Canon Pupuk Fotografer Muda di Canon PhotoMarathon Indonesia 2019

Canon Pupuk Fotografer Muda di Canon PhotoMarathon Indonesia 2019
Canon Division Director PT Datascrip (tengah) Merry Harun berfoto bersama para pemenang Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 di Jakarta, Sabtu (26/10/2019) ( Foto: Datascrip / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Minggu, 27 Oktober 2019 | 14:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com- Canon PhotoMarathon Indonesia digelar untuk ke-11 kalinya. Ribuan peserta dengan mengenakan atribut baju kaus merah-hitam dan topi merah terlihat memadati area atrium Pluit Village, Jakarta. Tak hanya menyuguhkan kompetisi, Canon juga memupuk para fotografer muda di ajang ini.

“Kami ingin terus mengembangkan dunia fotografi di Indonesia, termasuk memupuk para fotografer muda di Indonesia lewat kategori pelajar. Tidak hanya berburu hadiah, peserta bisa berkenalan dan bersilaturahmi dengan rekan-rekan pecinta foto dari berbagai daerah, serta berkesempatan menimba ilmu dari sharing pengalaman fotografer profesional di sesi ProTalk,” ujar Canon Division Director PT Datascrip Merry Harun.

Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 resmi dibuka oleh Irwan Kamdani - President Director, pt. Datascrip bersama Merry Harun – Canon Division Director, pt. Datascrip didampingi Too Kok Yong – Assistant Director, Canon Singapore Pte. Ltd., Budi Supriyanto – Kepala Bidang Analisis Data dan Strategi yang mewakili Deputi Pengembangan Bidang Pemasaran I Kemenpar RI, bersama para juri dan fotografer pembicara seminar.

Dalam sambutan, Merry Harun menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta dan penggemar fotografi di tanah air yang setiap tahun senantiasa menantikan dan antusias mengikuti Canon PhotoMarathon Indonesia.

Lomba yang terbagi dalam dua kategori ini, yaitu Kategori Umum dan Kategori Pelajar, berlangsung dalam tiga sesi dengan tiga tema lomba berbeda. Setelah tata tertib dan peraturan dibacakan, panitia langsung mengumumkan tema 1, yaitu “Jakarta Kini”.

Seusai sesi tema 1, panitia mengumumkan tema 2, yaitu “Titik Temu”, dilanjutkan dengan sesi terakhir yang mengusung tema “Manusia dan Alam”. Di masing-masing tema, para peserta diberi batasan waktu untuk berburu foto dan mengunggah hasil foto terbaik mereka untuk dilombakan.

Foto-foto para peserta yang dihasilkan dari keterampilan dan kreativitas spontan tersebut pun kemudian dinilai langsung oleh para juri profesional yang memiliki beragam latar keahlian bidang fotografi berbeda, yakni: Don Hasman, Denny Herliyanso, Mast Irham, Sutomo, Risman Marah, Willy Lesmana, Sandriani Permani, Lateevhaq, dan Sambodo.

Sambil menunggu juri menilai dan menentukan foto-foto terbaik, para peserta juga dihibur dengan berbagai permainan dan kuis berhadiah menarik sepanjang acara. Tidak hanya itu, peserta juga disuguhi wawasan dan pengalaman fotografi dari para fotografer terkenal di sesi ProTalk bersama Ashari Yudha, Yuyung Abdi dan Misbachul Munir.

Bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, puluhan Abang None Jakarta juga hadir untuk diperkenalkan kepada para peserta acara sekaligus menjadi objek foto yang menarik dengan busana khas mereka yang mencerminkan salah satu bagian budaya Indonesia.

Acara kemudian diakhiri dengan pengumuman pemenang dan prosesi penyerahan hadiah. Juara Umum Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 – Jakarta dimenangkan oleh AP Hari Wibowo. Ia berhak membawa pulang kamera mirrorless Canon EOS M5 dan lensa EF-M 18-150mm.

Hari juga berhak mengikuti trip ke Jepang bersama dengan juara umum dari Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 – Yogyakarta, yang akan mewakili Indonesia untuk berkompetisi dengan juara utama dari negara-negara penyelenggara Canon PhotoMarathon Asia 2019 lainnya.

Setelah Jakarta, Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 akan berlanjut ke kota Yogyakarta tanggal 3 November 2019.



Sumber: Suara Pembaruan