Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Yayuk Basuki Turun Gunung Gairahkan Petenis Muda Indonesia

Kamis, 1 Desember 2022 | 21:45 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS
Mantan ratu tenis Indonesia, Yayuk Basuki yang turun gunung menggairahkan kembali petenis putri sekaligus menyemangati junior-juniornya di Tanah Air dengan hadir langsung menyaksikan turnamen Rajawali Women’s Tennis Open 2022, Kamis, 1 Desember 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan ratu tenis Indonesia, Yayuk Basuki turun gunung guna menggairahkan kembali petenis putri sekaligus menyemangati junior-juniornya di Tanah Air dengan hadir langsung menyaksikan turnamen Rajawali Women’s Tennis Open 2022.

Ia berharap turnamen yang sedang berlangsung di Lapangan Tenis Hotel Sultan, Jakarta, selama pekan ini, mengawali gairah kompetisi petenis putri di Tanah Air.

"Saya mengapresiasi adanya turnamen ini. Terus terang saja, dengan adanya turnamen ini saya ada harapan lagi," kata Yayuk di Lapangan Tenis Hotel Sultan, Kamis (1/12/2022).

Ditegaskan, tenis putri Indonesia harus bangkit lagi. Itu salah satu alasan dirinya mau hadir menyaksikan turnamen Rajawali Open 2022.

"Petenis putri kita sebenarnya memiliki bangkat yang tak kalah dibanding petenis-petenis luar negeri, hanya saja karena minimnya pertandingan tenis putri menjadikan bakat besar itu tak pernah muncul, seperti di masa saya dulu,” tambah Yayuk.

Menurutnya, kegairahan akan banyaknya turnamen harus dibangkitkan lagi. Ia memberi apresiasi khusus Rajawali Sport yang berani menggagas turnamen khusus putri Rajawali Women’s Open 2022.

“Apresiasi saya berikan kepada Rajawali, dan semoga kan ada lagi sponsor lain yang juga ikut menggelar turnamen serupa agar tenis Indonesia kembali mampu melahirkan petenis seperti saya, Angelique Widjaja dan Wynne Prakusya yang mampu bersaing mengikuti turnamen level tinggi tenis dunia,” ucap Yayuk.

Dijelaskan, peluang tenis putri Indonesia untuk bisa mendunia sangat terbuka.

“Seperti yang saya bilang, bakat petenis putri kita tak kalah dari petenis luar negeri. Tapi kurangnya pertandingan baik di Tanah Air atau mengikuti turnamen di luar negeri menjadikan kita belum lagi berhasil memunculkan bintang tenis," paparnya lagi.

"Tapi saya yakin dengan kegairahan yang coba dibangkitkan, petenisan putri Indonesia akan kembali bergairah hingga akan lahir petenis putri yang bisa membanggakan Indonesia,” urai Yayuk Basuki.

"Paling tidak, harapan pemain putri bisa kembali. Semoga ini menjadi ajang pembuka dan memotivasi lagi untuk pemain putri kita. Dari sini, semoga nanti ada turnamen dengan level yang lebih tinggi," ujar Yayuk Basuki lagi.

Dalam satu tahun, Yayuk Basuki mengungkapkan idealnya ada 10 turnamen lokal untuk petenis putri.

"Turnamen sifatnya open. Artinya bukan kelompok umur. Kalau itu bisa dikombinasikan dengan turnamen internasional akan jauh lebih baik karena untuk mendapatkan peringkat dunia, pemain harus terjun di kompetisi internasional," jelas Yayuk.

"Para pemain harus memiliki poin yang akhirnya menghasilkan peringkat. Kalau di internasional, petenis dituntut untuk bermain 20 hingga 30 turnamen. Setiap pekan turnamen itu ada," pungkas Yayuk.

Rajawali Women's Tennis Open 2022 merupakan ajang hasil kolaborasi Rajawali Sport, Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) dan Women's in Sport NOC Indonesia.

Ajang ini menyediakan 32 slot babak utama tunggal dan 16 ganda. Dengan kata lain, lebih dari 30 petenis dari berbagai daerah turut serta untuk menjadi yang terbaik dalam gelaran yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp100 juta tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI