Pendapatan James Patterson Kalahkan JK Rowling

Pendapatan James Patterson Kalahkan JK Rowling
James Patterson memimpin daftar penulis dengan pendapatan tertinggi di dunia. ( Foto: AFP )
Indah Handayani / FER Sabtu, 5 Januari 2019 | 16:47 WIB

Los Angeles - Setidaknya ada 10 penulis yang berhasil mencetak pendapatan tertinggi 2018 versi majalah Forbes. Jika digabungkan, 10 penulis dengan bayaran tertinggi di dunia itu telah menjual 24,5 juta buku selama periode penilaian atau mencatat pendapatan total sebesar US$ 283 juta.

James Patterson yang produktif mengambil tempat pertama, dengan menghasilkan US$ 86 juta dan menjual 4,8 juta buku di AS saja, menurut data NPD BookScan yang melacak 85 persen dari pasar cetak domestik.

Penghasilan Patterson kemungkinan melonjak tahun depan berkat The President Is Missing, yang dirilis di luar periode penilaian. Buku thriller politik yang ditulis bersama mantan presiden Amerika Serikat (AS), Bill Clinton, telah terjual lebih dari 660.000 kopi sejak rilis Juni.

JK Rowling

Sementara itu, penulis ternama lainnya, JK Rowling harus puas menempati posisi kedua dengan pendapatan US$ 54 juta, atau mengalami penurunan sebesar US$ 41 juta dari tahun lalu. Penjualan buku Harry Potter yang terus turun, ditambah tanpa adanya buku baru membuat posisi Rowling tergeser.

Pendapatan Rowling diperkirakan akan terus bertambah pada tahun mendatang. Meskipun film Fantastic Beast terbaru tidak diterima dengan baik oleh para kritikus, seri waralaba ini masih jauh dari selesai. Bahkan, tiga film Fantastic Beast telah direncanakan dari total lima film.

Stephen King melengkapi tiga besar dengan nilai pendapatan US$ 27 juta. Raja horor ini, menjual 2,7 juta buku domestik, didorong oleh keberhasilan versi filmnya. King hampir menggandakan penghasilannya dengan mengumpulkan gaji delapan digit dari film, yang meraup US$ 700 juta di seluruh dunia dengan anggaran hanya US$ 35 juta.

Berikut, daftar 10 penulis dengan nilai pendapatan terbesar di tahun 2018 versi majalah Forbes.

1. James Patterson US$ 86 juta

2. J.K. Rowling US$ 54 juta

3. Stephen King US$ 27 juta

4. John Grisham US$ 21 juta

5. Dan Brown (tie) US$ 18,5 juta

5. Jeff Kinney (tie) US$ 18,5 juta

7. Michael Wolff US$ 13 juta

8. Nora Roberts (tie) US$ 12 juta

8. Danielle Steel (tie) US$ 12 juta

10. Rick Riordan (tie) US$ 10,5 juta

10. E.L James (tie) US$ 10,5 juta



Sumber: Forbes