Logo BeritaSatu

Tak Muluk-muluk, Timnas Serbia Janji Tampilkan Sajian Menarik

Kamis, 10 November 2022 | 00:00 WIB
Oleh : Asni Ovier / DAS

Negara
MN
M
S
K
MG
KG
SG
Poin
Serbia
Serbia
2
0
1
1
3
5
-2
1

Jakarta, Beritasatu.com - Sebagai sebuah negara merdeka Serbia tidak pernah melampaui babak penyisihan grup di ajang Piala Dunia. Namun, ketika negara itu bergabung dengan Yugoslavia, maka ceritanya akan berbeda.

Pada Piala Dunia 1930 di Uruguay dan Chile pada 1962, Serbia yang masih bergabung dengan Yugoslavia finis di urutan keempat. Piala Dunia 1990 di Italia juga menjadi momen yang tak terlupakan karena negara Balkan itu sedang dalam proses perpisahan dengan Yugoslavia.

Pada tahun itu, Partai Komunis Yugoslavia dikalahkan oleh partai-partai nasionalis dalam pemilihan umum multi-partai pertama yang diselenggarakan di seluruh negara, kecuali Serbia dan Montenegro. Slobodan Milosevic dan sekutu-sekutunya memenangkan pemilihan umum.

Tak Muluk-muluk, Timnas Serbia Janji Tampilkan Sajian Menarik
Aleksandar Mitrović (kiri) dan Dusan Tadic.

Hasutan kaum nasionalis yang bersumber dari berbagai arah pun semakin memanas. Pada 1991, satu demi satu republik anggota memproklamasikan kemerdekaan, kecuali Serbia dan Montengero. Namun, masalah status etnis minoritas Serbia yang berada di luar Serbia tetap tidak terselesaikan.

Pada 2003, Persatuan Negara Serbia dan Montenegro atau SCG terbentuk. Kedua negara, yang merupakan bekas negara bagian Republik Federal Sosialis Yugoslavia, awalnya membentuk Republik Federal Yugoslavia (RFY) pada 1992. Pada 2003, RFY dibentuk ulang sebagai Persatuan Negara Serbia dan Montenegro.

Pada 21 Mei 2006, Montenegro menyelenggarakan suatu referendum untuk mencapai kemerdekaan penuh. Pada 31 Mei tahun yang sama, hasil akhir resmi menunjukkan bahwa 55,5% pemberi suara memilih untuk merdeka.

Tak Muluk-muluk, Timnas Serbia Janji Tampilkan Sajian Menarik
Selebrasi pemain Serbia usai mengalahkan Portugal untuk memastikan tiket Piala Dunia 202.

Persatuan negara ini secara efektif berakhir setelah deklarasi kemerdekaan resmi Montenegro pada 3 Juni 2006 dan deklarasi kemerdekaan resmi Serbia pada 5 Juni. Banyak pihak melihat hal ini sebagai simbol dari akhir perjalanan sisa-sisa bekas negara Yugoslavia.

Tim Nasional Serbia berada di bawah naungan Asosiasi Sepak Bola Serbia. Setelah Republik Federal Sosialis Yugoslavia pecah, tim sepak bola Serbia bergabung dengan Montenegro. Namun, meski lolos Piala Eropa 1992, mereka tidak bisa bermain karena terkena sanksi akibat kekerasan yang terjadi di negara itu.

Keputusan yang sama juga diberlakukan untuk kualifikasi Piala Dunia 1994 dan Piala Eropa 1996. Tim Nasional Serbia-Montenegro akhirnya bisa berpartisipasi pada Piala Dunia 1998 dan mencapai babak 16 besar. Mereka juga mencapai perempat final Piala Eropa 2000.

Serbia juga tampil di Piala Dunia 2006, 2010, dan 2018, tetapi gagal lolos dari babak penyisihan grup pada setiap kesempatan. Kini, mereka berkesempatan untuk meraih sukses pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

Tak Muluk-muluk, Timnas Serbia Janji Tampilkan Sajian Menarik
Infografik Daftar Pemain Timnas Serbia di Piala Dunia 2022.

Siap Menghibur
Serbia berjanji untuk menyajikan tontonan yang menghibur selama berada di Qatar. Setelah gagal lolos pada Piala Eropa 2020, tim yang dilatih Dragan Stojkovic itu berharap bisa membuktikan kualitas mereka kepada dunia.

Namun, di Qatar nanti tidak akan mudah bagi Serbia. Berada di Grup G, mereka harus mampu mengatasi Brasil, Swiss, dan Kamerun. Pasukan Stojkovic harus menampilkan permainan yang impresif di Qatar.

Perjalanan Serbia pada babak kualifikasi berakhir pada malam yang tak terlupakan di Portugal. Berkat gol pemenang menit ke-90 dari Aleksandar Mitrovic, Serbia mengamankan tempat pertama di grup dan memaksa Portugal dengan bintang Cristiano Ronaldo harus melewati babak playoff.

Di atas kertas, Serbia terlihat dalam kondisi yang baik untuk bersaing Piala Dunia 2022 di Qatar. Selain memiliki legenda sepak bola sejati di ruang istirahat, skuad pemain yang dimilikinya kaya akan bakat.

Sebut saja nama-nama seperti Vlahovic, Mitrovic, Kostic, dan Tadic, yang semuanya pernah menciptakan gol. Jika mereka berhasil padu dan bermain cantik, maka Serbia akan sulit dihentikan.

Dikutip dari situs resmi FIFA, pemain Timnas Serbia, Sergej Milinkovic-Savic mengatakan, target timnya tak muluk-muluk, yakni mencapai babak 16 besar. Dengan dua kemenangan impresif pada akhir September, yakni melawan Swedia (4-1) dan Norwegia (2-0), Serbia tiba di Qatar dengan rekor tak terkalahkan dalam lima pertandingan.

Momentum ini yang akan dipertahankan Dusan Tadic dkk di bawah kepelatihan Dragan Stojkovic. Sang pelatih dikenal sebagai legenda sepak bola internasional. Dengan 84 penampilan dan 15 gol untuk Yugoslavia antara 1983 dan 2001, Stojkociv bermain di Italia 1990 dan Prancis 1998.

Tak Muluk-muluk, Timnas Serbia Janji Tampilkan Sajian Menarik
Dragan Stojkovic.

Dia pernah menjadi Presiden Asosiasi Sepak Bola Serbia (FSS) dan Presiden Klub Red Star Belgradeh. Di pinggir lapangan, sebelum mengambil peran sebagai pelatih Serbia, Stojkovic pernah berada di Asia dengan melatih Nagoya Grampus di Jepang (2008-2013) dan Guangzhou R&F di Tiongkok (2015-2020). Baru pada 3 Maret 2021, tepat pada hari ulang tahunnya, Stojkovic ditunjuk sebagai pelatih kepala Serbia.

Fondasi tim asuhan Stojkovic adalah pertahanan tiga pemain, yakni Milenkovic, Veljokovic, dan Pavlovic. Dia biasanya menempatkan empat pemain di lini tengah dengan dua pemain sayap menyerang. Kostic di kiri dan Zivkovic di kanan.

Dua gelandang tengah bertahan kemungkinan adalah Lukic dan Milinkovic-Savic. Sementara, Dusan Tadic adalah pemain nomor 10 sebagai penyedia utama pasokan bola untuk duo penyerang mematikan Vlahovic dan Mitrovic.

Alternatif yang lebih defensif akan diperlihatkan Serbia dalam formasi 3-4-2-1. Menempatkan satu orang penyerang, tetapi seorang pemain tambahan di lini tengah, Milinkovic-Savic akan lebih maju bersama Tadic.

Pemain Kunci
Sudah pasti pemain kunci Serbia pada Piala Dunia 2022 di Qatar adalah Dusan Tadic. Sebagai playmaker di Ajax Amsterdam, Dusan Tadic telah menampilkan permainan yang sangat menawan.

Tak Muluk-muluk, Timnas Serbia Janji Tampilkan Sajian Menarik
Dusan Tadic.

Sang Kapten Timnas Serbia ini tampaknya berada di puncak penampilannya saat ini dengan enam assist dalam delapan pertandingan Liga Belanda. Pada Liga Belanda musim lalu, Dusan Tadic berhasil mencetak 16 gol dan 22 assist, sementara pada tahun sebelumnya ia mencetak 22 gol dan 25 assist.

Selain Dusan Stadic, Serbia juga memiliki dua bintang lain yang patut menjadi perhatian lawan-lawan Negara Balkan itu di Qatar nanti. Mereka adalah Dusan Vlahovic dan Aleksandar Mitrovic.

Aleksandar Mitrovic saat ini menjadi salah andalah bagi klub Premiere League, Fulham FC. Sementara, Dusan Vlahovic adalah penyerang muda Juventus yang diyakini akan bersinar di Qatar.

Gaya Dusan Vlahovic sejalan dengan filosofi yang akan diterapkan Stojkovic di Timnas Serbia: eksplosif dan efektif. Bagaikan dua pembalap Formula 1 yang berjuang untuk posisi teratas, Vlahovic dan Mitrovic ingin saling mengalahkan dalam hal mencetak gol.



Waktu
Pertandingan
Stadion
3 Des 2022 | 02:00 WIB
Serbia
Serbia
VS
Swiss
Swiss
Stadium 974, Doha
28 Nov 2022 | 17:00 WIB
Kamerun
Kamerun
3 - 3
Serbia
Serbia
Al Janoub Stadium, Al Wakrah
PREDIKSI PESERTA
  Kamerun (25%)
Draw (25%)
Serbia (50%) 
25 Nov 2022 | 02:00 WIB
Brasil
Brasil
2 - 0
Serbia
Serbia
Lusail Stadium, Al Daayen
PREDIKSI PESERTA
  Brasil (66.67%)
Draw (0%)
Serbia (33.33%) 

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Piala Dunia 2022: Uruguay Ungguli Ghana 2-0 di Babak Pertama

Uruguay untuk sementara mengungguli Ghana, 2-0, dalam babak pertama partai terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2022.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Babak Pertama, Korsel vs Portugal Imbang 1-1

Portugal sebelumnya unggul lebih dahulu melalui gol Ricardo Hortadan dismakan Korsel melalui gol Kim Young-Gwon.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Menit Ke-32, Uruguay Gandakan Keunggulan atas Ghana

Uruguay menggandakan keunggulan atas Ghana menjadi 2-0 yang kembali dicetak Giorgian De Arrascaeta pada menit ke-32. 

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Menit 27, Korsel Cetak Gol Penyeimbang ke Gawang Portugal

Gol penyeimbang Korsel dicetak Kim Young-Gwon (Korea Selatan) lewat tembakan dengan kaki kiri dari jarak yang sangat dekat.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Menit Ke-26, Giorgian De Arrascaeta Bawa Uruguay Ungguli Ghana

Uruguay untuk sementara mengungguli Ghana, 1-0, dalam partai terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2022.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Menit 5, Ricardo Horta Buka Keunggulan Portugal

Keunggulan Portugal atas Korea Selatan dibuka melalui gol Ricardo Horta saat laga baru berjalan lima menit meneruskan umpan silang Diego Dalot.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Piala Dunia 2022: Ini Susunan Pemain Korsel vs Portugal

Meski cuma butuh hasil imbang, Cristiano Ronaldo tetap jadi starter Portugal melawan Korea Selatan di laga terakhir grup.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Lawan Ghana, Uruguay Pasang Suarez dan Nunez

Uruguay memasang striker Luis Suarez dan Darwin Nunez saat melawan Ghana dalam pertandingan penyisihan terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2022.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Timnas Jepang Targetkan Perempat Final di Piala Dunia 2022

Pelatih timnas Jepang Hajime Moriyasu menargetkan timnya melaju ke perempat final di Piala Dunia 2022 setelah lolos ke babak 16 besar.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022

Stephanie Frappart, Wanita Pertama Pimpin Laga Piala Dunia

Stephanie Frappart menjadi wanita pertama memimpin pertandingan Piala Dunia ketika menjadi wasit laga antara Kosta Rika melawan Jerman.

SEMESTA BOLA 2022 | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berdiri di Meja Saat Jumpa Pers, Jarred Brooks Jadi Musuh Warga Filipina

Berdiri di Meja Saat Jumpa Pers, Jarred Brooks Jadi Musuh Warga Filipina

SPORT | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE