Logo BeritaSatu

Jokowi Targetkan Indonesia Raih 3 Besar di SEA Games Vietnam

Senin, 9 Mei 2022 | 10:01 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun/Novy Lumanauw / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan target kepada Tim Indonesia yang akan berlaga di SEA Games ke-31 Vietnam 2021, yaitu dapat menduduki peringkat ketiga dalam perolehan medali.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat melakukan Pelepasan Tim Indonesia Menuju SEA Games Vietnam 2021 Tahun 2022 di halaman depan Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (9/5/2022).

Dalam acara tersebut, Jokowi mengungkapkan keinginannya untuk lebih merampingkan jumlah kontingen Indonesia yang dikirimkan untuk bertanding di SEA Games.

“Hari ini segera akan kita lepas kontingen SEA Games ke-31 ke Vietnam. Saya ingin kontingen yang sekarang, yang tadi disampaikan oleh Menpora lebih ramping,” kata Jokowi.

Namun, Jokowi tahu masyarakat sangat ingin kontingen Indonesia meraih prestasi setinggi-tingginya dengan meraih medali sebanyak-banyakya untuk mengharumkan nama Indonesia. Sehingga dibutuhkan kontingen dalam jumlah yang cukup banyak untuk mengikuti ratusan cabang olahraga yang dipertandingkan dalam SAE Games.

“Tetapi kita semuanya Masyarakat Indonesia ingin kontingen ini meraih prestasi yang setinggi-tingginya, meraih medali yang sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan nama negara kita, bangsa kita Indonesia,” ujar Jokowi.

Pada SEA Games edisi ke-31 ini, Tim Indonesia mengirimkan 499 atlet serta 214 ofisial yang terlibat pada 32 cabang olahraga (cabor). Kontingen dipimpin langsung oleh Ferry J Kono sebagai Chef de Mission (CdM) yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal NOC Indonesia.

Presiden mengingatkan di SEA Games sebelumnya, seperti di Singapura pada tahun 2015, Indonesia berada di peringkat ke-5. Kemudian saat SEA Games di Malaysia pada 2017, Indonesia masih berada di peringkat ke-5.

“Di 2019 kemarin, di Filipina, kita masuk di peringkat ke-4. Kali ini kita semua ingin agar SEA Games ke-31 di Vietnam, kita bisa masuk ke peringkat ke-3, yang ke-2 atau yang ke-1,” tegas Jokowi.

Diakuinya untuk mencapai peringkat tiga besar di SEA Games memang tidak mudah. Namun Jokowi meyakini dengan proses seleksi atlet yang demikian ketat, maka diharapkan target tersebut dapat tercapai.

“Memang bukan hal yang mudah tetapi saya dengar bahwa seleksi telah dilakukan dengan baik dan kita harapkan prestasi itu betul-betul bisa menetas. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim kontingen SEA Games ke-31 di Vietnam pada hari ini saya berangkatkan,” ungkap Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dukung Olahraga Nasional, Aice Dapat Penghargaan Kemenpora

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pimpinan Zainudin Amali memberikan penghargaan kepada Aice Group karena mendukung olahraga nasional.

SPORT | 7 Desember 2022

7 Wakil Indonesia Siap Berjuang, Ini Jadwal BWF World Tour Finals

Tujuh wakil Indonesia akan memulai perjuangannya di babak grup  BWF World Tour Finals 2022 hari ini, Rabu (7/12/2022) pagi

SPORT | 7 Desember 2022

BWF World Tour Finals 2022, Jojo vs Ginting Buka Laga Pertama

Dua tunggal putra Indonesia Jojo dan Ginting harus saling berhadapan pada laga pembuka Grup B BWF World Tour Finals 2022.

SPORT | 7 Desember 2022

Masuk Grup Berat di BWF World Tour Finals Bagus untuk Apriyani/Fadia

Menurut Eng Hian berada di grup berat di BWF World Tour Finals bagus buat ganda putri Apriyani/Fadia. 

SPORT | 6 Desember 2022

Kejuaraan Dunia Wushu Junior: Indonesia Sabet 2 Emas di Hari Pertama

Kedua medali emas Kejuaraan Dunia Wushu Junior tersebut disumbangkan Josh Tiesto Tanto dan Rainer Reinaldy Ferdiansyah.

SPORT | 6 Desember 2022

One Championship Hadirkan Trilogi Johnson vs Moraes di Amerika

One Fight Night 10: Johnson vs Moraes III pada 6 Mei 2023 di Broomfield, Colorado menandai debut One Championship di negeri Paman Sam.

SPORT | 6 Desember 2022

BWF World Tour Finals 2022: Rinov/Pitha Berpeluang ke Semifinal

Rinov/Pitha tergabung di Grup A BWF World Tour Finals bersama Zheng/Huang, Goh Soon Huat/Shevon dan Thom Gicquel/Delphine Delrue (Perancis).

SPORT | 6 Desember 2022

BWF World Tour Finals 2022: Ganda Putra Puas dengan Hasil Undian

Fajar/Rian yang berstatus unggulan pertama tergabung di Grup A di BWF World Tour Finals bersama Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia), Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

SPORT | 6 Desember 2022

BWF World Tour Finals: Jojo dan Ginting Satu Grup, Fajar/Rian Gabung Hoki/Kobayashi

Indonesia menurunkan tujuh wakilnya di BWF World Tour Finals yang akan berlangsung mulai 7-11 Desember.

SPORT | 6 Desember 2022

Jokowi Terima Penghargaan Tertinggi dari Federasi Wushu Internasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan Honorary 9th Duan of The International Wushu Federation Grading dari Federasi Wushu Internasional (IWUF).

SPORT | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Van Gaal: Permainan Brasil Mirip Belanda

Van Gaal: Permainan Brasil Mirip Belanda

SEMESTA BOLA 2022 | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE