Logo BeritaSatu

Kejuaraan Berkuda Nasional "Arkav Cup 2022" Capai Rekor Peserta Terbanyak

Selasa, 25 Januari 2022 | 18:50 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Bandung, Beritasatu.com - Ajang berkuda tingkat nasional bertitel "Aragon Kavaleri Cup 2022 sukses digelar selama 4 hari hingga tuntas pada Minggu (23/1/2022) sore hari, di Kawasan Kesatrian Detasemen Kavaleri Berkuda (DenKavKud), Pussenkav, di Parongpong, Bandung Barat.

Event ini digelar sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka hari ulang tahun ke-72 Kavaleri Angkatan Darat. Event yang ditutup secara resmi oleh Komandan Pussenkav, Mayjen (TNI) Gunung Iskandar ini, mendapat sambutan luar biasa lantaran memecahkan rekor peserta terbanyak.

Lomba diikuti 42 stable dari beberapa daerah, termasuk yang terjauh dari Sumatera Selatan, dengan total entry 797 dan rider hingga 315, termasuk di dalamnya para atlet militer Kavaleri di berbagai kelas yang diperlombakan.

Tentu saja, event berkuda Arkav Cup 2022 ini pun merupakan wujud nyata Korps Kavaleri dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan olahraga berkuda di Indonesia. Gunung Iskandar yang juga merupakan Penanggungjawab dalam event ini sekaligus Dewan Pengawas di PP Pordasi menyatakan rasa puasnya atas sukses event berkuda nasional ini.

“Yang paling berkesan adalah peserta meningkat sampai 60% dari event sebelumnya. Ini juga memecahkan rekor dengan peserta terbanyak. Saya ikut bangga, terlebih buat semua atlet yang tampil meramaikan ajang ini. Buat yang memang, jangan cepat puas diri dan yang belum meraih kemenangan, teruslah berlatih agar kalian bisa mewujudkan impian kalian menjadi juara kelak,” tutur Gunung Iskandar, beberapa saat sebelum menutup secara resmi event di Parongpong ini didampingi
Ketua Event Arkav Cup 2022, LetKol Kavaleri Bayu Sandhya Dharma.

Di ajang ini, dua atlet DKI Jakarta, Muhammad Akbar Kurniawan yang akrab disapa Aan dan kakaknya Muhammad Akbar Maulana (Akbar) juga meraih hasil cemerlang lewat prestasi spektakuler mereka.

Aan tampil sempurna dan meraih total 6 medali emas dan 3 perak. Aan meraih emas dari dressage preliminary, dressage elementary, dressage advance, jumping 100 cm, jumping 110 cm, dan jumping 110-120 cm. Sementara 3 peraknya dari dressage Prix St. George, dressage advance, dan dressage Prix St. George.

Sang kakak, Akbar meraih dua medali perunggu bersama kudanya ‘Dior dari kelas Dressage Prix St George pada hari pembukaan, dan satu perunggu lagi dari kelas Dressage Prix St. George. Aan menyatakan puas karena kondisi kudanya pun sangat mendukung dan ia begitu suka dengan suasana lomba di Parongpong yang disponsori PT Aragon Tambang Pratama ini.

“Seluruh stable tentu ingin memberikan yang terbaik dalam lomba di awal tahun ini, bagus sekali untuk persiapan juga menuju lomba di Pulomas pekan depan,” harap Aan yang akan melanjutkan latihan dan ikut lomba di Jerman dalam waktu dekat.

Tak cuma para atlet nasional seperti Aan atau Akbar, beberapa atlet belia seperti Kealton Santoso, atau si cantik Gadis Kireina Iskandar juga menunjukkan semangat juang dan harapan besar untuk menjadi professional atlet di masa mendatang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Derrick: Marques Bolden Punya Peran Vital di Tim Indonesia

Pemain Timnas Bola Basket Indonesia Derrick Michael meyakini kehadiran pemain naturalisasi Marques Bolden berperan penting dalam permainan.

SPORT | 6 Juli 2022

Pulang Berpesta, Francesco Bagnaia Kecelakaan di Ibiza

Pembalap MotoGP Francesco Bagnaia mengalami kecelakaan ketika mengendarai mobil di Ibiza usai berdisko, Selasa (5/7/2022).

SPORT | 6 Juli 2022

Malaysia Masters: Apriyani/Fadia Tampil, 14 Wakil Indonesia Beraksi

Sebanyak 16 wakil Indonesia akan tampi pada Malaysia Masters, Rabu (6/7/2022), termasuk ganda putri Apriyani/Fadia.

SPORT | 6 Juli 2022

Wimbledon: Sempat Tertinggal, Djokovic ke Semifinal

Novak Djokovic mengamankan peluang untuk gelar Wimbledon keempatnya setelah bangkit dari ketertinggalan dua set untuk mengalahkan Jannik Sinner.

SPORT | 6 Juli 2022

70 Persen Tiket FIBA Asia Cup 2022 Terjual

Tiket pertandingan FIBA Asia Cup 2022 dibagi dalam dua kategori, yakni general admission dan kategori 1

SPORT | 5 Juli 2022

Timnas Basket Indonesia Siap Berlaga di FIBA Asia Cup 2022

Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2022 yang digelar pada 12 hingga 24 Juli 2022 di Istora Senayan, Jakarta.

SPORT | 5 Juli 2022

Malaysia Masters: Singkirkan Ganda Tuan Rumah, The Daddies Lolos Ke 16 Besar

Ahsan/Hendra melaju ke 16 besar Malaysia Masters setelah menang atas wakil tuan rumah, Tan Kian Meng/Tan Wee Kiong dengan skor 21-18 dan 21-13.

SPORT | 5 Juli 2022

Sejarah, Timnas Kriket Putri U-19 Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2023

Prestasi ini dicapai Timnas Kriket Putri U-19 setelah menyingkirkan Papua New Guinea dengan kemenangan 2-1 pada kualifikasi Piala Dunia U-19.

SPORT | 5 Juli 2022

Malaysia Masters: Fajar/Rian Melaju, Fikri/Bagas Tersingkir

Butuh waktu selama 37 menit buat Fajar/Rian mengemas kemenangan dua gim langsung 21-14, 22-20 atas Goh Sze Fei/Nur Izzuddin di 32 besar Malaysia Masters.

SPORT | 5 Juli 2022

Malaysia Masters: Zachariah/Hediana dan Putri KW ke Babak Utama

Zachariah/Hediana memastikan tiket babak 32 besar Malaysia Masters, setelah menundukkan ganda Jerman.

SPORT | 5 Juli 2022


TAG POPULER

# Kepala RS Tewas Ditikam


# Inflasi


# Bob Tutupoly Meninggal


# Polisi Gadungan


# Update Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rotasi Kepemimpinan Unilever Indonesia Dinilai Hal Normal

Rotasi Kepemimpinan Unilever Indonesia Dinilai Hal Normal

EKONOMI | 19 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings