Logo BeritaSatu

Profil Timnas Prancis: Les Bleus Dibayangi Kutukan Piala Dunia

Minggu, 6 November 2022 | 13:12 WIB
Oleh : Surya Lesmana / DAS

Negara
MN
M
S
K
MG
KG
SG
Poin
Prancis
Prancis
3
2
0
1
6
3
3
6

Jakarta, Beritasatu.com - Timnas Prancis datang ke ajang Piala Dunia 2022 di Qatar sebagai juara bertahan. Didier Deschamps sang pelatih kepala bersama pasukannya tentu sangat berharap menjadi negara yang mampu meraih gelar juara untuk ketiga kalinya setelah 1998 dan 2018. Namun untuk mengulang prestasi itu, Les Bleus -julukan Timnas Prancis- harus bisa mengatasi “kutukan” yang kerap menimpa juara bertahan.

"Kutukan" ini telah menimpa para peraih Piala Dunia sebelumnya. Salah satu contoh adalah Jerman, tim yang disebut spesialis tunamen. Peraih Piala Dunia 2014 ini gagal total di ajang Piala Dunia 2018 di Rusia.

Tim berjuluk Der Panzer ini bukan hanya gagal lolos dari penyisihan grup. Di bawah pelatih Joachim Low Timnas Jerman berada di urutan paling bontot Grup F di bawah Swedia, Meksiko, dan Korsel.

Profil Timnas Prancis: <em>Les Bleus</em> Dibayangi Kutukan Piala Dunia
Prancis juara Piala Dunia 2018 di Rusia.

Tim lain peraih Piala Dunia juga merasakan “kutukan” ini adalah Spanyol peraih Piala Dunia 2010 yang juga gagal lolos dari grup penyisihan.

Italia pun sebagai juara Piala Dunia 2006 mengalami nasib serupa dengan Spanyol. Tim asuhan pelatih Marcello Lippi ini juga ada di dasar klasemen Grup F. Hanya dua kali seri dan sekali kalah membuat Andrea Pirlo Cs harus angkat koper. Salah satu tim raksasa Eropa ini berada di bawah Paraguay, Slowakia, dan Selandia Baru.

Nasib lebih baik dialami Brasil yang menjadi juara pada 2002. Di perhelatan Piala Dunia 2006 Jerman, mereka masih lolos dari fase grup. Di babak 16 besar juga berhasil menggusur Ghana dengan 3-0 namun di perempat final harus mengakui keunggulan Prancis 0-1.

Timnas Prancis memenangkan trofi Piala Dunia 2018 di Rusia. Ketika itu mereka mengalahkan Kroasia 4-2 di final.

Les Bleus kini berada di urutan keempat dalam peringkat FIFA per Juni 2022. Tim ayam jago ini memang melakukan persiapan yang kuat untuk bisa lolos menuju Qatar, dengan menempati peringkat pertama grup kualifikasi Piala Dunia zona Eropa dengan 18 poin. Mereka menjalani putaran kualifikasi tanpa terkalahkan.

Prancis memastikan tiket Piala Dunia Qatar setelah menjadi juara Grup D zona Eropa, dengan mengatasi Ukraina, Finlandia, Bosnia Herzegovina, serta Kazakhstan.

Tampil di Qatar merupakan penampilan Prancis yang ke-16 kalinya di Piala Dunia. Pasukan Didier Deschamps ini menempati Grup D bersama Australia, Denmark, dan Tunisia.

Mengingat materi kekuatan timnas Prancis yang bertabur bintang, seharusnya mereka tidak mendapat masalah untuk bisa lolos di babak grup, sebelum menghadapi lawan yang lebih tangguh di babak selanjutnya.

Namun sekali lagi, seperti ada kutukan yang menaungi para juara peraih Piala Dunia. Mampukah Prancis mematahkan kutukan Piala Dunia ini?

Materi Pemain
Hugo Lloris tampaknya tetap menjadi pilihan nomor satu Deschamps untuk mengawal gawang Les Bleus. Dia adalah starter yang tak tergantikan di klub Tottenham Hotspur dan tak akan ada alasan ia tidak boleh terbang ke Qatar kecuali cedera.

Profil Timnas Prancis: <em>Les Bleus</em> Dibayangi Kutukan Piala Dunia
Infografik Daftar Pemain Timnas Prancis di Piala Dunia 2022.

Kiper pilihan berikutnya adalah Mike Maignan (AC Milan). Ia adalah penjaga yang fantastis. Alphonse Areola dan Alban Lafont memberikan pilihan lebih lanjut kepada Deschamps karena keduanya juga memiliki reputasi untuk menampilkan yang terbaik saat dipanggil.

Prancis memiliki sekumpulan pemain bertahan yang luar biasa. Ada William Saliba dari Arsenal, Raphael Varane dari Manchester United, Presnel Kimpembe dari PSG, Ibrahima Konate dari Liverpool, Jules Kounde dari Barcelona, Wesley Fofana dari Chelsea, Dayot Upamecano dan Lucas Hernandez dari Bayern Munich,.

Profil Timnas Prancis: <em>Les Bleus</em> Dibayangi Kutukan Piala Dunia
Camavinga dan Tchouaméni di antara gelandang hebat Prancis sebelumnya.

Untuk posisi bek kiri, Theo Hernandez dan Ferland Mendy menjadi yang terdepan. Keduanya bermain secara reguler di AC Milan dan Real Madrid. Masing-masing merupakan opsi yang solid di lini belakang. Di sisi yang lain, Benjamin Pavard harus menjadi pilihan utama, sementara Ruben Aguilar dan Jonathan Clauss adalah dua pilihan lainnya.

Ada sejumlah pemain lain juga seperti Clement Lenglet, Lucas Digne, Kurt Zouma yang juga merupakan pesaing kuat untuk mendapatkan tempat di skuad Prancis.

Di lini tengah akan membuat Deschamps pusing tujuh keliling. Paul Pogba harus absen karena cedera. N'Golo Kante juga mengalami cedera hamstring. Timnas Prancis tampil di Qatar tanpa dua bintang utamanya.

Namun Deschamps masih memiliki beberapa pilihan seperti Adrien Rabiot, Eduardo Camavinga dan Aurelien Tchouameni. Camavinga dan Tchouameni menjadi pemain kunci di Real Madrid dan memiliki temperamen yang tepat untuk bersinar di Piala Dunia.

Houssem Aouar dari Lyon adalah satu lagi yang akan berusaha untuk mendapatkan tempat di Piala Dunia sementara pemain kreatif Nabil Fekir bisa masuk sebagai gelandang serang.

Untuk posisi pemain depan Prancis punya sejumlah pemain terkuat. Ada peraih Ballon d’Or Karim Benzema, Kylian Mbappe, dan Ousmane Dembele yang siap diturunkan untuk bermain di Qatar. Selain itu ada Olivier Giroud, Antoine Griezmann dan Christopher Nkunku semuanya akan berjuang untuk tempat awal juga.

Jangan lupa pula ada nama-nama seperti Anthony Martial, Moussa Diaby, maupun Kingsley Coman.

Pemain Bintang
Ada dua nama pemain bintang yang bakal menjadi sorotan di tim ayam jago ini. Keduanya saat ini juga menempati posisi sebagai penyerang. Mereka adalah Kylian Mbappe dan Karim Benzema.

Profil Timnas Prancis: <em>Les Bleus</em> Dibayangi Kutukan Piala Dunia
Kylian Mbappe.

Mbappe tampil menonjol di Piala dunia 2018 di Rusia. Bersama klubnya Paris Saint-Germain (PSG) ia juga menjadi pemain andalan yang ditakuti di daerah pertahanan lawan. Di timnas Prancis, Mbappe sudah mencetak 28 gol dari 59 penampilannya.

Benzema juga bakal menjadi sorotan. Ia seolah kembali menemukan permainannya di klub Real Madrid yang sukses meraih juara Liga Champions musim lalu. Pemain ini telah menjadi langganan timnas Prancis sejak dipilih pelatih Raymond Domenech di pertandingan persahabatan menghadapi Yunani tahun 2006.

Profil Timnas Prancis: <em>Les Bleus</em> Dibayangi Kutukan Piala Dunia
Penyerang Real Madrid, Karim Benzema (kiri) setelah menerima Ballon d'Or yang diserahkan Zinedine Zidane (kanan).

Bersama Real Madrid, Benzema mencetak 44 gol dan 15 umpan di semua ajang. Dia menjadi top skor La Liga 2021/2022 dengan 27 golnya.

Pemain berusia 34 tahun ini juga mencatat rekor sebagai penyerang tersubur di Liga Champions dengan 15 gol. Benzema juga menjadi orang Prancis pertama yang meraih Ballon d'Or sejak Zinedine Zidane pada 1998 silam.

Pelatih
Didier Deschamps adalah mantan pemain tim nasional Prancis. Dia pensiun pada tahun 2001 dan telah menjadi manajer Les Bleus sejak 2012. Dia juga menjadi kapten tim Prancis yang memenangkan Piala Dunia FIFA pada tahun 1998.

