Logo BeritaSatu

Pembangunan Arena PON 2024 di Aceh Terkendala Lahan

Selasa, 31 Mei 2022 | 06:23 WIB
Oleh : JAS

Banda Aceh, Beritasatu.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh menyatakan pembangunan arena Pekan Olahraga Nasional (PON) di provinsi ujung barat Indonesia tersebut pada 2024 terkendala dengan penetapan lahan.

Ketua Harian KONI Aceh Kamaruddin Abubakar di Banda Aceh, Senin (30/5/2022), mengatakan kendala penetapan lahan tersebut menyebabkan pemerintah pusat belum bisa mengalokasikan anggaran untuk pembangunan arena PON.

"Lahan rencana lokasi pembangunan arena PON sudah dikunjungi Menpora bersama Gubernur Aceh dan Gubernur Sumatera Utara beberapa waktu lalu. Luas tanahnya mencapai 110 hektare di Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar," kata Kamaruddin Abubakar.

Sebelumnya, Aceh dan Sumatera Utara terpilih sebagai tuan rumah PON 2024. Kedua provinsi tersebut juga sudah membagi cabang olahraga yang dipertandingkan. Aceh mendapat 33 cabang olahraga dan Sumatera Utara 34 cabang olahraga.

Didampingi Bendahara KONI Aceh Kenedy Husien, Kamaruddin Abubakar mengatakan persoalannya saat ini adalah surat keputusan penetapan lahan tersebut untuk pembangunan arena PON belum dikeluarkan Gubernur Aceh.

Padahal, kata Kamaruddin Abubakar, waktu penyelenggaraan PON 2024 tinggal dua tahun enam bulan lagi. Sementara, pembangunan arena pesta olahraga terbesar di Indonesia membutuhkan waktu paling singkat dua tahun.

"Waktu PON di Provinsi Papua saja butuh waktu empat tahun untuk membangun infrastruktur. Sedangkan Aceh, dua tahun menjelang PON belum apa-apa," kata Kamaruddin Abubakar yang akrab disapa Abu Razak.

Abu Razak berharap Gubernur Aceh segera menetapkan lahan yang menjadi lokasi arena pertandingan tersebut, sehingga bisa segera dibuat detail desainnya atau DED dan selanjutnya diajukan anggaran kepada pemerintah pusat.

"Sumatera Utara sudah mendapatkan alokasi anggaran untuk pembangunan arena dari pemerintah pusat mencapai Rp 2,7 triliun. Jika lahan yang menjadi lokasi arena PON tidak segera ditetapkan, maka Aceh sendiri yang akan rugi," pungkas Kamaruddin Abubakar.

Pada Februari lalu, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), La Nyalla Mattalitti meminta pelaksanaan PON 2024 yang akan digelar di Sumatera Utara dan Aceh dipersiapkan sejak sekarang.

“Pelaksanaan PON itu menyangkut prestasi dan prestise sebuah daerah. Sedangkan pada PON 2024, ada dua daerah yang ditunjuk menjadi tuan rumah. Artinya komunikasi dan koordinasi harus kuat," ujarnya di Surabaya, Selasa (16/2/2021).

Meskipun pagelaran PON XXI tahun 2024 masih terbilang lama, tapi persiapan agar pesta olahraga nasional terbesar itu bisa maksimal.

“Sumatera Utara dan Aceh harus sudah bersiap dari sekarang. Apalagi pada pelaksanaan PON XXI, insyaallah kita sudah melewati masa pandemi Covid-19. Sehingga dapat digelar secara langsung,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Indonesia Andalkan Tunggal Putra dan Ganda Putra di BWF World Tour Finals 2022

Di dua nomor tersebut ada Jonatan Christie, Anthony Ginting, Fajar/Rian, dan Hendra/ Ahsan yang diharapkan bisa bersinar di BWF World Tour Finals 2022.

SPORT | 4 Desember 2022

Fitriana Juarai Nomor Tunggal Rajawali Women's Tennis Open 2022

Fitriana Sabrina menjadi juara nomor tunggal dalam turnamen Rajawali Women's Tennis Open 2022 seusai mengalahkan saudari kembarnya Fitriani Sabatini.

SPORT | 4 Desember 2022

Ganda Putra Berburu Gelar di BWF World Tour Finals 2022

Ganda putra Indonesia berburu gelar di turnamen bulutangkis BWF World Tour Finals 2022 yang digelar di Thailand.

SPORT | 4 Desember 2022

Sarit Suwannarut Juarai Indonesian Masters 2022

Sukses menjuarai Indonesian Masters 2022 ini akan mendongkrak peringkat dunia Sarit Suwannarut yang di pekan ini berada di peringkat 827 dunia.

SPORT | 4 Desember 2022

193 Pembalap Siap Bertarung Seri Indonesian Downhill

193 downhiller bakal mencari poin maksimal untuk mengamankan posisi podium dari 10 kategori yang dipertandingkan di seri terakhir 76 Indonesian Downhill.

SPORT | 3 Desember 2022

Bekuk de Ridder, Anatoly Malykhin Raih 2 Sabuk Emas dan Bonus Miliaran

Anatoly Malykhin dinobatkan sebagai pemenang setelah wasit mengintervensi laga pada menit 4:35 di ronde pertama.

SPORT | 3 Desember 2022

Apriyani/Fadia Siap Bersaing di BWF World Tour Finals 2022

Apriyani/Fadia menyatakan kesiapan mereka untuk berangkat ke Bangkok pada 7-11 Desember bersaing di BWF World Tour Finals.

SPORT | 3 Desember 2022

Berdiri di Meja Saat Jumpa Pers, Jarred Brooks Jadi Musuh Warga Filipina

Jarred Brooks akan menghadapi Joshua Pacio dalam laga puncak One 164 yang berlangsung pada Sabtu (3/12/2022) malam di Mall of Asia Arena, Manila.

SPORT | 2 Desember 2022

One Fight Night 5: De Ridder dan Malykhin Incar Kemenangan Cepat

Reinier de Ridder dan Anatoly Malykhn akan berlaga di Mall of Asia Arena di Manila untuk memperebutkan sabuk Juara Dunia One Light Heavyweigh.

SPORT | 2 Desember 2022

IESF Bali 14th WEC Jadi Momentum Unjuk Potensi Besar Esports Indonesia

Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Jend Pol (P) Budi Gunawan siap menyuguhkan potensi besar Indonesia di ajang IESF Bali 14th WEC

SPORT | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mbappe Jadi Andalan, Ini Susunan Pemain Prancis vs Polandia

Mbappe Jadi Andalan, Ini Susunan Pemain Prancis vs Polandia

SEMESTA BOLA 2022 | 36 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE