Logo BeritaSatu

Timnas Maroko: 6 Kali di Piala Dunia, Kini Waktunya Bersinar

Selasa, 8 November 2022 | 23:43 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / DAS

Negara
MN
M
S
K
MG
KG
SG
Poin
Maroko
Maroko
3
2
1
0
4
1
3
7

Jakarta, Beritasatu.com - Timnas Maroko cukup sering tampil di Piala Dunia tetapi jarang membuat kejutan ketika berhadapan dengan tim-tim besar. Di Rusia empat tahun silam mereka hanya mendapat satu poin di babak penyisihan grup dan harus pulang lebih dini.

Dalam lima penampilan di Piala Dunia sebelum ini, Maroko hanya satu kali lolos dari babak grup, tetapi kemudian langsung kalah 0-1 dari Jerman Barat pada 1986.

Saat itu, mereka mengukir sejarah sebagai negara Afrika pertama yang lolos dari penyisihan grup putaran final Piala Dunia. Hebatnya lagi, mereka keluar sebagai juara grup yang juga dihuni oleh Inggris, Polandia, dan Portugal.

Timnas Maroko: 6 Kali di Piala Dunia, Kini Waktunya Bersinar
Timnas Maroko.

Perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar kali ini memberi peluang besar bagi Maroko untuk unjuk kebolehan karena dalam beberapa bulan terakhir kinerja mereka makin meningkat dengan menyapu bersih laga grup di putaran kedua, atau enam kemenangan.

Setelah itu mereka harus berhadapan dengan Republik Demokratik Kongo di babak playoff dan sempat tertahan 1-1 di laga tandang. Pada leg kedua, Maroko memastikan lolos ke putaran final berkat kemenangan 4-1 di Casablanca.

Sebagai catatan, Maroko belum pernah kalah jika pertandingan diukur hanya dalam waktu normal 90 menit antara Oktober 2019 sampai laga persahabatan Juni 2022.

Sepanjang periode tersebut Maroko hanya kalah dua kali yaitu lewat adu penalti di turnamen Arab Cup dan kemudian ditaklukkan Mesir di babak perpanjangan waktu turnamen Africa Cup of Nations pada Januari 2022.

Menurut peringkat FIFA, Maroko adalah tim terbaik kedua di Afrika.

Kekuatan utama Maroko terutama di lini pertahanan, yang dijaga oleh bek Bayern Muenchen Noussair Mazraoui dan Achraf Hakimi dari tim Paris Saint-Germain.

Timnas Maroko: 6 Kali di Piala Dunia, Kini Waktunya Bersinar
Achraf Hakimi (kiri) dan Hakim Ziyech.

Menjelang keberangkatan ke Qatar, Maroko menyambut kembali kehadiran pemain sayap Hakim Ziyech ke tim nasional, tujuh bulan setelah pemain Chelsea itu mengumumkan pensiun dari timnas.

Tim berjuluk Singa Atlas ini sempat dilanda konflik internal sebelum berangkat ke Qatar. Pelatih Vahid Halilhodzic dipecat karena berselisih dengan Federasi Sepakbola Maroko terkait persiapan tim ke Piala Dunia pada Agustus.

Mantan pemain timnas Walid Regragui ditunjuk sebagai pelatih baru, hanya tiga bulan menjelang keberangkatan ke Qatar.

Hengkangnya Halilhodzic membuat si pemain Chelsea membatalkan pensiunnya dari timnas. Bukan rahasila lagi bahwa Ziyech (29) tidak suka dengan gaya kepelatihan Halilhodzic dan langsung mundur dari timnas setelah mereka berdua tidak bisa akur.

Bagi pelatih yang baru, Ziyech jelas menjadi opsi utama untuk dimainkan bersama sayap kiri Sofiane Boufal dan stiker tim Sevilla, Youssef En-Nesyri.

Bulan lalu, trio penyerang ini membuahkan kemenangan 2-0 dalam laga persahabatan melawan tim tangguh Cile.

Timnas Maroko: 6 Kali di Piala Dunia, Kini Waktunya Bersinar
Infografik daftar pemain Timnas Maroko di Piala Dunia 2022.

Mereka juga punya bek “modern” Achraf Hakimi yang punya karakter menyerang dan cukup aktif memasok umpan ke garis depan. Pemain PSG ini disebut-sebut sebagai salah satu pemain kategori attacking fullback terbaik di dunia dan cukup produktif di timnas dengan delapan gol dari 53 laga.

Maroko cukup tenang di bawah mistar dengan kehadiran Yassine Bounou, penjaga gawang utama di klub Sevilla FC. Tahun lalu, Bounou meraih trofi Zamora, penghargaan untuk kiper dengan rasio gol per pertandingan paling rendah di La Liga.

Dengan kata lain, Bounou adalah kiper terbaik di liga paling top Spanyol.

Ban kapten kemungkinan akan tetap disandang oleh pemain Besiktas Turkiye, Romain Saiss, pemain kunci yang bisa menjaga semangat dan kekompakan timnas di laga-laga sulit dan membuahkan tiket ke Qatar.

Dia dikenal sebagai pemain dengan kekuatan fisik di atas rata-rata dan siap melayani duel perebutan bola satu lawan satu dengan pemain mana pun.

Pemain Fiorentina, Sofyan Amrabat, juga aset penting di timnas Maroko karena kemampuannya untuk mematahkan serangan lawan di lini tengah dan memberi umpan panjang ke depan bagi mitranya.

Moral tim Maroko sedang tinggi-tingginya sejak hengkangnya pelatih Halilhodzic yang tidak disukai sejumlah pemain kunci dan menciptakan permusuhan diam-diam di internal tim.

Pelatih Bosnia itu juga membuat situasi tim memanas ketika Ziyech mendadak mundur setelah bersengketa dengan Halilhodzic. Kehadiran Regragui sebagai pelatih baru langsung menyalakan semangat tim yang dihuni sejumlah pemain berpengalaman di pentas Liga Champions.

Maroko adalah satu dari empat negara Arab yang lolos ke Piala Dunia yang untuk pertama kali digelar di Timur Tengah, bersama tuan rumah Qatar, Arab Saudi, dan Tunisia.

Menurut pelatih timnas Yordania, Adnan Hamad, Maroko adalah yang terbaik dari empat negara tersebut karena memiliki 20 pemain yang berpengalaman di liga-liga besar Eropa.

“Saya yakin tim Maroko memiliki skuat terbaik dan punya peluang besar untuk menjadi kuda hitam di turnamen kali ini,” kata Hamad seperti dikutip Al Jazeera.

Maroko berada di Grup F bersama Belgia, Kanada, dan Kroasia.

Ujian pertama adalah Kroasia pada 23 November, sebelum berhadapan dengan raksasa Eropa Belgia empat hari kemudian. Laga terakhir grup melawan Kanada dijadwalkan pada 1 Desember.



Waktu
Pertandingan
Stadion
6 Des 2022 | 22:00 WIB
Maroko
Maroko
VS
Spanyol
Spanyol
Education City Stadium, Doha
1 Des 2022 | 22:00 WIB
Kanada
Kanada
1 - 2
Maroko
Maroko
Al Thumama Stadium, Doha
PREDIKSI PESERTA
  Kanada (0%)
Draw (0%)
Maroko (100%) 
27 Nov 2022 | 20:00 WIB
Belgia
Belgia
0 - 2
Maroko
Maroko
Al Thumama Stadium, Doha
PREDIKSI PESERTA
  Belgia (0%)
Draw (100%)
Maroko (0%) 
23 Nov 2022 | 17:00 WIB
Maroko
Maroko
0 - 0
Kroasia
Kroasia
Al Bayt Stadium, Al Khor
PREDIKSI PESERTA
  Maroko (33.33%)
Draw (0%)
Kroasia (66.67%) 

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Piala Dunia 2022: Ini Susunan Pemain Korsel vs Portugal

Meski cuma butuh hasil imbang, Cristiano Ronaldo tetap jadi starter Portugal melawan Korea Selatan di laga terakhir grup.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Lawan Ghana, Uruguay Pasang Suarez dan Nunez

Uruguay memasang striker Luis Suarez dan Darwin Nunez saat melawan Ghana dalam pertandingan penyisihan terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2022.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Timnas Jepang Targetkan Perempat Final di Piala Dunia 2022

Pelatih timnas Jepang Hajime Moriyasu menargetkan timnya melaju ke perempat final di Piala Dunia 2022 setelah lolos ke babak 16 besar.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Stephanie Frappart, Wanita Pertama Pimpin Laga Piala Dunia

Stephanie Frappart menjadi wanita pertama memimpin pertandingan Piala Dunia ketika menjadi wasit laga antara Kosta Rika melawan Jerman.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Ini Dia Tangan Luis Suarez yang Benamkan Ghana 12 Tahun Lalu

Handball striker Uruguay Luis Suarez di perempat final Piala Dunia 2010 melawan Ghana kembali mengemuka di Piala Dunia Qatar.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Serbia dalam Tekanan, Swiss Hanya Butuh Seri

Serbia dalam tekanan untuk memastikan kemenangan pada pertandingan terakhir mereka di Grup G, di Piala Dunia 2022 sementara Swiss hanya butuh hasil imbang.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Ari Lasso Tak Favoritkan Eropa di Piala Dunia 2022

Penyanyi senior Ari Lasso tidak memfavoritkan tim sepakbola Eropa pada Piala Dunia 2022 yang kini tengah berlangsung di Qatar.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Gagal Bawa Jerman ke 16 Besar: Hansi Flick Ogah Mundur

Hansi Flick tidak berniat mundur sebagai pelatih meski gagal membawa Jerman lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Ibnu Jamil Idolakan Three Lions Jadi Jawara Piala Dunia 2022

Artis Ibnu Jamil menyambut gembira penylenggaraan Piala Dunia 2022 yang tengah berlangsung di Qatar dan mengidolakan tim nasional Inggris, Three Lions. 

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Kamerun vs. Brasil, Kesempatan Tite Merotasi Pemain Samba

Kamerun akan menjalani pertandingan terakhirnya menghadapi Brasil, di Grup G, Piala Dunia 2022, di mana Tite memiliki kesempatan untuk merotasi pemainnya.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE