Logo BeritaSatu

WADA Audit Badan Antidoping Indonesia Tahun Depan

Senin, 28 November 2022 | 03:41 WIB
Oleh : JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Anti-Doping Dunia (WADA) bakal melakukan audit Organisasi Anti-Doping Indonesia (IADO) pada tahun depan untuk memastikan kepatuhan terhadap World Anti-Doping Code.

Ketua IADO Gatot S Dewa Broto mengatakan audit tersebut meliputi seluruh peraturan, kecukupan anggaran dari pemerintah, kecukupan Sumber Daya Manusia (SDM), dan seluruh kegiatan edukasi pada seluruh induk organisasi cabang olahraga.

Advertisement

"Selain itu juga metode dan prosedur testing baik ICT (in competition testing) maupun OOCT (out of competition testing), pelaksanaan ADAMS (Anti-Doping Administration and Management System) yang terhubung langsung dengan WADA, komunikasi dengan laboratorium anti-doping yang terakreditasi WADA, kompetensi DCO (Doping Control Officer), dan lain sebagainya," kata Gatot dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (27/11/2022).

Sebagai bagian dari persiapan audit dari WADA tersebut, lanjut Gatot, IADO mendapat supervisi dari Japan Anti-Doping Agency (JADA) pada pekan lalu.

"JADA mengunjungi IADO selama tiga hari kerja untuk mensupervisi bagaimana mengatasi dan mengantisipasi audit tersebut. Sebagai konsekuensinya, IADO harus bekerja keras untuk mengundang seluruh pemangku kepentingan untuk lebih memahami betapa pentingnya gerakan anti-doping ini," ujar Gatot menambahkan.

Untuk itu, IADO juga memiliki agenda mengadakan Forum Anti-Doping Nasional di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (30/11). Gatot mengungkapkan kegiatan ini akan dihadiri perwakilan dari WADA dan Organisasi Anti-Doping Regional Asia Tenggara (SEARADO).

IADO sengaja mengundang kedua organisasi internasional tersebut dengan harapan dapat mengidentifikasi, melakukan mapping, dan pemberian rekomendasi apa saja yang seharusnya dilakukan oleh IADO saat ini dan selanjutnya.

"Kontribusi WADA dan SEARADO memagang peranan yang sangat penting untuk memberikan nasihat, rekomendasi, dan komentar kritis pada IADO. Itulah sebabnya WADA dan SEARADO sengaja diundang pada forum yang akan dibuka secara resmi oleh Menpora Zainudin Amali ini," kata Gatot.

IADO, lanjut Gatot, perlu mendapat masukan karena Indonesia akan menjadi tuan rumah berbagai ajang internasional seperti Piala Dunia FIFA U-20, Piala Dunia FIBA, ANOC World Beach Games 2023.

Selain itu, Indonesia akan turut serta pada sejumlah ajang internasional seperti SEA Games XXXII/2023 di Phnom Penh, Kamboja dan Asian Games XIX/2022 di Hangzhou, China, serta yang lainnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

One Fight Night 10: Stamp Fairtex Siap Menggoyang Circle di Amerika

Stamp Fairtex menghadapi Alyse Anderson dalam laga MMA divisi atomweight One Fight Night 10 pada 6 Mei 2023.

SPORT | 31 Januari 2023

One Friday Fights 2: Kulabdam Panaskan Persaingan Divisi Bantamweight

Kulabdam meraih kemenangan kedua beruntunnya atas “The Million Dollar Baby” Sangmanee PK.Saenchai pada ajang One Friday Fights 2.

SPORT | 31 Januari 2023

Jojo Salip Anthony Ginting di Peringkat Kedua BWF

Dikutip dari laman resmi BWF, Selasa (31/1/2023), Jojo kini mengoleksi 80.612 poin, unggul dari Anthony dengan total 77.579 poin.

SPORT | 31 Januari 2023

Audi Siap Bersaing di Formula 1 Lewat Sauber

Audi awalnya mengonfirmasi di Grand Prix Belgia tahun lalu bahwa mereka akan bergabung dengan F1 seiring dengan adanya regulasi mesin baru.

SPORT | 31 Januari 2023

Jadwal Thailand Masters 2023 Hari Ini, Fikri/Bagas dan Pramudya/Yeremia Main

Selain babak kualifikasi, beberapa wakil Indonesia akan memulai perjuangannya di babak pertama Thailand Masters 2023 diantaranya M Shohibul Fikri/Bagas Maulana.

SPORT | 31 Januari 2023

23 Pebulutangkis Indonesia Siap Tempur di Thailand Masters 2023

Sebanyak 23 pebulutangkis Indonesia siap tempur di turnamen Thailand Masters 2023 yang digelar di Bangkok, mulai 31 Januari.

SPORT | 30 Januari 2023

10 Alasan Novak Djokovic Pantas Disebut Petenis Terhebat Sepanjang Masa

Dengan sederet prestasi yang ditorehkannya Novak Djokovic sangat pantans disebut sebagai petenis terhebat sepanjang masa. 

SPORT | 30 Januari 2023

Ini Video Saat Leo/Daniel Sabet Juara Indonesia Masters

Leo/Daniel menyabet gelar juara Indonesia Masters setelah menumbangkan ganda Tiongkok, He Ji Ting/Zhou Hao Dong, 21-17, 21-16.

SPORT | 30 Januari 2023

Indonesia Masters: Jokowi Ucapkan Selamat untuk Jojo, Chico, Leo, dan Daniel

Jokowi mengucapkan selamat kepada Jojo, Chico, Leo, dan Daniel yang tampil di final Daihatsu Indonesia Masters 2023.

SPORT | 29 Januari 2023

Indonesia Masters: The Babies Teruskan Tradisi Juara Ganda Putra

The Babies, julukan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, meneruskan tradisi juara ganda putra di turnamen bulutangkis Indonesia Masters.

SPORT | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Soal Isu Reshuffle di Rabu Pon, Mahfud: Itu Urusan Presiden

Soal Isu Reshuffle di Rabu Pon, Mahfud: Itu Urusan Presiden

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE