Logo BeritaSatu

Timnas Wales: Para Pemain Buangan Klub di Kandang Naga

Jumat, 4 November 2022 | 22:58 WIB
Oleh : Zumrotul Muslimin / DAS

Negara
MN
M
S
K
MG
KG
SG
Poin
Wales
Wales
3
0
1
2
1
6
-5
1

Jakarta, Beritasatu.com - Timnas Wales menuju Piala Dunia 2022 di Qatar dengan segala strategi dan persiapan matang. Momen paling ditunggu-tunggu dalam sejarah membuat mereka akan memberikan penampilan terbaiknya.

Yup, tim berjuluk The Dragons ini lolos ke Piala Dunia Qatar setelah mewujudkan mimpi yang tertahan selama 64 tahun. Pada 1958, Timnas Wales pernah lolos ke putaran final Piala Dunia untuk pertama kali sepanjang sejarah.

Di ajang yang digelar di Swedia, Wales datang sebagai tim debutan. Namun status itu tidak membuat mereka rendah diri. Mereka bermain tanpa rasa takut. Hasilnya, Timnas Wales lolos fase grup bersama tuan rumah.

Timnas Wales: Para Pemain Buangan Klub di Kandang Naga
Pemain Wales merayakan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Namun cerita manis Si Naga terhenti di babak perempat final. Mereka kalah dari Brasil yang akhirnya keluar sebagai juara. Setelah itu Wales tak pernah lagi mengenyam laga Piala Duina.

Kini, setelah 64 tahun sejak pengalaman tersebut Timnas Wales mencoba mengulang kisah manis. Bahkan ingin menorehkan sejarah baru.

Tiket ke Qatar tidak didapat dengan mudah oleh Wales. Mereka harus melalui babak playoff dengan mengalahkan Ukraina. Sebab pada Grup E kualifikas Piala Dunia zona Eropa, Wales hanya menempati posisi runner up.

Selain itu perjalanan Wales menuju Piala Dunia 2022 tak luput dari drama kehilangan pelatih. Ryan Giggs selaku pelatih memutuskan untuk mengundurkan diri. Salah satu legenda Manchester United itu terjerat masalah kekerasan terhadap mantan pacarnya.

Timnas Wales: Para Pemain Buangan Klub di Kandang Naga
Kemenangan 1-0 atas Ukraina membawa Wales lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Wales akhirnya menunjuk Robert Page sebagai juru taktik baru. Sempat banyak pihak yang pesimistis, Page mampu membawa Wales ke Qatar untuk berlaga di Piala Dunia yang berlangsung 20 November hingga 18 Desember 2022.

Di Piala Dunia 2022, Wales tergabung di Grup B bersama Inggris, Iran, dan Amerika Serikat. Grup ini disebut-sebut sebagai salah satu yang paling keras. Sekilas, langkah Wales tak akan mudah. Bahkan sekadar lolos fase grup.

Inggris boleh dibilang menjadi lawan terberat. The Three Lions menduduki peringkat ke-4 di Piala Dunia 2018. Dengan segudang pemain bintangnya, Inggris tentu menjadi tim yang paling sulit dikalahkan.

Lalu ada Iran yang menjadi langganan Piala Dunia dari zona Asia. Kendati prestasi selama ini hanya sebatas fase grup, Iran jelas lebih unggul pengalaman ketimbang Wales.

Berikutnya Amerika Serikat. Tim berjuluk The Yanks ini sudah bermain di Piala Dunia sebanyak 10 kali. Bahkan AS berhasil lolos dari fase grup pada edisi 2010 dan 2014. Artinya, AS sangat layak diwaspadai.

Meski begitu, salah kalau sampai meremehkan Wales. Perjuangan mereka hingga napas terakhir di playoff jadi bukti semangat dan kualitas yang mereka miliki. Tidak ada kata menyerah selama peluit panjang belum berbunyi.

Ramsey cs akan menjalani laga pertamanya di Qatar dengan melawan AS pada 21 November 2022. Empat hari berselang, Wales bertemu dengan Iran. Laga terakhir di fase grup pada 29 November 2022, Wales bertemu dengan Inggris.

Akankah Wales bisa berbuat banyak di grup yang terkenal keras ini dan melaku ke babak selanjutnya? Atau mereka hanya numpang lewat dan menjadi tim penghibur pada gelaran Piala Dunia 2022 Qatar kali ini?

Pemain Bintang
Bicara Wales, tentu tak bisa dipisahkan dari Gareth Bale. Penyerang berusia 33 tahun ini sudah mencetak 39 gol dari 106 pertandingan bersama timnas. Bale memiliki kecepatan, akurasi tembakan, dan umpan-umpan yang sangat matang.

Timnas Wales: Para Pemain Buangan Klub di Kandang Naga
Infografik Daftar Pemain Timnas Wales di Piala Dunia 2022.

Saat bersama Real Madrid, Bale memiliki catatan gol terbanyak ketiga setelah Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema. Kehadirannya cukup menjadi ancaman besar bagi lawan.

Timnas Wales: Para Pemain Buangan Klub di Kandang Naga
Gareth Bale.

Namun Wales tak hanya Bale. Ada Aaron Ramsey yang berperan sebagai gelandang. Eks pemain Arsenal yang kini memperkuat Rangers ini sangat cakap dalam mengatur transisi dari bertahan ke menyerang ataupun sebaliknya.

Uniknya, sejumlah pemain inti Wales justru terabaikan di klub mereka masing-masing. Contohnya, Bale. Eks pemain Tottenham Hotspur ini berstatus sebagai pemain yang terbuang di Madrid. Dia kemudian hijrah ke Amerika.

Demikian juga dengan Ramsey. Ia menjadi “pesakitan” karena tak terpakai di Juventus. Ramsey kemudian dipinjamkan ke klub Skotlandia, Rangers. Lagi-lagi, Ramsey tidak banyak mendapatkan menit bermain di Rangers.

Nama lainnya adalah Daniel James yang dikenal dengan kecepatannya saat membela klub Manchaster United. Namun James hanya bertahan dua tahun di Old Trafford. Ia dijual ke Leeds United yang kemudian meminjamkannya ke Fulham, 1 September 2022 lalu.

Tak jauh berbeda nasib pemain timnas Wales seperti Wayne Hennessey atau Ethan Ampadu. Para pemain “buangan” ini seperti hidup kembali saat mengenakan jersey timnas yang berlambang naga. Mereka seperti mendapat tempat yang berharga. Satu yang pasti, para pemain profesional ini ingin membuktikan bahwa mereka tak layak dibuang.

Sosok Pelatih
Mungkin kita tak terlalu familiar dengan nama Robert Page. Maklum, Page bukanlah pelatih tim-tim besar. Page memulai karier kepelatihan pada musim 2011/2012 saat ditunjuk menjadi pelatih tim muda Port Vale.

Satu musim kemudian, Page diangkat jadi asisten pelatih tim utama Port Vale. Dua musim berselang, Page ditunjuk menjadi pelatih kepala Port Vale. Namun ia hanya bertahan dua musim. Dia kembali menjadi asisten pelatih di Nottingham Forest.

Timnas Wales: Para Pemain Buangan Klub di Kandang Naga
Robert Page.

Rob Page akhirnya pulang kampung untuk melatih timnas muda. Page lalu ditunjuk sebagai asisten Ryan Giggs di Timnas Wales. Tak lama kemudian, ia menggantikan posisi Giggs. Memainkan 26 laga, Page sukses membawa Wales untuk berlaga di Qatar.

Satu hal yang mesti diwaspadai tim lawan, Page termasuk pelatih dengan banyak pilihan strategi dan taktik. Hal ini terlihat dari formasi yang dia terapkan dari 26 laga yang dijalaninya. Eksperimen Page bisa dibilang berhasil dan kini telah menemukan formula yang terbaik.

Daftar pemain

Kiper
Wayne Hennessey (Burnley)
Danny Ward (Leicester City)
Adam Davies (Sheffield United)

Belakang
Ben Davies (Tottenham Hotspur)
Joe Rodon (Tottenham Hotspur)
Chris Mepham (Bournemouth)
Chris Gunter (-)
Rhys Norrington-Davies (Sheffield United)
Connor Roberts (Burnley)
Neco Williams (Fulham, pinjaman dari Liverpool)

Tengah
Joe Allen (Stoke City)
Joe Morrell (Portsmouth)
Ethan Amapdu (Venezia, pinjaman dari Chelsea)
Matthew Smith (MK Dons)
Aaron Ramsey (Rangers, pinjaman dari Juventus)
Dylan Levitt (Manchester United)
Rabbi Matondo (Cercle Brugge, pinjaman dari Schalke 04)
Sorba Thomas (Huddersfield)
Rubin Colwill (Cardiff City)
Harry Wilson (Fulham)
Jonny Williams (Swindon Town)

Depan
Gareth Bale (Los Angeles FC)
Daniel James (Leeds United)
Mark Harris (Cardiff City)
Nathan Broadhead (Sunderland, pinjaman dari Everton)
Kieffer Moore (Bournemouth)
Brennan Johnson (Nottingham Forest)



Waktu
Pertandingan
Stadion
30 Nov 2022 | 02:00 WIB
Wales
Wales
0 - 3
Inggris
Inggris
Ahmad Bin Ali Stadium, Ar-Rayyan
PREDIKSI PESERTA
  Wales (50%)
Draw (0%)
Inggris (50%) 
25 Nov 2022 | 17:00 WIB
Wales
Wales
0 - 2
Iran
Iran
Ahmad Bin Ali Stadium, Ar-Rayyan
PREDIKSI PESERTA
  Wales (50%)
Draw (25%)
Iran (25%) 
22 Nov 2022 | 02:00 WIB
Amerika Serikat
Amerika Serikat
1 - 1
Wales
Wales
Ahmad Bin Ali Stadium, Ar-Rayyan
PREDIKSI PESERTA
  Amerika Serikat (0%)
Draw (25%)
Wales (75%) 

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Piala Dunia 2022: Ini Susunan Pemain Korsel vs Portugal

Meski cuma butuh hasil imbang, Cristiano Ronaldo tetap jadi starter Portugal melawan Korea Selatan di laga terakhir grup.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Lawan Ghana, Uruguay Pasang Suarez dan Nunez

Uruguay memasang striker Luis Suarez dan Darwin Nunez saat melawan Ghana dalam pertandingan penyisihan terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2022.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Timnas Jepang Targetkan Perempat Final di Piala Dunia 2022

Pelatih timnas Jepang Hajime Moriyasu menargetkan timnya melaju ke perempat final di Piala Dunia 2022 setelah lolos ke babak 16 besar.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Stephanie Frappart, Wanita Pertama Pimpin Laga Piala Dunia

Stephanie Frappart menjadi wanita pertama memimpin pertandingan Piala Dunia ketika menjadi wasit laga antara Kosta Rika melawan Jerman.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Ini Dia Tangan Luis Suarez yang Benamkan Ghana 12 Tahun Lalu

Handball striker Uruguay Luis Suarez di perempat final Piala Dunia 2010 melawan Ghana kembali mengemuka di Piala Dunia Qatar.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Serbia dalam Tekanan, Swiss Hanya Butuh Seri

Serbia dalam tekanan untuk memastikan kemenangan pada pertandingan terakhir mereka di Grup G, di Piala Dunia 2022 sementara Swiss hanya butuh hasil imbang.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Ari Lasso Tak Favoritkan Eropa di Piala Dunia 2022

Penyanyi senior Ari Lasso tidak memfavoritkan tim sepakbola Eropa pada Piala Dunia 2022 yang kini tengah berlangsung di Qatar.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Gagal Bawa Jerman ke 16 Besar: Hansi Flick Ogah Mundur

Hansi Flick tidak berniat mundur sebagai pelatih meski gagal membawa Jerman lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Ibnu Jamil Idolakan Three Lions Jadi Jawara Piala Dunia 2022

Artis Ibnu Jamil menyambut gembira penylenggaraan Piala Dunia 2022 yang tengah berlangsung di Qatar dan mengidolakan tim nasional Inggris, Three Lions. 

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Kamerun vs. Brasil, Kesempatan Tite Merotasi Pemain Samba

Kamerun akan menjalani pertandingan terakhirnya menghadapi Brasil, di Grup G, Piala Dunia 2022, di mana Tite memiliki kesempatan untuk merotasi pemainnya.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menit 5, Ricardo Horta Buka Keunggulan Portugal

Menit 5, Ricardo Horta Buka Keunggulan Portugal

SEMESTA BOLA 2022 | 30 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE