Messi Bawa Kembali Barca ke Puncak Klasemen

Messi Bawa Kembali Barca ke Puncak Klasemen
Lionel Messi merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Atletico Madrid di Wanda Metropilitano, Senin, 2 Desember 2019. ( Foto: AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Senin, 2 Desember 2019 | 05:12 WIB

Madrid, Beritasatu.com - Gol semata wayang yang dicetak Lionel Messi mengantarkan kemenangan tipis 1-0 Barcelona atas Atletico Madrid dalam lanjutan La Liga di Stadion Wanda Metropolitano, Senin (2/12/2019). Hasil ini membuat Barcelona kembali menguasai pemuncak klasemen La Liga dengan poin 31. Sementara Atletico tertahan di peringkat keenam dengan poin 25.

Barca mendapat perlawanan sengit dari tuan rumah sepanjang 90 menit pertandingan. Sejak menit awal babak pertama, Barca berusaha menekan pertahanan lawan. Sayangnya, beberapa peluang yang didapat gagald ikonversi menjadi gol. Atletico juga merespons dengan melancarkan serangan.

Peluang emas didapat Atletico ketika tendangan Koke dibelokkan oleh Junior Firpo di menit keenam dan bola hanya mengenai tiang gawang. Sepakan Morata juga masih bisa dibelokkan Gerard Pique. Lalu sundulan Felipe meneruskan umpan tendangan bebas Trippier juga masih melambung. 

Dua menit kemudian, Morata dijatuhkan di dekat kotak penalti oleh Firpo. Tetapi tembakan Koke masih gagal dimanfaatkan. Beberapa saat kemudian, Hermoso mendapatkan peluang satu lawan satu. Beruntung Barcelona masih memiliki Ter Stegen yang mampu melakukan blok.

Sejumlah peluang didapat Barca lewat ancaman Messi, Griezmannn dan Luis Suarez yang masih belum berbuah gol. Alhasil, babak pertama ditutup dengan skor imbang 0-0. 

Di babak kedua, pertandingan tetap diwarnai jual beli serangan. Barcelona masih mengurung pertahanan Atletico. Tetapi hingga 10 menit atau menit ke-55, bola masih sulit untuk dialirkan di kotak penalti lawan.

Justru kemudian Atletico mendapatkan peluang emas dari serangan balik satu menit kemudian. Tetapi tembakan Partkey ataupun Koke masih sama-sama mendapatkan blok.

Messi yang melakukan tekanan dari sisi kanan di menit ke-65 mendapatkan pressing ketat dari Koke. Keadaan ini membuat serangan tersebut gagal berbahaya dan Messi justru melakukan pelanggaran kepada Koke.

Dua menit kemudian, Atletico mendapatkan tendangan bebas dan Ter Stegen kembali melakukan penyelamatan. Morata mendapatkan peluang saat serangan yang dia lakukan dari sisi kiri lolos. Namun, Pique tidak membiarkannya dengan mudah sehingga dia melakukan telek yang membuat Morata tersungkur.

Uniknya, tidak ada kartu kuning yang diberikan kepada bek Barcelona itu sehingga membuat pelatih Simeone marah-marah di tepi lapangan.

Kebuntuan Barcelona akhirnya terpecahkan di menit ke-85. Messi menggiring bola dari sisi kanan, dia kemudian melakukan kerja sama dengan Suarez. Sejurus kemudian, tembakan kaki kiri mendatar dia lepaskan tanpa bisa dijangkau Oblak. Upaya Atletico untuk bisa menyamakan skor tidak berbuah hasil sampai peluit panjang berbunyi.

Susunan Pemain
Atlético Madrid: Oblak; Trippier, Felipe, Hermoso, Ñíguez; Correa, Herrera, Partey, Koke; Félix, Morata.

Barcelona: Ter Stegen; Roberto, Lenglet, Piqué, Firpo; De Jong, Rakitić, Arthur; Messi, Griezmann, Suárez.



Sumber: Goal