Kasus Pajak, Mourinho Divonis Hukuman Percobaan Setahun

Kasus Pajak, Mourinho Divonis Hukuman Percobaan Setahun
Jose Mourinho. ( Foto: AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Rabu, 6 Februari 2019 | 11:06 WIB

Madrid, Beritasatu.com - Mantan pelatih Real Madrid Jose Mourinho menerima hukuman percobaan satu tahun setelah pengadilan Spanyol memutuskannya bersalah atas penipuan pajak di Spanyol pada hari Selasa (5/2). Mourinho tidak perlu menjalani hukuman setelah mengakui bahwa ia melakukan penipuan pajak pada tahun 2011 dan 2012.

Seperti diketahui pelaku yang untuk pertama kalinya dijatuhkan vonis hukuman selama dua tahun atau kurang dapat ditangguhkan di Spanyol.

Mourinho muncul di hadapan seorang hakim di pengadilan Madrid untuk mengonfirmasi perjanjian pembelaan yang telah dicapai dengan jaksa penuntut. Sebagai bagian dari kesepakatan, ia juga harus membayar denda hampir 2 juta euro ($ 2,2 juta).

Mourinho dituduh menipu otoritas pajak Spanyol sebesar 3,3 juta euro ($ 3,7 juta) dalam pajak yang belum dibayar. Uang itu melibatkan pendapatan dari hak imej, bukan gaji yang dibayarkan oleh Real Madrid. Dia sudah membayar sebagian dari jumlah utangnya tahun lalu.

Sebelumnya Mourinho muncul di hadapan hakim pada tahun 2017 dan membantah melakukan kesalahan. Dia mengklaim telah membayar semua hutang kepada otoritas pajak Spanyol selama melatih Real Madrid. Dia mengatakan dia meninggalkan negara itu pada tahun 2013 dengan meyakini telah mengikuti kewajiban pajaknya.



Sumber: The Nations