Logo BeritaSatu

Terobosan Ketua BTN Tingkatkan Prestasi Esport Indonesia

Kamis, 26 Mei 2022 | 20:47 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / LES

Jakarta, Beritasatu.com – Prestasi tim nasional Esport Indonesia di SEA Games terus meningkat, salah satunya berkat terobosan Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Esports Indonesia, Ibnu Riza Pradipto yang mampu mengangkat prestasi. Pada penampilan perdana di SEA Games 2019 Filipina itu, timnas Esports Indonesia hanya meraih 2 perak dan 1 perunggu. Kini di SEA Games Vietnam, mampu merebut 2 emas, 3 perak, dan 1 perunggu

Cabang olahraga esports mulai muncul pada SEA Games 2019 Filipina. Kala itu, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) dan Pengurus Nasional Indonesia Esports Association (PN IESPA) masih belum menyatu. PB ESI menginduk ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sedangkan IESPA di barisan anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia).

Kesuksesan itu memang tidak terlepas dari peran Ibnu Riza Pradipto yang menjadi Ketua PN IESPA menggantikan posisi Eddy Liem. Sebab, Ibnu punya peran besar dalam menggiring IESPA menginduk kepada PB ESI yang dipimpin Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan.

Berkat dukungan penuh Budi Gunawan dan Tommy Hermawan Lo selaku pembina PN IESPA yang menyediakan tempat pelatnas di Jeep Station Indonesia Bogor, Jawa Barat, Timnas Esports Indonesia telah menunjukkan kualitasnya.

"Hasil medali yang disumbangkan bagi Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam ini memang belum sesuai harapan. Tetapi, kita puas dengan perjuangan maksimal atlet esports Indonesia yang sudah melebih hasil pada SEA Games 2019 Filipina. Dan, kita sudah mampu mengatasi berbagai kendala teknis yang bisa dijadikan modal untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Esports 2022 nanti," kata Ketua BTN, Ibnu Riza Pradipto di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Yang perlu dicatat lagi, kata Ibnu Riza Pradipto, dari daftar perolehan medali di cabor esports SEA Games 2021 Vietnam di mana Indonesia berada di posisi runner-up telah menunjukan bahwa Esports Indonesia mampu bersaing di ajang multievent. Posisi juara umum dipegang Vietnam dengan 4 emas dan 3 perak sedangkan Filipina yang sebelumnya meraih gelar juara umum menempati peringkat ketiga.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

GP Inggris Sempat Terhenti Akibat Kecelakaan Zhou Guanyu

Insiden kecelakaan melibatkan pembalap Alfa Romoe Zhou Guanyu dan sejumlah pembalap di lap pembuka setelah start GP Inggris.

SPORT | 3 Juli 2022

Malaysia Open 2022: Gagal Juara, Fajar/Rian Akui Banyak Lakukan Kesalahan

Menjadi finalis di Malaysia Openini merupakan hasil runner up ketiga dari lima final yang dijalani Fajar/Rian sepanjang tahun 2022.

SPORT | 3 Juli 2022

Trio Honda Racing Indonesia Rajai Podium Juara ISOM

Menurunkan tiga pembalap di tiga kelas berbeda di ISOM, Tim Honda Racing Indonesia menyabet posisi juara di kelas masing-masing.

SPORT | 3 Juli 2022

Peringkat BWF Apriyani/Fadia Bakal Tembus 70 Besar BWF

Keberhasilan di Malaysia Open jadi torehan gelar perdana Apriyani/Fadia di rangkaian turnamen BWF Tour sejak keduanya diduetkan dua bulan lalu.

SPORT | 3 Juli 2022

Sukses di Malaysia Open, Apriyani/Fadia Bidik Gelar Malaysia Masters

Apriyani/Fadia akan langsung fokus menghadapi turnamen berikutnya, Malaysia Masters yang akan digelar mulai pekan depan.

SPORT | 3 Juli 2022

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat untuk Apriyani/Fadia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat kepada ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

SPORT | 3 Juli 2022

Indonesia Raih Satu Gelar, Ini Hasil Final Malaysia Open 2022

Tiongkok, Indonesia, Thailand, Denmark dan Jepang kebagian masing-masing satu gelar dari lima nomor yang diperebutkan di final Malaysia Open 2022.

SPORT | 3 Juli 2022

Indonesia Rajai Kualifikasi Tenis Nassau Thamrin Cup 2022

Indonesia berhasil menambah wakil di babak utama turnamen tenis yunior internasional bertajuk Nassau Thamrin Cup 2022.

SPORT | 3 Juli 2022

Malaysia Open: Fajar/Rian Harus Akui Ketangguhan Hoki/Kobayashi

Dalam pertandingan final Malaysia Open selama 1 jam 4 menit, Fajar/Rian takluk 22-24, 21-16, 9-21 dari Takuro Hoki/Yogi Kobayashi.

SPORT | 3 Juli 2022

Bahagianya Apriyani/Fadia Juara Malaysia Open 2022

Gelar juara Malaysia Open diraih Apriyani/Fadia setelah di final mengalahkan Zhang Shu Xian/Zheng Yu  21-18, 12-21, 21-19 dalam durasi waktu 71 menit.

SPORT | 3 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

NEWS | 4 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings