Logo BeritaSatu

IBL Libur, Daniel Wenas Ikut Pertandingan Amal Bersama ODGJ

Rabu, 25 Mei 2022 | 21:50 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Pebasket Daniel Wenas mengisi waktu luang usai selesainya musim reguler Indonesian Basketball League (IBL) dengan terlibat dalam pertandingan basket amal bersama orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Pertandingan amal basket melibat ODGJ ini digagas lembaga nirlaba Kopi Panas Foundation (KPF). Mereka memfokuskan misinya pada isu-isu kemanusiaan, kelestarian lingkungan dan kelangsungan hidup hewan. Salah satu kegiatannya adalah Sports Charity Program yang merupakan kegiatan amal dalam bentuk pertandingan bola basket bekerja sama dengan BARDI Smart Home.

Tujuan pertandingan basket amal ini adalah mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental dan mengurangi anggapan buruk/stigma terhadap orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan mental, terutama ODGJ.

Proyek kolaborasi ini dimulai pada bulan Januari 2022 dan akan terus berlanjut setiap bulannya hingga puncak acara pada bulan November 2022 di GOR Soemantri Brodjonegoro Pasar Festival, Kuningan, Jakarta Selatan dengan melibatkan beberapa ODGJ dari tiga panti ODGJ mitra KPF.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program KPF yaitu “ODGJ Berkarya”, yang bertujuan meningkatkan awareness bahwa ODGJ juga dapat beraktivitas layaknya manusia normal, dalam hal ini bermain bola basket.

Daniel Wenas ikut terlibat dalam pertandingan kelima yang berlangsung 22 Mei 2022 lalu. Daniel Wenas memperkuat tim BUCIN bersama Anggun Chyintya (influencer dan Miss Indonesia Kalimantan 2017) melawan tim BARBERBAR yang berkolaborasi dengan Richard Insane (influencer) dan Fanny Kalumata (atlet profesional).

Pertandingan bola basket yang digelar KPF dan BARDI ini dipandu oleh penyiar radio kondang Reza Alqadri dan content creator Athar Al Ikhwan.

Sebagaimana tujuan dari kegiatan ini, seluruh tiket yang terjual akan didonasikan kepada panti ODGJ mitra KPF untuk membantu kelangsungan hidup ODGJ.

"KPF diharapkan dapat menjadi pusat pembelajaran dan simpul gerakan sosial serta lingkungan, Selain itu, gerakan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran publik dalam membantu sesama dalam menyalurkan bantuan melalui Lembaga ataupun individu," ujar Prisia Nasution selaku pendiri dari KPF di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Sebelum Daniel Wenas, pebasket Denny Sumargo juga pernah ikutan tanding basket dengan ODGJ yang diadakan KPF pada tahun 2021. Saat itu selain Densu, turut bertanding sejumlah pesohor seperti Prisia, Ine Febriyanti, Augie Fantinus, Reza Nangin, Cikal, Ricky Virgana, Asri Welas, Yuyi "Fluer" dan Uus.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

GP Inggris Sempat Terhenti Akibat Kecelakaan Zhou Guanyu

Insiden kecelakaan melibatkan pembalap Alfa Romoe Zhou Guanyu dan sejumlah pembalap di lap pembuka setelah start GP Inggris.

SPORT | 3 Juli 2022

Malaysia Open 2022: Gagal Juara, Fajar/Rian Akui Banyak Lakukan Kesalahan

Menjadi finalis di Malaysia Openini merupakan hasil runner up ketiga dari lima final yang dijalani Fajar/Rian sepanjang tahun 2022.

SPORT | 3 Juli 2022

Trio Honda Racing Indonesia Rajai Podium Juara ISOM

Menurunkan tiga pembalap di tiga kelas berbeda di ISOM, Tim Honda Racing Indonesia menyabet posisi juara di kelas masing-masing.

SPORT | 3 Juli 2022

Peringkat BWF Apriyani/Fadia Bakal Tembus 70 Besar BWF

Keberhasilan di Malaysia Open jadi torehan gelar perdana Apriyani/Fadia di rangkaian turnamen BWF Tour sejak keduanya diduetkan dua bulan lalu.

SPORT | 3 Juli 2022

Sukses di Malaysia Open, Apriyani/Fadia Bidik Gelar Malaysia Masters

Apriyani/Fadia akan langsung fokus menghadapi turnamen berikutnya, Malaysia Masters yang akan digelar mulai pekan depan.

SPORT | 3 Juli 2022

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat untuk Apriyani/Fadia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat kepada ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

SPORT | 3 Juli 2022

Indonesia Raih Satu Gelar, Ini Hasil Final Malaysia Open 2022

Tiongkok, Indonesia, Thailand, Denmark dan Jepang kebagian masing-masing satu gelar dari lima nomor yang diperebutkan di final Malaysia Open 2022.

SPORT | 3 Juli 2022

Indonesia Rajai Kualifikasi Tenis Nassau Thamrin Cup 2022

Indonesia berhasil menambah wakil di babak utama turnamen tenis yunior internasional bertajuk Nassau Thamrin Cup 2022.

SPORT | 3 Juli 2022

Malaysia Open: Fajar/Rian Harus Akui Ketangguhan Hoki/Kobayashi

Dalam pertandingan final Malaysia Open selama 1 jam 4 menit, Fajar/Rian takluk 22-24, 21-16, 9-21 dari Takuro Hoki/Yogi Kobayashi.

SPORT | 3 Juli 2022

Bahagianya Apriyani/Fadia Juara Malaysia Open 2022

Gelar juara Malaysia Open diraih Apriyani/Fadia setelah di final mengalahkan Zhang Shu Xian/Zheng Yu  21-18, 12-21, 21-19 dalam durasi waktu 71 menit.

SPORT | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

NEWS | 5 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings