Festival Janadriyah Ditutup, Warga Arab Terpukau Budaya Indonesia

Festival Janadriyah Ditutup, Warga Arab Terpukau Budaya Indonesia
Suasana Pavilium Indonesia dalam Festival Budaya Janadriyah di Arab Saudi selalu dipadati pengunjung, Selama festival berlangsung, Indonesia menampilkan 240 kali pagelaran seni yang disambut antusias pengunjung. ( Foto: KBRI Arab Saudi / Istimewa )
Adi Prasetya / ADP Senin, 14 Januari 2019 | 18:00 WIB

Riyadh - Seniman indonesia tampil memukai warga Arab Saudi dan masyarakat kawasan Timur Tengah sepanjang pagelaran Festival Budaya Janadriyah ke-33. Festival Budaya Janadriyah adalah pesta budaya tahunan yang digelar Kementerian Garda Nasional Arab Saudi. Festival ke-33 ini digelar sepanjang 21 hari, dan ditutup Kamis lalu (10/1).

Kementerian Garda Nasional Arab Saudi selaku penyelenggara festival menegaskan, pameran dan penampilan seni budaya yang ditampilkan Indonesia sangat memukai dan menarik hati warga Arab Saudi.

Dalam acara penutupan, Saud Al Rumi, Direktur Jenderal Festival Janadriyah Kementerian Garda Nasional Arab Saudi menyatakan, pameran dan pertunjukkan seni budaya yang ditampilkan Indonesia sangat istimewa dan memukau warga Arab Saudi. Teristimewa sekali pawai karnaval yang mengelilingi kawasan Janadriyah. Kesuksesan partisipasi Indonesia ini diyakini akan semakin memperkokoh hubungan kedua negara.

“Negara Anda adalah negara kami, dan negara kami adalah negara Anda,” ujar Al Rumi.

Pada festival budaya terbesar di Arab Saudi ini, Indonesia menyajikan beragam atraksi seni di panggung utama sebanyak 240 kali pertunjukkan dengan melibatkan 600 seniman yang didatangkan dari Indonesia. Mulai dari pencak silat, tari saman, aneka tarian, gamelan, hingga reog Ponorogo. Sebagai tamu kehormatan di festival budaya Janadriyah ke-33, Indonesia dinilai penyelenggara meraih sukses besar.

“Penampilan kita menjadi magnit para pengunjung festival yang tahun ini mencapai lebih dari 10 juta pengunjung. Mereka tidak hanya datang dari negara-negara teluk tapi juga dari negara di luar teluk. Separuh lebih juga mengunjungi paviliun dan panggung seni Indonesia,” kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajan Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, melalui siaran pers yang diterima BeritaSatu (14/1).

Agus melukiskan, para penonton bahkan sudah datang sejak jam empat sore. Mereka memenuhi arena pavilium Indonesia sampai hampir tengah malam. Antusiasme dan sukses Indonesia ini, menurut Dubes Agus, tak luput berkat dukungan nyata dari Raja Salman Bin Abdulaziz dan Presiden Joko Widodo.

“Kami sangat senang dan mengapresiai atas dukungan itu dan juga partisipasi seluruh WNI di Arab Saudi yang penuh kebersamaan gotong royong menyukseskan festival ini,” tambah Agus.

Lebih lanjut Dubes RI itu menegaskan, tampilnya Indonesia di Festival Budaya Janadriyah sebagai satu-satunya negara tamu kehormatan adalah wujud nyata dialog antar budaya dan peradaban nusantara dengan peradaban Timur Tengah untuk pertama kalinya.

Saksikan Videonya:



Sumber: Press Release