Pique Buka Peluang Bela Spanyol di Olimpiade

Pique Buka Peluang Bela Spanyol di Olimpiade
Selebrasi bek timnas Spanyol, Gerard Pique (kanan) usai melakukan tendangan penalti dalam laga 16 besar Piala Dunia 2018 antara Rusia melawan Spanyol di Stadion Luzhniki, Rusia, 1 Juli 2018. ( Foto: AFP / Juan Mabromata )
/ JAS Jumat, 1 November 2019 | 06:23 WIB

Barcelona, Beritasatu.com - Bek tengah Barcelona Gerard Pique mengungkapkan bahwa ia terbuka terhadap opsi untuk membela timnas Spanyol di Olimpiade 2020.

"Anda tidak pernah tahu, Anda tidak pernah tahu," kata Pique kepada Cadena SER saat ditanyai apakah dirinya akan menolak kesempatan memperkuat timnas Spanyol pada Olimpiade di Jepang.

"Dalam hidup Anda tidak perlu menutup peluang terhadap semua hal. Saya tidak pernah menyingkirkan apa pun dalam hidup. Itu dapat saja terjadi. Mengapa tidak?" lanjutnya.

Pada tahun lalu, Pique mengonfirmasi bahwa dirinya pensiun dari timnas setelah Piala Dunia di Rusia. Sepanjang turnamen itu, ia kerap menerima cemoohan dari para penggemar Spanyol karena memberikan dukungan kepada kemerdekaan Katalunya.

Pada awal bulan ini, kapten Real Madrid Sergio Ramos menyatakan bahwa ia tidak akan menolak kesempatan untuk bermain bagi Spanyol di Olimpiade, meski kompetisi di pesta olahraga multicabang itu dimulai dua pekan setelah final Piala Eropa 2020.

Ramos dan Pique, meski merupakan dua pemain tangguh di jantung pertahanan Spanyol selama bertahun-tahun, memiliki hubungan yang panas sebagai rival di dalam dan di luar lapangan.

Jika Pique dan Ramos memperkuat Spanyol pada Olimpiade Jepang, mereka akan mengisi dua dari tiga spot yang tersedia untuk pemain-pemain senior. Pemain-pemain lain di skuat Olimpiade harus berusia 23 tahun atau lebih muda.

Spanyol memenangi medali emas pada Olimpiade Barcelona 1992. Mereka kemudian mencapai perempat final pada Olimpiade Atlanta 1996, dan meraih medali perak pada Olimpiade Sydney 2000.

Namun Spanyol tidak mampu lolos kualifikasi untuk tampil pada Olimpiade Athena 2004, Olimpiade Beijing 2008, serta Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Pada Olimpiade London 2012, langkah Spanyol terhenti di fase grup.



Sumber: ANTARA/Cadena Sar