Marching Band UII Sabet Juara 3 Kelas Dunia

Marching Band UII Sabet Juara 3 Kelas Dunia
Marching Band Universitas Islam Indonesia (MB UII) berhasil meraih juara 3 Kategori World Class pada kejuaraan Internasional Thailand World Music Championships 2018 (TWMC 2018). ( Foto: Marching Band Universitas Islam Indonesia (MB UII) )
Shinta Lestari / SHI Kamis, 20 Desember 2018 | 16:19 WIB

Jakarta - Marching Band Universitas Islam Indonesia (MB UII) meraih juara ketiga kategori world class pada kejuaraan Internasional Thailand World Music Championships 2018. MB UII menampilkan sebuah paket musik “Piano (Ebony and Ivory)” yang menceritakan perseteruan ras kulit hitam dan ras kulit putih dalam menjalani kehidupan. Seharusnya kedua ras itu dapat hidup harmonis layaknya tuts berwarna hitam dan putih yang selalu bersama pada alat musik piano.

Paket penampilan Piano berhasil mengantarkan MB UII, yang semula masuk kategori open class pada babak preliminary hingga masuk kategori world class pada final marching show band.

"Ini merupakan pencapaian yang sangat baik bagi MB UII," kata Ketua MB UII, Dicky Gra Anggara melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis (20/12). 

Menurutnya, tidak mudah untuk masuk dalam kategori world class. Setiap unit marching band harus mengantongi nilai di atas 82 pada babak preliminary. Dengan jumlah 84 player, MB UII meraih total nilai 82,75.

Field Commander (FC) MB UII, Ramadhan Dwiki, mahasiswa asal Balikpapan, mengaku sangat gugup pada babak preliminary. Namun, dia tetap yakin bahwa semua yang sudah dikerjakan merupakan yang terbaik.

“Ketika preliminary, awalnya sangat nervous sekali, tetapi dengan yakin saat masuk ke lapangan mengucapkan lafas bismillah di dalam hati, seketika langsung hilang nervous-nya. Apalagi saat dikumandangkan lagu shalawat bhadar saat pertama kali di lapangan, saya yakin kalau yang kita kerjakan selama ini, itulah yang terbaik,” ujarnya

Ramadhan Dwiki tidak sendirian. Dia ditemani dua FC lainnya, yaitu Laras Laksita dan Abdul Halim Hanafi yang juga berusaha maksimal hingga mengantarkan MB UII ke final world class.

Pada final marching show band, Minggu, 16 Desember 2018, MB UII kembali menampilkan “Piano”. Alunan Shalawat Badar pun ikut dimainkan sebagai lagu pemanasan dan menjadi ciri khas MB UII sejak kejuaraan sebelumnya pada Grand Prix Marching Band (GPMB) 1994 hingga akhirnya mendapatkan juara ketiga world class.

Gelar juara tersebut menjadi pemacu semangat semua player. Salah satunya, Marvia“Kalau ada kejuaraan lagi insyaallah, saya ikut. Saya juga nyaman dan senang menjadi bagian MB UII," ujarnya. 



Sumber: BeritaSatu.com