Logo BeritaSatu

Profil Timnas Kosta Rika: Batu Kecil dari Amerika Tengah

Senin, 7 November 2022 | 08:06 WIB
Oleh : Zumrotul Muslimin / JAS

Negara
MN
M
S
K
MG
KG
SG
Poin
Kosta Rika
Kosta Rika
3
1
0
2
3
11
-8
3

Jakarta, Beritasatu.com - Timnas Kosta Rika menjadi penumpang terakhir menuju Piala Dunia 2022. Perjuangan Kosta Rika ke Qatar tidaklah mudah. Kosta Rika berhasil mengamankan satu tiket tersisa setelah melalui babak playoff terlebih dahulu.

Seperti diketahui, hanya ada empat wakil dari Concacaf yang boleh ikut berlaga di Qatar dan Kosta Rika adalah negara terakhir. Sebelumnya ada Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko yang lebih dulu mendapatkan tiket.

Perjalanan Kosta Rika ke Qatar patut diacungi jempol. Keylo Navas dan kolega berhasil melewati sejumlah rintangan. Tantangan itu dimulai saat mereka berlaga di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia zona Concacaf.

Dari empat tiket yang disediakan, hanya tiga tim teratas yang berhak melaju langsung ke putaran final Piala Dunia 2022. Sementara tim urutan keempat harus bermain di babak playoff antarkonfederasi.

Kosta Rika harus rela berada di urutan keempat. Tiga teratas dihuni oleh Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko. Mau tidak mau, Kosta Rika harus berjuang melalui babak playoff menghadapi wakil zona Oseania yaitu Selandia Baru.

Laga perebutan tiket terakhir digelar di Al Rayyan Stadium, Qatar. Keberuntungan seperti berpihak kepada tim berjuluk Ticos ini. Satu pemain Selandia Baru mendapat kartu merah sehingga memuluskan langka Kosta Rika ke Qatar.

Pemain Bintang

Profil Timnas Kosta Rika: Batu Kecil dari Amerika Tengah
Penjaga gawang Kosta Rika, Keylor Navas.

Keylor Navas
Keylor Navas tentu menjadi sosok yang paling disorot di Timnas Kosta Rika. Pengalamannya bermain di Real Madrid dan Paris Saint Germain, menjadi suntikan moral yang besar buat pemain lainnya.

Kiper berusia 35 tahun ini punya pengaruh yang besar di Timnas Kosta Rika. Navas yang sudah mengoleksi 107 caps dan bermain dua kali di putara final Piala Dunia ini menjadi sosok penting di balik kokohnya pertahanan Kosta Rika.

Namun, ada beberapa nama yang malang melintang di sepak bola Eropa seperti Joel Campbell. Setelah bermain untuk Arsenal pada tahun 2011, Campbell beberapa kali pindah klub. Di Spanyol, Campbell sempat berseragam Villarreal dan Real Betis.

Pemain yang kini bermain untuk tim Meksiko, Leon, jadi pencetak gol kemenangan di playoff melawan Selandia Baru. Hanya saja, usianya tak lagi muda.

Yup, pemain Kosta Rika kebanyakan berusia di atas 30 tahun. Seperti halnya sang kapten, Bryan Ruiz (36). Kapten Timnas pernah bermain di sejumlah klub Eropa. Bahkan pernah membawa Twente menjuarai Liga Belanda.

Gelandang serang yang kini membela Alajuelense ini sudah memperkuat Kosta Rika sebanyak 143 caps di semua kompetisi. Dia mengoleksi 29 gol dan 23 assist.

Profil Timnas Kosta Rika: Batu Kecil dari Amerika Tengah
Infografik Daftar Pemain Timnas Kosta Rika di Piala Dunia 2022.

Pelatih

Profil Timnas Kosta Rika: Batu Kecil dari Amerika Tengah
Luis Fernando Suarez.

Luis Fernando Suarez Guzman

Kosta Rika akan mengarungi Piala Dunia 2022 di bawah arahan Luis Fernando Suarez Guzman. Pelatih 62 tahun ini punya beberapa pengalaman melatih negara benua Amerika seperti Kolombia, Ekuador, Peru, Honduras, dan Meksiko.

Suarez baru ditunjuk menjadi pelatih Kosta Rika pada 1 Juni 2021. Dia menggantikan posisi Ronald Gonzales Brenes. Dalam 21 pertandingan di bawah arahan Suarez, Kosta Rika meraih 12 kemenangan, 4 imbang, dan 5 kalah.

Secara catatan, Suarez memang belum memiliki torehan mentereng. Namun dia punya modal menerapkan gaya permainan Amerika Selatan yang mengedepankan skill individu. Hal ini tidak sulit bagi Suarez dengan pengalamannya melatih negara Amerika Latin.

