Gubernur BI dan Bankir Bermain Ketoprak

Gubernur BI dan Bankir Bermain Ketoprak
Petinggi Bank Indonesia (BI) dan para bankir nasional bermain ketroprak dengan judul Raja Mataram di Ruang Heater Gedung BI Thamrin, Jumat, 30 September 2019. ( Foto: istimewa )
Primus Dorimulu / CAH Sabtu, 31 Agustus 2019 | 12:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Di sela-sela kesibukan menjaga stabilisasi moneter dan mencegah ekonomi Indonesia dari resesi, petinggi Bank Indonesia (BI) dan para bankir nasional bermain ketroprak dengan judul Raja Mataram di Ruang Heater Gedung BI Thamrin, Jumat (30/9/2019). Gubernur BI Perry Warjiyo berperan sebagai Raja Mataram dan para bankir menjadi adipati.

Tampil sebagai pemain, antara lain, Deputi Senior Gubernur BI Destry Damayanti, Dirut PT BCA Tbk Yahya Setiaatmaja, dan Dirut PT Bank Mandiri Tbk Kartika Wirjoatmodjo. Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang direncanakan ikut bermain berhalangan hadir.

Sedang para penonton yang hadir, antara lain, Menko Maritim Luhur Binsar Pandjaitan, seniman Slamet Rahardjo dan Eros Djarot, serta para bankir, profesional lembaga keuangan, dan pejabat sejumlah kementerian. "Ketroprak ini digelar untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74 dan HUT Bank Indonesia," Perry.

Bahan dialog ketroprak diangkat dari cerita Kerajaan Mataram saat melawan Belanda. Sultan Agung Muda yang diserahkan Perry Warjiyo menggalang kekuatan bersama para adipati. Namun, di sela-sela perjuangan mempertahankan kerajaan, Raja Mataram Muda tetap saja memadu asmara.

Para pemain tampak cukup berakting dengan baik, menghibur penonton. Bahan dialog banyak diwarnai oleh situasi masa kini, baik situasi keuangan dan moneter, maupun situasi politik.

"Latihan hanya beberapa kali. Tapi, para pemain cerdas dalam berimprovisasi," kata Eko Budi Supriyanto, sang sutradara yang sekaligus pemain. 



Sumber: BeritaSatu.com