Logo BeritaSatu

Esports Sisterhood Suarakan Kesetaraan dan Penguatan Peran Perempuan

Senin, 5 Desember 2022 | 07:47 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WIR

Jakarta, Beritasatu.com – Perkumpulan figur-figur perempuan yang tergabung dalam Esports Sisterhood menyuarakan pentingnya equity dan pemberdayaan perempuan di dunia esports.

Keberadaan kaum perempuan diharapkan mampu memberikan kesempatan yang sama besarnya bagi para pro player perempuan untuk bisa semakin berkembang, berdaya dan meningkatkan kontribusinya karena mereka memiliki potensi yang setara dengan pemain laki-laki.

Advertisement

Board of Equity IESF sekaligus inisiator Esports Sisterhood, Diana Sutrisno menegaskan bahwa di antara laki-laki dan perempuan harus ada satu keadilan. Namun hal tersebut sangat berbeda dengan konsep penyamarataan, pasalnya kebutuhan antara keduanya jelas berbeda.

Oleh karena itu, Diana berharap semua pihak bisa saling mendukung sebagaimana kelebihan dan karakteristik alami antara laki-laki dan perempuan.

“Equity yang kami serukan adalah sebuah keadilan. Bukan penyamarataan antara laki-laki dan perempuan. Perempuan dan laki-laki memiliki kebutuhan yang berbeda. Untuk mengoptimalkan peran perempuan, semua pihak diharapkan memberikan dukungan sesuai dengan kelebihan dan karakteristik alami perempuan yang tentunya berbeda dengan laki-laki,” ujarnya dalam diskusi bertajuk Sunset Talk: Equity, Minggu (4/12/2022).

Senada dengan itu, streamer sekaligus pro player asal Indonesia, Sherlintsu kalau kesempatan yang sama juga harus didapatkan oleh para perempuan.

Belum lagi, dia menceritakan bagaimana keresahannya mengenai anggapan yang selama ini beredar kalau seolah-olah jika ada pemain perempuan, maka dia terkesan seperti hanya numpang menang karena kerja para pemain laki-laki.

Banyak pernyataan tersebut tentu bagi Sherlintsu sangatlah mendiskriminasi para perempuan, karena sejatinya para perempuan juga memiliki talenta yang tidak bisa dianggap remeh bahkan setara dengan pro player laki-laki.

“Seolah kemenangan yang didapat tim semata-mata hanya hasil kerja keras para player pria. Sindiran seperti ‘numpang menang’ atau pernyataan seperti ‘di-carry saja’ juga sering didapat perempuan. Tak ayal, hal itu membuat perempuan merasa terdiskriminasi. Meski pada kenyataannya, mereka memiliki skill yang setara dengan pro player pria,” kata Sherlintsu.

Anggota Staf Khusus Kantor Kesekjenan Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) sekaligus inisiator, planner dan eksekutor Esports Sisterhood, Debora Imanuella mengajak kepada semua masyarakat mengenai betapa pentingnya terdapat wadah khusus untuk mengakomodasi para perempuan.

Menurut Debora, wadah tersebut akan bisa menjadikan para perempuan semakin bisa berkompetisi hingga mencetak banyak prestasi. Dia mengajak kepada hadirin yang datang dalam acara diskusi tersebut untuk bisa terus memberikan dukungan mereka.

“Terus berikan dukungan semangat untuk para perempuan agar tidak mudah menyerah dan terus semangat dalam membangun keyakinan diri bahwa perempuan punya potensi besar untuk berdaya, berkembang, dan berkontribusi melalui esports,” pungkas Debora.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Fantastis, Syekh Tamim dari Qatar Siap Beli Manchester United Rp 82,36 T

Emir Qatar, Syekh Tamim bin Hamad al-Thani, yang menyatakan ketertarikan untuk membeli Manchester United.

BOLA | 9 Februari 2023

Tetap di Grup II, Ini Calon Lawan Tim Davis Indonesia

Terdapat 12 calon lawan yang bakal dihadapi Tim Piala Davis Indonesia di Grup Dunia ll Piala Davis, September mendatang.

SPORT | 8 Februari 2023

Red Bull Basketball Championships 2023 Digelar di 10 Provinsi

Red Bull Basketball Championships (RBBC) 2023 akan mulai digelar pada 18 Februari 2023 mendatang dengan Jawa Tengah sebagai seri pembuka.

SPORT | 8 Februari 2023

PLN Siap Jadi Tuan Rumah PLN Mobile Proliga di Malang, 9-12 Februari 2023

Jakarta Elektrik PLN siap menjadi tuan rumah pekan kedua putaran kedua kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023 di GOR Ken Arok, Malang, 9-12 Februari 2023.

SPORT | 8 Februari 2023

Jakarta Elektrik PLN Optimistis Menangi 2 Laga PLN Mobile Proliga 2023 di Malang

Jakarta Elektrik PLN optimistis memenangi dua laga dalam lanjutan kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023 di Malang, 9-12 Februari.

SPORT | 8 Februari 2023

Ketum PSSI dan Shin Tae-yong Mohon Persija-Persib Lepas Pemain ke Timnas U-20

Ada empat pemain Persija dan tiga pemain Persib yang belum bergabung dengan timnas U-20 pada TC persiapan Piala Asia U-20 2023.

BOLA | 8 Februari 2023

Menpora Pastikan PON 2024 Sumut-Aceh Digelar Sesuai Jadwal

Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut-Aceh akan bergulir sesuai rencana, yakni acara pembukaan PON XXI digelar pada 8 September 2024.

SPORT | 8 Februari 2023

Ukir Sejarah, LeBron James Pecahkan Rekor Poin Kareem Abdul Jabbar

LeBron James kini menjadi pebasket pencetak poin terbanyak sepanjang sejarah dengan 38.388 poin, memecahkan rekor Kareem Abdul Jabbar.

SPORT | 8 Februari 2023

Lawan Leeds, Manchester United Menanti Gol Perdana Weghorst

Manchester United akan menjamu Leeds United dalam lanjutan Liga Inggris, di Stadion Old Trafford, Kamis (9/2/2023) dini hari mulai pukul 03.00 WIB.

BOLA | 8 Februari 2023

Pembangunan Venue Penonton F1 Powerboat Danau Toba Hampir Rampung

Venue yang akan digunakan F1 Powerboat sudah hampir rampung, Rabu 8 Februari 2023

SPORT | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menteri Luhut Tegaskan Bakal Tindak Pelaku Penimbunan MinyaKita

Menteri Luhut Tegaskan Bakal Tindak Pelaku Penimbunan MinyaKita

NASIONAL | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE