Hattrick Assist Messi Antarkan Kemenangan Barcelona

Hattrick Assist Messi Antarkan Kemenangan Barcelona
Lionel Messi dipeluk rekan-rekannya usai membidani gol yang dicetak Frenkie De Jong ke gawang Real Betis, Minggu, 9 Februari 2020. ( Foto: CRISTINA QUICLER / AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Senin, 10 Februari 2020 | 06:05 WIB

Betis, Beritasatu.com - Meski tidak mencetak gol, Lionel Messi menjadi inspirasi kemenangan Barcelona mengalahkan Real Betis 3-2 dalam lanjutan La Liga Spanyol pekan ke-23 di Benito Villamarin, Senin (10/2/2020) dini hari WIB. Tiga assist dikemas Messi untuk gol yang masing-masing dicetak Frankie De Jong, Segi Busquets, dan Clement Lenglet. 

Kemenangan ini membuat Barca kini mengumpulkan 49 poin dan tetap menjaga persaingan dengan Los Blancos dalam perebutan gelar. Sementara itu, Real Betis berada di urutan ke-13 dengan raihan 28 poin.

Betis unggul terlebih dahulu setelah mendapat penalti ketika pertandingan baru berjalan empat menit. Penalti diberikan setelah Clement Lenglet dinyatakan VAR melakukan handball. Sergio Canales sukses menjalankan tugasnya pada menit keenam dengan melepaskan tendangan kaki kirinya ke arah pojok kiri bawah gawang.

Hanya berselang tiga menit, Barcelona menyamakan kedudukan lewat gol Frenkie De Jong dengan finishing tendangan voli kaki kanannya dari jarak sangat dekat, meneruskan umpan terobosan dari Lionel Messi.

Memasuki menit ke-23, Messi nyaris membawa Barcelona unggul ketika bintang asal Argentina itu mendapat umpan dari Antoine Griezmann di sisi kanan, namun tendangan kaki kanannya bisa diamankan kiper Joel Robles.

Real Betis akhirnya bisa balik unggul lagi pada menit ke-26. Berawal dari Arturo Vidal yang kehilangan bola, Guido Rodriguez mengirim umpan kepada Canales, yang kemudian meneruskannya kepada Nabil Fekir. Sang Striker memasuki kotak penalti dan melepaskan tendangan dengan kaki kirinya ke arah pojok kanan bawah gawang tanpa bisa diantisipasi Marc-Andre Ter Stegen.

Nelson Semedo berhasil memanfaatkan kelengahan Alex Moreno dan melepaskan tendangan mendatar, namun usahanya bisa diblok Marc Bartra. Barca menyamakan skor di masa injury time melalui gol Sergio Busquets setelah mendapat umpan dari Messi lewat tendangan bebas. Tendangan kaki kirinya dari jarak enam yard yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang tidak mampu dihalau Robles.

Robles melakukan dua penyelamatan besar atas Messi di 15 menit pembuka di babak kedua ketika tim tamu mendominasi penguasaan bola, namun mereka tidak mencetak gol keunggulan.

Clement Lenglet membawa Barcelona kini balik unggul dengan golnya pada menit ke-72 lewat sundulan kepala setelah memanfaatkan umpan crossing dari Messi lewat tendangan bebas.

Real Betis harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-76 setelah Fekir mendapat kartu kuning kedua alias kartumerah akibat pelanggarannya terhadap Lenglet.

Barcelona juga harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Lenglet mendapat kartu kuning kedua alias kartu merah pada menit ke-79 akibat pelanggarannya terhadap Joaquin.

Susunan Pemain

Real Betis (4-2-3-1): Joel Robles; Emerson, Aissa Mandi, Marc Bartra, Alex Moreno; Guido Rodriguez, William Carvalho; Nabil Fekir, Sergio Canales, Carles Alena; Borja Iglesias.

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Samuel Umtiti, Clement Lenglet, Junior Firpo; Arturo Vidal, Sergio Busquets, Frenkie de Jong; Sergi Roberto, Lionel Messi, Antoine Griezmann.



Sumber: Goal