Profil Timnas Prancis: <em>Les Bleus</em> Dibayangi Kutukan Piala Dunia
Didier Deschamps.

Deschamps lahir pada 15 Oktober 1968 di Bayonne. Ia telah merasakan sukses ganda, sebagai pemain dan pelatih yang meraih Piala Dunia.

Deschamps tampaknya masih akan memakai Lloris sebagai pilihan utama di gawang. Kemudian di lini pertahanan, Deschamps tampaknya ingin menurunkan tiga bek. Itu berarti Kounde, Varane dan Lucas Hernandez semua bisa jadi starter.

Sayang Varane kemungkinan belum terlalu bugar setelah cedera ketika membela klubnya Manchester United. Tchouameni harus memulai di lini tengah bersama Camavinga , dengan Pavard dan Theo Hernandez melebar. Di depan, Mbapppe dan Benzema kemungkinan akan memiliki Griezmann yang beroperasi di lubang untuk membentuk semacam trisula menyerang.



Waktu
Pertandingan
Stadion
4 Des 2022 | 22:00 WIB
Prancis
Prancis
VS
Polandia
Polandia
Al Thumama Stadium, Doha
30 Nov 2022 | 22:00 WIB
Tunisia
Tunisia
1 - 0
Prancis
Prancis
Education City Stadium, Doha
PREDIKSI PESERTA
  Tunisia (0%)
Draw (0%)
Prancis (100%) 
26 Nov 2022 | 23:00 WIB
Prancis
Prancis
2 - 1
Denmark
Denmark
Stadium 974, Doha
PREDIKSI PESERTA
  Prancis (100%)
Draw (0%)
Denmark (0%) 
23 Nov 2022 | 02:00 WIB
Prancis
Prancis
4 - 1
Australia
Australia
Al Janoub Stadium, Al Wakrah
PREDIKSI PESERTA
  Prancis (100%)
Draw (0%)
Australia (0%) 

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Thomas Mueller Isyaratkan Pensiun dari Timnas Jerman

Kegagalan Jerman di Piala Dunia 2022 membuat Thomas Muller tidak mengetahui lagi soal masa depannya di pentas internasional.

SEMESTA BOLA 2022 | 3 Desember 2022

Piala Dunia 2022: Dramatis, Gol di Injury Time Bawa Korsel Lolos 16 Besar

Gol Hwang Hee-Chan di menit 91 mengantarkan kemenangan Korsel sekaligus memastikan tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

SEMESTA BOLA 2022 | 3 Desember 2022

Tragis, Uruguay Gagal ke 16 Besar Meski Tekuk Ghana

Uruguay tersisih secara tragis dari Piala Dunia 2022 setelah menang 2-0 atas Ghana namun dalam pertandingan lain Korsel menang atas Portugal. 

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Piala Dunia 2022: Uruguay Ungguli Ghana 2-0 di Babak Pertama

Uruguay untuk sementara mengungguli Ghana, 2-0, dalam babak pertama partai terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2022.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Babak Pertama, Korsel vs Portugal Imbang 1-1

Portugal sebelumnya unggul lebih dahulu melalui gol Ricardo Hortadan dismakan Korsel melalui gol Kim Young-Gwon.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Menit Ke-32, Uruguay Gandakan Keunggulan atas Ghana

Uruguay menggandakan keunggulan atas Ghana menjadi 2-0 yang kembali dicetak Giorgian De Arrascaeta pada menit ke-32. 

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Menit 27, Korsel Cetak Gol Penyeimbang ke Gawang Portugal

Gol penyeimbang Korsel dicetak Kim Young-Gwon (Korea Selatan) lewat tembakan dengan kaki kiri dari jarak yang sangat dekat.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Menit Ke-26, Giorgian De Arrascaeta Bawa Uruguay Ungguli Ghana

Uruguay untuk sementara mengungguli Ghana, 1-0, dalam partai terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2022.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Menit 5, Ricardo Horta Buka Keunggulan Portugal

Keunggulan Portugal atas Korea Selatan dibuka melalui gol Ricardo Horta saat laga baru berjalan lima menit meneruskan umpan silang Diego Dalot.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Piala Dunia 2022: Ini Susunan Pemain Korsel vs Portugal

Meski cuma butuh hasil imbang, Cristiano Ronaldo tetap jadi starter Portugal melawan Korea Selatan di laga terakhir grup.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Dramatis, Gol di Injury Time Bawa Korsel Lolos 16 Besar

Piala Dunia 2022: Dramatis, Gol di Injury Time Bawa Korsel Lolos 16 Besar

SEMESTA BOLA 2022 | 23 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE