Logo BeritaSatu

Catatan Penting Menpora soal Capaian Medali SEA Games

Senin, 13 Juni 2022 | 15:32 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkap catatan penting soal perolehan medali kontingen Indonesia pada SEA Games di Vietnam, 12-23 Mei 2022. Menurut Zainudin, capaian medali tersebut dapat dijadikan penentu parameter untuk pengiriman atlet Indonesia dalam ajang olahraga lain.

“SEA Games ke-31 di Vietnam telah menorehkan catatan penting yang bisa kita jadikan dasar penentuan kebijakan olahraga prestasi nasional, khususnya dalam penentuan parameter pengiriman kontingen dalam keikutsertaan Indonesia dalam multi event SEA Games, Asian Games dan Olimpiade,” kata Zainuddin dalam acara penyerahan bonus dari Presiden Joko Widodo kepada atlet di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Advertisement

Zainudin mengatakan pihaknya telah mengubah paradigma pengiriman kontingen Merah Putih untuk pengiriman atlet di SEA Games Vietnam. Sebelumnya, pengiriman lebih berorientasi kepada kuantitas, yaitu dengan berusaha mengirim jumlah atlet sebanyak mungkin dan berambisi mengikuti semua cabang olahraga dan nomor pertandingan yang dipertandingkan.

Kini, menurutnya, pihaknya berorientasi pada kualitas. Hanya atlet-atlet yang benar-benar diprediksikan dapat menyumbangkan medali yang dikirimkan bertanding di event tersebut. Kemudian, atlet juga dipersiapkan untuk bisa mengikuti jenjang multi event tingkatan lebih tinggi dan kompetitif seperti Asian Games dan Olimpiade.

“Kita mulai menerapkan implementasi desain olahraga nasional sekaligus ini sebagai jawaban terhadap arahan Bapak Presiden kepada kami dan seluruh pemangku kepentingan di sektor olahraga untuk melakukan review total terhadap ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional,” ujar Zainuddin Amali.

Ada lima catatan yang bisa dijadikan untuk keberhasilan. Pertama, atlet yang diberangkatkan hanya 499 orang. Jumlah atlet berkurang sekitar 40,67 persen apabila dibandingkan dengan keikutsertaan SEA Games sebelumnya, yaitu sebanyak 841 orang.

Kedua, perolehan medali meningkat 20,56 persen, yaitu menjadi 80,96 persen apabila dibandingkan dengan SEA Games ke-30 di Filipina yang mendapatkan medali hanya 60,40 persen.

Ketiga, Zainudin melihat persentase atlet yang tidak mendapatkan medali menurun, yakni 17,4 persen apabila dibandingkan dengan SEA Games ke-30, yakni sebesar 39,60 persen. Berarti terdapat perbaikan sekitar 22,56 persen.

Keempat, terjadi perbaikan peringkat dari peringkat keempat pada SEA Games ke-30 naik ke peringkat ketiga pada SEA Games Vietnam. Kelima, perolehan medali berjumlah 241 terdiri dari emas 69 medali, perak 92 medali, dan perunggu 80 medali.

“Berdasarkan catatan tersebut di atas, maka kita akan konsisten untuk menerapkan cara penyeleksian sebagaimana yang telah dilakukan pada SEA Games ke-31 ini berdasarkan panduan desain besar olahraga nasional atau DBON yang dipayungi oleh Perpres Nomor 86 Tahun 2021 yakni berdasarkan rekomendasi dari tim review,” tegas Zainudin.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jurnalis Pencinta Olahraga Akan Gelar Chemonk Bike Camp

Jurnalis Pencinta Olahraga Sepeda bersama Kampung Agrinex akan menggelar Chemonk Bike Camp di Pandeglang, Banten pada 26-28 Agustus 2022.

SPORT | 20 Agustus 2022

BWF World Championship: 65.000 WNI di Jepang Siap Beri Dukungan ke Pemain

Kontingen bulutangkis Indonesia akan bertanding pada BWF World Championship 2022 pada 22-28 Agustus di Tokyo Metropolitan Gymnasium.

SPORT | 19 Agustus 2022

Princess Mary Kuasai Klasemen Golf Simone Asia Pacific Cup

Princess Mary Superal merebut posisi puncak leaderboard round kedua turnamen Simone Asia Pacific Golf di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, Jumat (19/8/2022).

SPORT | 19 Agustus 2022

One Championship Sajikan Duel Trilogi Xiong Jing Nan Lawan Angela Lee

Duel Xiong Jing Nan melawan Angela Lee diprediksi sengit karena dalam dua pertemuan mereka sebelumnya di One Championship pernah saling mengalahkan.

SPORT | 19 Agustus 2022

PCI dan ICC Pamerkan Trofi Piala Dunia Kriket di Bali dan Jakarta

Trofi Piala Dunia Kriket sudah dipamerkan di Bali selama dua hari yakni 16-17 Agustus dan di Hotel The Ritz Carlton, Kuningan Jakarta.

SPORT | 18 Agustus 2022

So Yeon Ryu Pimpin Turnamen Golf Simone Asia Pacific Cup

Pegolf So Yeon Ryu dari Korea Selatan langsung melesat ke puncak klasemen sementara turnamen golf Simone Asia Pacific Cup dengan 65 pukulan.

SPORT | 18 Agustus 2022

BWF World Championship: Dua Ganda Putri Diharapkan Bisa Raih Medali

Pasangan Ribka Sugiarto/Siti Fadia dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi diharapkan bisa raih medali di BWF World Championship.

SPORT | 18 Agustus 2022

LeBron James Perpanjang Kontrak Dua Tahun di Lakers

Kesepakatan itu sudah termasuk opsi musim 2024-2025, di mana LeBron James berkesempatan tampil bersama putranya Bronny yang kini berusia 17 tahun.

SPORT | 18 Agustus 2022

Hasil Musorprov KONI DKI Jakarta Digugat ke BAORI

Musorprov (Musyawarah Olah Raga Provinsi) pada 12 Maret 2022 digugat ke BAORI (Badan Arbitrase Olah Raga Indonesia).

SPORT | 17 Agustus 2022

Ini Cara Pembalap Cilik Abyan Aqila Rayakan HUT RI

Pembalap cilik Abyan Aqila merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia, pada Rabu (17/8/2022) dengan mengibarkan bendera Merah Putih di Sirkuit Sentul.

SPORT | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Rupiah


# Putri Candrawathi Tersangka


# Pembunuhan Brigadir J


# Jaringan Judi


# Polisi Tembak Polisi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BI Buka Layanan Penukaran Rupiah Baru untuk Warga Malang

BI Buka Layanan Penukaran Rupiah Baru untuk Warga Malang

EKONOMI | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings