Logo BeritaSatu

Perbakin Berharap Adanya Diskresi Karantina PesertaISSF Grand Prix Rifle

Jumat, 21 Januari 2022 | 22:54 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Pengurus Besar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (PB Perbakin) berharap adanya diskresi karantina bagi pelaku olahraga. Hal ini mengingat Perbakin akan menjadi tuan rumah ISSF Grand Prix Rifle/Pistol di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta.

Perbakin masih berjuang agar seluruh atlet, pelatih, ofisial, dan delegasi dari luar negeri yang datang bisa mendapat diskresi karantina.

Sekjen PB Perbakin Hendry Oka bersyukur, NOC Indonesia (KOI) berkenan menampung aspirasi federasi olahraga nasional untuk mengusulkan adanya diskresi karantina bagi pelaku olahraga. Oka berharap bantuan dan dukungan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari akan memudahkan langkah Perbakin menggelar event internasional.

“Perjuangan NOC Indonesia di bawah pimpinan Pak Okto sangat besar. Effort mereka memajukan olahraga sangat maksimal, mulai dari menyelesaikan sanksi WADA terhadap LADI. Dunia olahraga butuh diplomasi tingkat tinggi seperti yang dilakukan Pak Okto, terutama terkait kebutuhan diskresi karantina bagi pelaku olahraga dapat terealisasi. Kami percaya beliau dapat menyuarakan aspirasi ini,” kata Oka, dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Jumat (21/1/2022).

Bagi Perbakin, dikatakan Oka, diskresi karantina sangat diperlukan. Apalagi kami berencana menggelar Grand Prix yang menjadi tolak ukur ISSF (federasi Menembak internasional) agar Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia. Sebab, event ini menjadi acuan mereka untuk melihat kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah World Cup.

“Izinkan kami mendapat kabar bahagia yang sempurna. Jika diskresi karantina untuk pelaku olahraga bisa direaliasikan segera, terutama di Grand Prix, kegembiraan kami terasa lengkap. Sebab, kita juga akan mendapat kabar gembira kalau bendera Merah Putih bisa dikibarkan lagi pada bulan depan,” lanjut Eka.

Sebelumnya Ketua KOI Raja Sapta Oktohari dalam paparan di depan Menpora, menyampaikan kebijakan karantina panjang bagi pelaku olahraga sangat memengaruhi kebugaran atlet. Terlebih, atlet pemusatan latihan nasional (pelatnas) yang berlatih dengan Biaya APBN.

Dalam kesempatan itu, Okto mengusulkan diberlakukan sistem bubble agar para pelaku olahraga yang datang dari luar negeri, baik WNI yang baru pulang menjalani tryout dari luar negeri atau atlet, official dan delegasi WNA bisa memakai sistem tersebut.

“Sebenarnya sistem bubble tidak terlalu sulit. Sudah terbukti di Olimpiade Tokyo berhasil diterapkan. Untuk Grand Prix, kami rencananya akan tinggal di hotel yang berada di samping lapangan tembak. Kami akan beri jalur akses jalan dan memastikan area itu steril sehingga sistem bubble ini bisa berjalan baik," pungkas dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perez Juara GP Singapura, Max Verstappen Gagal Kunci Gelar

Pembalap tim Red Bull Sergio Perez memenangi GP Singapura namun Max Verstappen gagal memanfaatkan balapan ke-17 di kalender itu untuk mengunci gelar juara dunia.

SPORT | 3 Oktober 2022

Anggia/Laras Sabet Gelar di Indonesia International Challenge

Pasangan ganda putri Anggia/Putri mempersembahkan gelar untuk Indonesia di ajang bulutangkis Mansion Sports Indonesia International Challenge 2022.

SPORT | 3 Oktober 2022

Menyerang Tak Bisa, Bertahan Tak Bisa, Kenapa Quartararo?

Total antara Belanda dan Thailand dia hanya mendapat 47 poin sementara dalam kurun waktu yang sama Bagnaia mendapat 136 poin!

SPORT | 2 Oktober 2022

BIN O2C Juara Livoli Divisi Satu 2022

BIN O2C Bandung menjuarai kompetisi bola voli Livoli Divisi Satu setelah di partai final menundukkan Bharata Muda Jakarta.

SPORT | 2 Oktober 2022

Alvin Bahar Kuasai Serie 5, Tiga Pembalap Honda Racing Indonesia Berpeluang Juara Nasional

Kemenangan di ISSOM seri 5 itu menjadi kado terindah buat Alvin Bahar karena diraih bertepat di hari ulang tahunnya.

SPORT | 2 Oktober 2022

Ini Hasil Lengkap Kejuaraan Vier World Arm Wrestling 2022

Atlet gulat tangan asal Korea Selatan (Korsel), Ju Minkyung tampil sebagai juara umum (king of table) kejuaraan Vier World Arm Wrestling 2022.

SPORT | 2 Oktober 2022

Vietnam Open: Dejan/Gloria Juara, Febriana/Amalia Runner-up

Dejan/Gloria menjuarai nomor ganda campuran sementara Febriana/Amalia menjadi runner-up ganda putri Vietnam Open 2022

SPORT | 2 Oktober 2022

Klasemen MotoGP Setelah Grand Prix Thailand

Keunggulan Quartararo terpangkas dari 18 poin menjadi hanya dua, sementara Espargaro masih mengancam dengan selisih 20 poin.

SPORT | 2 Oktober 2022

Hasil Lengkap MotoGP Thailand

Balapan digelar dalam kondisi basah seperti waktu di Sirkuit Mandalika Maret lalu, dan pemenangnya pun sama, Miguel Oliveira.

SPORT | 2 Oktober 2022

Oliveira Juara di Thailand, Bagnaia Tinggal 2 Poin dari Quartararo

Bagnaia finis ketiga sementara Quartararo gagal mendapat poin karena hanya berada di urutan ke-17.

SPORT | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polri Periksa 32 Titik CCTV di Sekitar Stadion Kanjuruhan

Polri Periksa 32 Titik CCTV di Sekitar Stadion Kanjuruhan

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings