Karya Seni 50 Galeri Hadir di Art Moments Jakarta

Karya Seni 50 Galeri Hadir di Art Moments Jakarta
Pameran Seni Rupa Lakon III oleh Laksmi Shitaresmi ( Foto: Istimewa )
Dina Fitri Anisa / EAS Sabtu, 2 Maret 2019 | 07:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Beberapa bulan lagi, dunia seni rupa Indonesia akan tampil ke publik dalam ajang art fair bergengsi, yang dinamakan Art Moments Jakarta. Sebuah momen baru yang dirancang oleh pencinta seni, Leo Silitonga ini akan diselenggarakan pada 3-5 Mei 2019 di Grand Hotel Ballroom of Sheraton Grand Jakarta dan Gandaria City Hotel, Gandaria City Mall Jakarta.

Fair Director Art Moments, Leo Silitonga mengatakan, meskipun baru lahir art fair ini memiliki tujuan besar, yakni menjadi wadah jejaring untuk sirkuit seni internasional, termasuk galeri, seniman, dan kolektor Indonesia sekaligus internasional. Ajang ini nantinya juga akan mengundang galeri berkulitas untuk mempromosikan karya-karya seniman lokal dari berbagai daerah.

"Kita dari awal ingin berikan platform seni rupa, di mana galeri Indonesia bisa bertemu galeri dan kolektor luar. Indonesia adalah gudangnya seniman dan kolektor, tetapi kenapa justru negara lain yang menikmati?,” jelasnya kepada Beritasatu.com, saat dijumpai di kawasan Jakarta Pusat, belum lama ini.

Selain itu, Leo juga ingin ajang yang diselenggarakan di Indonesia ini bisa memberikan kemudahan, dari segi biaya dan jarak tempuh bagi galeri lokal yang ingin unjuk gigi ke publik. Leo memperkirakan, 50 galeri yang terdiri dari galeri lokal dan beberapa galeri negara tetangga akan memeriahkan Art Moments Jakarta ini.

"Mengikuti art fair di luar negeri lebih mahal daripada di dalam negeri. Sedangkan karya Indonesia kalau dijual juga masih belum terlalu mahal. Jadi berat untuk menyewa booth, akomodasi, dan lainnya. Dengan mengikuti art fair yang berlangsung di Jakarta ini, mereka juga turut bisa bersanding dengan beberapa galeri luar. Sehingga, seniman Indonesia bisa terekspos lebih luas lagi,” ungkap Leo Silitonga.

Dengan animo kunjungan yang diharapkan mencapai 15.000 orang ini, Leo mengharap tidak hanya dunia seni rupa Indonesia yang akan maju, tetapi juga pariwisata Indonesia juga mendapatkan sorotan dari publik mancanegara yang hadir.

Bangun Kesadaran

Tidak hanya sebagai wadah bertemunya para perupa dan kolektor saja, Art Moments Jakarta juga mencoba untuk membangun kesadaran masyarakat untuk menghargai karya seni yang tercipta. Dengan beberapa program yang telah menjadi wacana, ajang ini juga bakal dimeriahkan dengan public engagement yang mendekatkan seni kepada publik.

"Nantinya, publik ditantang untuk membuat narasi yang mereka temui di Art Moments Jakarta. Jadi mereka tidak hanya melihat dan berfoto saja, tetapi juga belajar untuk menelaah lebih dalam lagi dari karya seni ataupun senimannya. Kegiatan ini nantinya juga kami rencanakan agar bisa dilombakan, sehingga meningkatkan gairah yang lebih besar lagi,” terangnya.

Selain menghadirkan karya-karya dari perupa lokal, beberapa karya-karya masterpiece perupa berskala internasional, seperti Christine Ay Tjoe, Hendiwirman Saputra, Fernando Botero, Ju Ming, dan Jean Mitchel Othonie. Kemudian, karya Mitchel Othoniel bertajuk Double Lacans Knot, yang pernah dipamerkan di Brooklyn Museum, New York, dan Centre Georges Pompidou, Paris,

Tidak berhenti sampai di situ, Art Moments Jakarta juga masih memiliki rangkaian yang bisa diikuti oleh keluarga, diantaranya art talk dengan beragam tema menarik, dan juga art for children.



Sumber: BeritaSatu.com