Kosta Rika menempati Grup E bersama Spanyol, Jerman, dan Jepang. Jika melihat komposisi tersebut, rasanya sulit bagi Kosta Rika untuk melaju ke fase knockout. Eits, tidak ada yang mustahil dalam sepak bola.

Timnas Kosta Rika adalah salah satu tim yang cukup sukses di Amerika Tengah. Pencapaiannya hingga kini adalah juara Concacaf Championship sebanyak tiga kali. Terlebih Kosta Rika diisi pemain yang menjadi andalan untuk mengulang sejarah 2014.

Pada 2014, mereka tergabung di grup yang lebih sulit dari ini. Mereka satu grup bersama Italia, Inggris, dan Uruguay. Secara mengejutkan mereka lolos ke 16 besar bersama Uruguay. Italia dan Inggris berhasil mereka kandaskan.

Satu lagi yang perlu diingat, faktor Suarez. Tangan dingin Suarez pernah terbukti pada Piala Dunia 2006 saat menukangi Ekuador. Ia berhasil membawa Ekuador lolos 16 besar. Suarez memiliki rekam jejak apik saat menangani tim underdog.

Di atas kertas La Sele memang tak diunggulkan. Namun Suarez memilih optimistis kalau bisa berbuat banyak. Dan, semuanya akan dibuktikan pada 23 November 2022, saat Kosta Rika bertemu Timnas Spanyol di laga pembuka.



Waktu
Pertandingan
Stadion
2 Des 2022 | 02:00 WIB
Kosta Rika
Kosta Rika
2 - 4
Jerman
Jerman
Al Bayt Stadium, Al Khor
PREDIKSI PESERTA
  Kosta Rika (50%)
Draw (0%)
Jerman (50%) 
27 Nov 2022 | 17:00 WIB
Jepang
Jepang
0 - 1
Kosta Rika
Kosta Rika
Ahmad Bin Ali Stadium, Ar-Rayyan
PREDIKSI PESERTA
  Jepang (66.67%)
Draw (33.33%)
Kosta Rika (0%) 
23 Nov 2022 | 23:00 WIB
Spanyol
Spanyol
7 - 0
Kosta Rika
Kosta Rika
Al Thumama Stadium, Doha
PREDIKSI PESERTA
  Spanyol (33.33%)
Draw (33.33%)
Kosta Rika (33.33%) 

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menit Ke-32, Uruguay Gandakan Keunggulan atas Ghana

Uruguay menggandakan keunggulan atas Ghana menjadi 2-0 yang kembali dicetak Giorgian De Arrascaeta pada menit ke-32. 

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Menit 27, Korsel Cetak Gol Penyeimbang ke Gawang Portugal

Gol penyeimbang Korsel dicetak Kim Young-Gwon (Korea Selatan) lewat tembakan dengan kaki kiri dari jarak yang sangat dekat.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Menit Ke-26, Giorgian De Arrascaeta Bawa Uruguay Ungguli Ghana

Uruguay untuk sementara mengungguli Ghana, 1-0, dalam partai terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2022.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Menit 5, Ricardo Horta Buka Keunggulan Portugal

Keunggulan Portugal atas Korea Selatan dibuka melalui gol Ricardo Horta saat laga baru berjalan lima menit meneruskan umpan silang Diego Dalot.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Piala Dunia 2022: Ini Susunan Pemain Korsel vs Portugal

Meski cuma butuh hasil imbang, Cristiano Ronaldo tetap jadi starter Portugal melawan Korea Selatan di laga terakhir grup.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Lawan Ghana, Uruguay Pasang Suarez dan Nunez

Uruguay memasang striker Luis Suarez dan Darwin Nunez saat melawan Ghana dalam pertandingan penyisihan terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2022.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Timnas Jepang Targetkan Perempat Final di Piala Dunia 2022

Pelatih timnas Jepang Hajime Moriyasu menargetkan timnya melaju ke perempat final di Piala Dunia 2022 setelah lolos ke babak 16 besar.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Stephanie Frappart, Wanita Pertama Pimpin Laga Piala Dunia

Stephanie Frappart menjadi wanita pertama memimpin pertandingan Piala Dunia ketika menjadi wasit laga antara Kosta Rika melawan Jerman.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Ini Dia Tangan Luis Suarez yang Benamkan Ghana 12 Tahun Lalu

Handball striker Uruguay Luis Suarez di perempat final Piala Dunia 2010 melawan Ghana kembali mengemuka di Piala Dunia Qatar.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Serbia dalam Tekanan, Swiss Hanya Butuh Seri

Serbia dalam tekanan untuk memastikan kemenangan pada pertandingan terakhir mereka di Grup G, di Piala Dunia 2022 sementara Swiss hanya butuh hasil imbang.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cegah infeksi, Asosiasi Dokter Khitan Ajak Anak Peduli Kesehatan

Cegah infeksi, Asosiasi Dokter Khitan Ajak Anak Peduli Kesehatan

LIFESTYLE | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE