Logo BeritaSatu

WADA Audit Badan Antidoping Indonesia Tahun Depan

Senin, 28 November 2022 | 03:41 WIB
Oleh : JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Anti-Doping Dunia (WADA) bakal melakukan audit Organisasi Anti-Doping Indonesia (IADO) pada tahun depan untuk memastikan kepatuhan terhadap World Anti-Doping Code.

Ketua IADO Gatot S Dewa Broto mengatakan audit tersebut meliputi seluruh peraturan, kecukupan anggaran dari pemerintah, kecukupan Sumber Daya Manusia (SDM), dan seluruh kegiatan edukasi pada seluruh induk organisasi cabang olahraga.

Advertisement

"Selain itu juga metode dan prosedur testing baik ICT (in competition testing) maupun OOCT (out of competition testing), pelaksanaan ADAMS (Anti-Doping Administration and Management System) yang terhubung langsung dengan WADA, komunikasi dengan laboratorium anti-doping yang terakreditasi WADA, kompetensi DCO (Doping Control Officer), dan lain sebagainya," kata Gatot dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (27/11/2022).

Sebagai bagian dari persiapan audit dari WADA tersebut, lanjut Gatot, IADO mendapat supervisi dari Japan Anti-Doping Agency (JADA) pada pekan lalu.

"JADA mengunjungi IADO selama tiga hari kerja untuk mensupervisi bagaimana mengatasi dan mengantisipasi audit tersebut. Sebagai konsekuensinya, IADO harus bekerja keras untuk mengundang seluruh pemangku kepentingan untuk lebih memahami betapa pentingnya gerakan anti-doping ini," ujar Gatot menambahkan.

Untuk itu, IADO juga memiliki agenda mengadakan Forum Anti-Doping Nasional di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (30/11). Gatot mengungkapkan kegiatan ini akan dihadiri perwakilan dari WADA dan Organisasi Anti-Doping Regional Asia Tenggara (SEARADO).

IADO sengaja mengundang kedua organisasi internasional tersebut dengan harapan dapat mengidentifikasi, melakukan mapping, dan pemberian rekomendasi apa saja yang seharusnya dilakukan oleh IADO saat ini dan selanjutnya.

"Kontribusi WADA dan SEARADO memagang peranan yang sangat penting untuk memberikan nasihat, rekomendasi, dan komentar kritis pada IADO. Itulah sebabnya WADA dan SEARADO sengaja diundang pada forum yang akan dibuka secara resmi oleh Menpora Zainudin Amali ini," kata Gatot.

IADO, lanjut Gatot, perlu mendapat masukan karena Indonesia akan menjadi tuan rumah berbagai ajang internasional seperti Piala Dunia FIFA U-20, Piala Dunia FIBA, ANOC World Beach Games 2023.

Selain itu, Indonesia akan turut serta pada sejumlah ajang internasional seperti SEA Games XXXII/2023 di Phnom Penh, Kamboja dan Asian Games XIX/2022 di Hangzhou, China, serta yang lainnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tantangan Tim Piala Davis Indonesia Masih Berlanjut

Tim Piala Davis Indonesia berhasil memenangi babak play off dan bertahan di Grup II Davis Cup usai menekuk Vietnam, 3-2.

SPORT | 6 Februari 2023

Piala Davis 2023: Tekuk Vietnam, Indonesia Bertahan di Grup Dunia II

Indonesia bertahan di Grup Dunia ll Piala Davis 2023, setelah mengalahkan Vietnam 3-2 pada babak play off, Minggu (5/2/2023).

SPORT | 5 Februari 2023

Tekuk Pertamina, STIN BIN Tempati Posisi Teratas Klasemen Proliga

Tim putra Jakarta STIN BIN menempati posisi teratas klasemen sementara PLN Mobile Proliga 2023 usai menundukkan Jakarta Pertamina Pertamax, 3-2.

SPORT | 5 Februari 2023

BNI 46 Buka Peluang Lolos ke Final Four Proliga

Tim putra Jakarta BNI 46 membuka peluang lolos ke final four PLN Mobile Proliga 2023 usai menundukkan Kudus Sukun Badak, 3-0.

SPORT | 5 Februari 2023

Herry IP: Meski Juara, Performa Leo/Daniel di Final Thailand Masters Tidak Maksimal

Herry IP mengungkapkan Leo/Daniel tidak dalam performa terbaiknya meski menjuarai Thailand Masters 2023.

SPORT | 5 Februari 2023

The Babies Juara Thailand Masters kendati Leo FLu dan Kaki Daniel Nyeri

The Babies ini bersyukur bisa juara Thailand Masters meski Leo kurang fit karena flu dan Daniel juga masih merasakan nyeri pada kakinya.

SPORT | 5 Februari 2023

Leo/Daniel Juara Thailand Masters 2023

Ganda putra Indonesia Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Leo/Daniel) menjadi juara Thailand Masters 2023.

SPORT | 5 Februari 2023

F1: Vertappen Waspadai Ancaman Ferrari dan Mercedes

Max Verstappen yang meraih rekor 15 kemenangan dan 454 poin selama musim 2022 menilai kedua tim memiliki performa yang baik dan cenderung meningkat.

SPORT | 5 Februari 2023

MotoGP: Ducati Tak Cemas dengan Kepindahan Jack Miller ke KTM

Jack Miller telah menjadi bagian penting dalam pengembangan motor Ducati yang kini memutuskan hengkang ke KTM dalam balapan MotoGP 2023.

SPORT | 5 Februari 2023

Thailand Masters 2023: Leo/Daniel Harapan Tersisa Indonesia Raih Gelar

Dengan ini Leo/Daniel akan menghadapi pasangan Taiwan, Su Ching Hen/Ye Hong Wei di babak final Thailand Masters 2023

SPORT | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Miris, Bocah 12 Tahun Dipukuli, Disiram Air Panas, dan Ditelantarkan Ibu

Miris, Bocah 12 Tahun Dipukuli, Disiram Air Panas, dan Ditelantarkan Ibu

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE