Soimah: Wayang itu Milik Indonesia

Soimah: Wayang itu Milik Indonesia
Aksi Soimah di Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (1/3/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Dina Fitri Anisa / FER Jumat, 2 Agustus 2019 | 18:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Salah satu public figure, Soimah diundang dalam acara pertunjukan wayang kulit dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-74 RI, di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (2/8/2019) malam.

Soimah sendiri merasa pagelaran wayang kulit ini sangat penting. Pasalnya, wayang merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang harus tetap lestari.

"Intinya wayang kan Indonesia, wayang tuh bukan hanya milik orang Jawa. Jadi salah satu kekayaan Indonesia. Ini pertama kalinya kan ya Pak Jokowi nanggap wayang. Menurutku ini keren lah. Lebih keren lagi sih, aku terlibat,” ungkap Soimah dengan wajah semringah.

Soimah menceritakan, dirinya tidak pernah menyangka Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengundangnya dalam acara tersebut. Bahkan, dirinya sampai harus mengurungkan niat untuk berlibur demi menghadiri undangan tersebut.

"Saya nggak tahu. Saya menerima panggilan untuk memeriahkan wayangan di istana ya, dengan senang hati. Ini kan saya harusnya libur di Yogyakarta. Tapi untuk di istana siapa yang mau nolak ya kan. Ini lumayan dadakan, dua hari yang lalu,” jelasnya.

Soimah nantinya akan menyumbangkan suara emasnya sebelum pagelaran wayang dimulai. Tidak sendiri, beberapa public figure yang turut diundang antara lain, Didi Kempot, Cak Lontong, Akbar, Butet Kertaradjasa, dan beberapa lainnya.

"Persiapan ya mental pasti. Saya kan biasa cewawa-an toh. Ini disaksikan pak Jokowi semoga bisa nahan. Kalau pun kelepasan semoga Pak Jokowi maklum ya kan," tukas Soimah.



Sumber: BeritaSatu.com