Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

IESF Bali 14th WEC Jadi Momentum Unjuk Potensi Besar Esports Indonesia

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:42 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WIR
Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Jend Pol (P) Budi Gunawan (tengah) beserta jajaran dari PB ESI.

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Jend Pol (P) Budi Gunawan siap untuk menyuguhkan potensi paling besar dari Indonesia di ajang IESF Bali 14th WEC yang berlangsung hari ini 2-11 November 2022, sekaligus mampu mengangkat industri ekonomi kreatif hingga pariwisata di Tanah Air.

Budi mengungkapkan optimismenya bahwa PBESI akan bisa menjadi organisasi cabang olahraga terbaik dan akan terus mengangkat produk-produk esport Indonesia agar bisa menjadi go internasional.

"Saya berharap PB ESI juga bisa menjadi organisasi cabang olahraga yang terbaik dibandingkan cabor lainnya serta produk-produk Esport dalam negeri ini dapat merajai pasar dalam negeri kita," kata Budi Gunawan secara virtual, Jumat (2/12/2022).

Mengenai cita-cita tersebut, semoga pada ajang esports dunia bertajuk Indonesia Esports Summit 2022 dan 14th World Esports Championships 2022 di Bali pada 2-11 Desember ini , Indonesia dapat meraih prestasi terbaik. Indonesia Harus Sukses Penyelenggaraan dan Prestasi.

Ketua Harian PBESI, Bambang Sunarwibowo juga mengatakan bagaimana optimismenya mengenai gelaran tersebut. Dikatakan, banyak terjadi peningkatan prestasi para atlet esports nasional di kancah internasional, sehingga mampu menguatkan industri ekonomi kreatif dan pariwisata.

“Penyelenggaraan Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships 2022 menjadi salah satu agenda terpenting PBESI tahun ini. PBESI optimis, Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships akan menjadi landasan kuat bagi Indonesia di masa depan sebagai salah satu pusat dan barometer esports dunia,” ujar Bambang.

Menurut Bambang, Indonesia kembali mengukir sejarah, kali ini Indonesia berhasil menjadikan Kejuaraan Dunia Esports masuk dalam Guinness Book World of Record. Masuknya Kejuaraan Dunia Esports yang diadakan di Bali kedalam Guinness Book World of Record karena Kejuaraan Dunia Esports tahun ini menjadi yang terbesar dalam sejarah esport dengan diikuti oleh 105 negara. Selain itu juga menjadi Kejuaraan esports terbesar yang diselenggarakan outdoor.

Menurut Budi, hal tersebut menjadi suatu kebanggaan dan juga membuktikan bahwa Indonesia dalam hal ini PB ESI secara serius mengembangkan Esports agar dapat semakin diminati dan berprestasi di kancah Internasional.

Presiden International Esports Federation(IESF) Vald Marinescu memberikan apresiasi besar kepada Ketum PBESI, Budi Gunawan dan mengatakan kompetisi kelas dunia Esports World Championship ke-14 di Bali tahun 2022 telah dipersiapkan dengan baik. Pihaknya mengapresiasi hal tersebut karena kepanitiaan Indonesia sangat baik dalam mempersiapkannya dan membuat para atlet dan delegasi dari berbagai negara nyaman.

Vlad juga menilai kejuaraan dunia esports kali ini yang diadakan oleh Indonesia pantas dimasukkan dalam Guinness Book World of Record karena menjadi yang terbesar dalam sejarah kejuaraan esports dengan melibatkan banyak negara dan menjadi yang terbesar dibuat di pantai atau outdoor.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali menegaskan bahwa pihaknya akan memberikan dukungan penuh kepada PBESI.

"Kemenpora memberi dukungan kepada PB ESI dalam gelaran Indonesia Esports Summit 2022 dan 14th World Esports Championships 2022i" ujarnya.

Menpora mempunyai harapan besar bahwa dengan gelaran Esports Internasional ini akan bisa banyak memunculkan atlet bangsa ini dalam rangka mengharumkan nama Indonesia.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memunculkan atlet-atlet yang bisa mengharumkan nama bangsa di kancah internasional," sambungnya.

Dalam acara pembukaan IESF Bali 14th WEC, banyak ditampilkan beberapa kebudayaan khas Indonesia yang juga dalam rangka memperkenalkan keberagaman budaya bangsa seperti halnya pembawaan lagu Indonesia Pusaka dengan beberapa koreo. Kemudian juga ditampilkan Tari Saman dan banyak lain, yang mana dikolaborasikan dengan kesenian dunia lainnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI