Brisbane Roar Jalin Kerja Sama dengan Arema

Brisbane Roar Jalin Kerja Sama dengan Arema
Arema Cronus ( Foto: Antara/Rosa Panggabean )
Aries Sudiono Jumat, 28 November 2014 | 12:11 WIB

Malang - Tim juara Liga Australia 2014 Brisbane Roar mengunjungi markas Arema Cronus Indonesia Malang, untuk membahas kerja sama terkait kompetisi musim depan kedua tim.

Kerja sama itu mulai dari mencari calon pemain, saling tukar-menukar pemain, hingga laga persahabatan atau laga uji coba. Tak hanya itu. Rencananya juga akan dijalin kerja sama bisnis yang melibatkan antarsponsor dari masing-masing klub jika hendak mengembangkan bisnisnya di Indonesia maupun di Australia.

“Kami berkunjung ke Arema untuk membicarakan kerja sama dalam berbagai hal, seperti pertukaran pemain, bisnis dan uji coba. Bahkan, kami mencari pemain yang bisa memperkuat tim kami musim depan (Oktober-April),” ujar Direktur Pengelola Brisbane Roar Sean Dobson kepada wartawan yang menemuinya di markas Arema di Kota Malang, Kamis (27/11).

Lebih lanjut dikemukakan, saat-saat jeda kompetisi seperti sekarang ini Brisbane Roar diakui sedang mencari pemain asing. Terlebih lagi di Australia setiap klub boleh dihuni lima pemain asing dan salah satunya harus pemain Asia. “Slot pemain Asia itulah yang saat ini kami cari untuk bergabung dengan Brisbane Roar,” ujar Sean.

Sean berharap bisa menemukan pemain asal Indonesia. Karena, menurutnya, banyak keuntungan yang diperoleh klub, yakni dari segi penonton di Australia sendiri, jika ada pemain asal Indonesia akan menambah jumlah penonton (Indonesia) yang hadir ke stadion.

“Musim lalu, ada pemain Arema yang bermain di Australia, yakni Yandi Sofyan. Yandi memiliki masa depan cerah di sepak bola karena dia merupakan pemain yang potensial dan setelah masa kontraknya berakhir terserah dia, apakah mau bermain di Australia atau kembali ke Indonesia," kata Sean.

Sean menjelaskan, para pemain muda asal Indonesia yang bermain di Australia, dijamin kelanjutan pendidikannya, termasuk Brisbane Roar yang bekerja sama dengan universitas dan lembaga pendidikan di Australia untuk mengirimkan pemain. Namun, kemampuan bahasa Inggris mereka harus diasah dulu.

Dalam waktu dekat ini, kedua tim akan menggelar pertandingan uji coba, yang rencananya akan digelar di Malang dan atau Australia. Menurut Sean, laga itu bisa dengan format laga kandang atau luar kandang (home and away), yakni Arema ke Australia dan Brisbane Roar ke Malang.

Selain dengan Arema, Brisbane Roar juga ingin menjalin kerja sama dengan klub-klub ternama di Indonesia lainnya, termasuk Persebaya Surabaya dan klub-klub besar yang memiliki dukungan suporter hingga puluhan ribu orang.