Piala Raja

Barcelona Tumbang di Kandang Levante

Barcelona Tumbang di Kandang Levante
Striker Levante, Borja Mayoral (tengah), lewat dari kawalan dua pemain barcelona, Arturo Vidal (kiri) dan Juan Brandariz. ( Foto: AFP PHOTO )
Jaja Suteja / JAS Jumat, 11 Januari 2019 | 05:42 WIB

Valencia - Barcelona secara mengejutkan tumbang 1-2 di kandang Levante dalam laga pertama babak 16 besar Piala Raja (Copa del Rey), Kamis (10/1) atau Jumat dini hari WIB.

Bermain di Stadion Ciutat de Valencia, gawang Barcelona sudah bobol dua kai saat laga baru berjalan 18 menit. Gawang Barca yang malam itu dijaga Jesper Cillessen kemasukan ketika pertandingan memasuki menit keempat oleh aksi Erick Cabaco.

Umpan kaki kiri Ruben Rochina dari sayap kiri disambut dengan sundulan sempurna oleh Cabaco dari tengah kotak penalti. Skor pun berubah 1-0. 

Borja Mayoral menambah keunggulan tuan rumah 14 menit kemudian. Striker bernomor punggung ini memaksimalkan sodoran yang dikirim Kevin Prince Boateng. 

Barcelona berupaya sekuat tenaga untuk bisa bangkit dan menyamakan skor. Upaya mereka menjebol gawang Levante baru berhasil pada menit ke-85, itupun lewat titik penalti.

Wasit menunjuk titik putih setelah Coke menjatuhkan striker Barca, Luis Suarez, yang berupaya mendobrak barisan belakang. Philippe Coutinho tampil sebagai algojo dan dengan tenang memperdaya kiper Aitor Fernandez.

Meski kalah bukan berarti peluang Barca melaju ke perempat final telah padam. Mereka bisa membalikkan keadaan saat menjadi tuan rumah dalam pertandingan kedua 16 Januari mendatang.

Sementara dalam pertandingan lainnya, Valencia mempermulus jalan ke delapan besar setelah menundukkan tuan rumah Athletic Bilbao, 3-1. Nolito membuka kemenangan tim tamu melalui gol pada menit keenam. 

Bilbao sempat menyamakan skor pada menit ke-49 melalui aksi Mikel San Jose. Namun dua gol yang dilesakkan Andre Silva pada menit ke-53 serta aksi Wissam Ben Yedder (77) membuat skuat asuhan Marcelino bisa sedikit bersantai dalam laga kedua pada 16 Januari nanti.

Di tempat lainnya, Real Betis tak mampu memanfaatkan status sebagai tuan rumah dan hanya bermain imbang tanpa gol saat menjamu Real Sociedad.



Sumber: Football Espana