Logo BeritaSatu

Perbasi Ingin Pemain Indonesia Patriots Berkembang di IBL

Kamis, 13 Januari 2022 | 16:42 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia Patriots akan kembali meramaikan Indonesian Basketball League (IBL) 2022 yang akan digelar mulai 15 Januari nanti. Mereka akan bermain total karena di sinilah para pemain muda mendapatkan jam terbang sekaligus mengembangkan kemampuan sebelum terjun di kejuaraan internasional.

"PP Perbasi menurunkan pemain muda di IBL karena ingin memberikan jam terbang kepada mereka agar lebih berkembang. Dengan ditempa di kompetisi akan membuat mereka menjadi pemain yang lebih matang ke depannya. Mereka diharapkan bisa menjadi pelapis di timnas," terang Ketum PP Perbasi, Danny Kosasih dalam konferensi secara daring, Kamis (13/1/2022).

"Pelatih Timnas (Rajko Toroman) juga akan terbantu jika IBL diramaikan pemain muda. Stok pemain jadi melimpah dan itu akan memudahkannya dalam membangun tim," lanjutnya.

Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi menyatakan secara kualitas, para pemain muda di Indonesia Patriots tidak diragukan lagi. Namun mereka butuh pengalaman bertanding. "Dengan diasah terus di kompetisi, diharapkan ke depan mereka bisa menjadi andalan menghadapi berbagai kejuaraan internasional," jelas Nirmala.

Terdekat, Indonesia akan dihadapkan multievent antarnegara ASEAN, SEA Games XXXI Mei nanti di Hanoi. Pada ajang itu, mereka nanti akan jadi tumpuan dan akan diperkuat pemain senior yang kini menjadi andalan di masing-masing tim dalam kompetisi IBL. Di antaranya ada Andhakara Prastawa, Lester Prosper, Brandon Jawato, Arki Dikania Wisnu, Abraham Damar Grahita, dan pemain berkualitas lainnya pilihan pelatih.

Manajer Tim Indonesia Patriots Jamin Mattotoran menambahkan, bermain di kompetisi juga menjadi sarana pelatih mematangkan strategi bermain ala Rajko Toroman melalui Coach Milos Pejic. Harapannya, saat pemain muda ini nanti gabung bersama pemain senior di timnas tidak butuh waktu lama untuk adaptasi strategi.

"Bermain di kompetisi IBL akan mengasah kemampuan bermain pemain Indonesia Patriots sekaligus mengaplikasikan sistem strategi dan taktik Coach Milos yang selaras dengan arahan dari Coach Rajko Toroman. Sehingga saat pemain muda ini bergabung dengan timnas senior tidak butuh waktu lama untuk adaptasi lagi. Kami tentunya mohon dukungan dari masyarakat dan juga dari rekan klub IBL untuk selalu mendukung tim ini menjadi lebih matang," terang Jamin.

Apalagi, Pelatih Indonesia Patriots Milos Pejic tidak masalah tim asuhannya diisi pemain usia muda dan minim pengalaman. Sebaliknya, dia tertantang meramu mereka menjadi tim kuat.

Ini sesuai dengan tujuan dibuatnya tim ini yang dipersiapkan untuk masa depan. Dan, IBL diharapkan bisa membantu mereka berkembang menjadi lebih baik.

"Tim Patriots sangat muda dan belum berpengalaman dalam mengikuti seri IBL ini, namun kami percaya terhadap ide tim ini dipersiapkan untuk masa depan Indonesia. Target kami di IBL adalah mempercepat proses penyerapan strategi pelatih selama kompetisi dan dengan semangat muda mereka saya yakin bisa terwujud," ucap Milos.

Milos pun tidak akan memikirkan hasil dari setiap pertandingan di IBL. Terpenting, setiap pemain memberikan yang terbaik di setiap game. "Harapan kami, tim ini bisa memenangkan beberapa game selama seri IBL," tukas arsitek berpaspor Serbia ini.

Kapten Indonesia Patriots Ali Bagir Al Hadar berharap dengan bermain di IBL mendapatkan pengalaman bermain pada level tertinggi bola basket di Indonesia. Bersama rekan setimnya, akan berjuang pantang menyerah untuk mendapatkan hasil terbaik. Sekalipun tim ini diisi pemain muda dengan pengalaman belum sebanyak pemain senior di tim lainnya.

"Ke depannya jika saya bisa dipercaya untuk membela timnas senior, saya akan memberikan permainan terbaik saya untuk negeri ini," jelas Ali Bagir.

Direktur IBL Junas Miradiarsyah mengatakan, meski Indonesia Patriots dihuni pemain muda tidak ada keistimewaan bagi mereka. Di IBL, mereka tetap akan melawan tim lain dengan kekuatan penuh, dengan pemain asing yang dimiliki. Kebijakan ini diambil untuk menguatkan mental pemain dalam berproses.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Beckham Dikeluarkan dari Pesawat Gara-gara Sabuk Pengaman

Pemain NFL, Beckham Jr dikeluarkan dari pesawat di Bandara Miami, Amerika, gara-gara tidak mengenakan sabuk pengaman.

SPORT | 28 November 2022

WADA Audit Badan Antidoping Indonesia Tahun Depan

WADA bakal melakukan audit IADO pada tahun depan untuk memastikan kepatuhan terhadap World Anti-Doping Code.

SPORT | 28 November 2022

Peserta Apresiasi Kategori Eco Run Fest 2022

Ribuan peserta mengikuti ajang balap lari Pertamina Eco Run Fest 2022 di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu (27/11/2022).

SPORT | 27 November 2022

JMTB Dorong Pengembangan Atlet Sepeda Usia Dini Lewat Pushbike

Journalist Mountain Bike (JMTB) turut mengambil bagian dalam pengembangan bibit pesepeda di kalangan anak-anak.

SPORT | 27 November 2022

8.000 Peserta Antusias Ikuti Pertamina Eco Run Fest 2022

Sebanyak 8.000 peserta mengikuti ajang lomba lari Pertamina Eco Run Festival 2022 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (27/11/2022).

SPORT | 27 November 2022

Ribuan Pelari Ramaikan Highlands Half Marathon di Sentul City

Ribuan pelari meramaikan ajang lomba lari massal jalan raya Highlands Half Marathon (HHM) 2022 di kawasan Sentul City, Kabupaten Bogor.

SPORT | 27 November 2022

Pertamina Eco Run Fest 2022 Resmi Dibuka

Event lari Pertamina Eco Run resmi digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada hari ini, Minggu (27/11/2022).

SPORT | 27 November 2022

Gregoria Tak Menyangka Tampil di BWF World Tour Finals 2022

Gregoria Mariska Tunjung tidak menyangka tampil di BWF World Tour Finals 2022 yang akan dihelat pada 7-11 Desember di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand.

SPORT | 26 November 2022

Ternadi Bike Park Jadi Arena 76 Indonesian Downhill 2022

Ternadi Bike Park yang berada di kaki Gunung Muria ini memiliki panjang trek 2,3 km dan lebar trek 1,5 meter dan terdaftar sebagai kategori C1 di UCI.

SPORT | 26 November 2022

Rajawali Women’s Tennis Open 2022 Jadi Ajang Seleksi Petenis Putri

Turnamen nasional bertajuk Rajawali Women's Tennis Open 2022 akan menjadi ajang seleksi petenis putri nasional.

SPORT | 25 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Komisi III DPR Puji Langkah Kejagung Sita Aset Benny Tjokro

Komisi III DPR Puji Langkah Kejagung Sita Aset Benny Tjokro

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE