation/USSF) menunjuk mantan pemain timnasnya, Gregg Berhalter, sebagai pelatih kepala pada 2 Desember 2018. Hal itu dilakukan setelah Amerika gagal berlaga di Piala Dunia 2018. Ketika itu, timnas Amerika diasuh pelatih kawakan, Bruce Arena. Kegagalan membawa tim asuhannya lolos ke Piala Dunia di Rusia membuat Bruce Arena mengundurkan diri dan USSF menunjuk Dave Sarachan sebagai pelatih sementara.

Berhalter bukanlah orang baru dalam dunia sepak bola Amerika. Sebagai pemain belakang, Berhalter pernah memperkuat negaranya di ajang Piala Dunia. Dia tercatat 44 kali memperkuat timnas Amerika, termasuk di Piala Dunia 2002 saat Amerika lolos hingga babak perempat final.

Menanti Kiprah Pasukan Muda Timnas Amerika di Qatar
Gregg Berhalter.

Selama 18 tahun menjalani karier profesional di luar negeri, Berhalter menjadi bek beberapa klub di Belanda, Inggris dan Jerman. Berhalter juga pernah mengangkat trofi juara bersama klub LA Galaxy pada 2011.

Dalam karier kepelatihan, Gregg Berhalter menjadi pelatih kepala Hammarby di Swedia (2011), lalu Columbus Crew di Amerika pada 2013, serta sempat menjadi asisten pelatih di LA Galaxy.

Saat pertama kali memperkenalkan Gregg Berhalter ke publik, Presiden Federasi Sepak Bola Amerika, Carlos Cordeiro menyebutkan,”Sebagai mantan pemain tim nasional berpengalaman dan pelatih profesional yang sangat dihormati, kami yakin dia adalah orang terbaik untuk memandu kami ke depan.”

Berhalter pun menyambutnya dengan optimistis. “Ini adalah kehormatan yang luar biasa. Setelah bermain untuk tim nasional, saya tahu apa artinya mewakili negara kami. Saya percaya kepada para pemain dan bersama-sama akan bekerja untuk membangun sesuatu yang istimewa dan mengembangkan tim. Ini akan membuat pendukung kami bangga,” kata Berhalter yang kini berusia 49 tahun.

Amerika yang tergabung dalam grup B bersama Inggris, Iran, dan Wales tetap memiliki peluang lolos ke babak 16 besar. Memang bukan pekerjaan mudah, karena sejumlah pengamat menjagokan Inggris dan Wales untuk berlaga pada babak knock out. Berhalter dan pasukan muda Amerika harus bisa membuktikan bahwa mereka sanggup mengulang prestasi yang pernah diukir pada Piala Dunia 2002, bahkan melampauinya.



Waktu
Pertandingan
Stadion
3 Des 2022 | 22:00 WIB
Belanda
Belanda
VS
Amerika Serikat
Amerika Serikat
Khalifa International Stadium, Ar-Rayyan
30 Nov 2022 | 02:00 WIB
Iran
Iran
0 - 1
Amerika Serikat
Amerika Serikat
Al Thumama Stadium, Doha
PREDIKSI PESERTA
  Iran (50%)
Draw (0%)
Amerika Serikat (50%) 
26 Nov 2022 | 02:00 WIB
Inggris
Inggris
0 - 0
Amerika Serikat
Amerika Serikat
Al Bayt Stadium, Al Khor
PREDIKSI PESERTA
  Inggris (75%)
Draw (25%)
Amerika Serikat (0%) 
22 Nov 2022 | 02:00 WIB
Amerika Serikat
Amerika Serikat
1 - 1
Wales
Wales
Ahmad Bin Ali Stadium, Ar-Rayyan
PREDIKSI PESERTA
  Amerika Serikat (0%)
Draw (25%)
Wales (75%) 

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Piala Dunia 2022: Dramatis, Gol di Injury Time Bawa Korsel Lolos 16 Besar

Gol Hwang Hee-Chan di menit 91 mengantarkan kemenangan Korsel sekaligus memastikan tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

SEMESTA BOLA 2022 | 3 Desember 2022

Tragis, Uruguay Gagal ke 16 Besar Meski Tekuk Ghana

Uruguay tersisih secara tragis dari Piala Dunia 2022 setelah menang 2-0 atas Ghana namun dalam pertandingan lain Korsel menang atas Portugal. 

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Piala Dunia 2022: Uruguay Ungguli Ghana 2-0 di Babak Pertama

Uruguay untuk sementara mengungguli Ghana, 2-0, dalam babak pertama partai terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2022.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Babak Pertama, Korsel vs Portugal Imbang 1-1

Portugal sebelumnya unggul lebih dahulu melalui gol Ricardo Hortadan dismakan Korsel melalui gol Kim Young-Gwon.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Menit Ke-32, Uruguay Gandakan Keunggulan atas Ghana

Uruguay menggandakan keunggulan atas Ghana menjadi 2-0 yang kembali dicetak Giorgian De Arrascaeta pada menit ke-32. 

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Menit 27, Korsel Cetak Gol Penyeimbang ke Gawang Portugal

Gol penyeimbang Korsel dicetak Kim Young-Gwon (Korea Selatan) lewat tembakan dengan kaki kiri dari jarak yang sangat dekat.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Menit Ke-26, Giorgian De Arrascaeta Bawa Uruguay Ungguli Ghana

Uruguay untuk sementara mengungguli Ghana, 1-0, dalam partai terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2022.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Menit 5, Ricardo Horta Buka Keunggulan Portugal

Keunggulan Portugal atas Korea Selatan dibuka melalui gol Ricardo Horta saat laga baru berjalan lima menit meneruskan umpan silang Diego Dalot.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Piala Dunia 2022: Ini Susunan Pemain Korsel vs Portugal

Meski cuma butuh hasil imbang, Cristiano Ronaldo tetap jadi starter Portugal melawan Korea Selatan di laga terakhir grup.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Lawan Ghana, Uruguay Pasang Suarez dan Nunez

Uruguay memasang striker Luis Suarez dan Darwin Nunez saat melawan Ghana dalam pertandingan penyisihan terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2022.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Dramatis, Gol di Injury Time Bawa Korsel Lolos 16 Besar

Piala Dunia 2022: Dramatis, Gol di Injury Time Bawa Korsel Lolos 16 Besar

SEMESTA BOLA 2022 | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE