Logo BeritaSatu

Ini Alasan PBSI Tarik 12 Wakil Indonesia dari Taipei Open

Selasa, 19 Juli 2022 | 19:40 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Taipei, Beritasatu.com - PBSI memutuskan tidak mengikutsertakan 12 wakil Indonesia yang semula akan bertanding di Taipei Open 2022 yang digelar 19-24 Juli 2022. Berbagai alasan menjadi latar belakang induk olahraga bulutangkis Indonesia itu memutuskan hal tersebut.

Dua juara Singapore Open, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri) dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra) memilih untuk mundur karena sedang diganggu cedera. Fadia mengalami masalah di tumitnya sejak di Malaysia sementara Leo masih merasakan sakit di pinggang.

"Kita menarik keikutsertaan Apri/Fadia dan Leo/Daniel dari Taipei Open 2022," kata Rionny Mainaky, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Senin (18/7/2022).

"Untuk Apri/Fadia, kakinya Fadia ada sedikit kendala sejak di Malaysia dan Leo bagian pinggang yang baru sembuh kembali terasa jadi diputuskan untuk fokus penyembuhan dahulu," jelas Rionny.

Selain Apri/Fadia dan Leo/Daniel, PBSI juga menarik keikutsertaan beberapa pemain dari ajang dengan level BWF Super 300 itu.

Alasannya karena ada pelatih dan pemain yang sakit. "Kita juga menarik semua pemain dari Taipei yang sempat tampil di Singapore Open. Karena ada pemain dan pelatih yang sakit," ungkap Rionny.

"Di Taipei protokol kesehatan masih sangat ketat. Ada karantina, sistem bubble dan tes antigen setiap hari. Bila terpapar, karantina harus di rumah sakit. Kita tidak mau ambil risiko," terang Rionny.

Rionny menambahkan, bahwa tim yang kembali dari Singapura akan menjalani tes PCR dan karantina sesampainya di Indonesia untuk memastikan semuanya aman.

Walau begitu, tim Indonesia bukan tanpa wakil di Chinese Taipei Open 2022. Ada tiga wakil Merah-Putih yang akan bertanding. Mereka adalah Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, Christian Adinata (tunggal putra), dan Komang Ayu Cahya Dewi (tunggal putri) yang sudah tiba sejak Jumat (15/7/2022) lalu dari Jakarta.

Namun dua hasil berbeda didapat Christian dan Komang Ayu di babak kualifikiasi. Komang Ayu sukses melangkah ke babak utama Taiwan Open 2022. Hasil ini ia dapatkan seusai menang di babak kualifikasi.

Komang menang atas wakil India, Keyura Mopati, dua gim langsung 21-13, 21-14 dalam laga yang dihelat di Taiwan Heping Basketball Gymnasium, Taiwan, Selasa (19/7/2022).

Namun Christian Adinata gagal melaju ke babak utama Taipei Open setelah ditundukkan tumbang di kualifikasi. Wakil tunggal putra ini kandas oleh Chen Chi Ting asal Taiwan lewat pertarungan rubber gim, 21-14, 17-21, 15-21.

Komang Ayu mengaku sangat gembira bisa lolos ke babak utama Taipei Open. "Saya cukup senang bisa pertama kali ke Taiwan dan bermain di kelas Super 300," ucap Komang saat dihubungi Tim Humas dan Media PP PBSI dari Jakarta.

"Hari ini saya mainnya lebih bisa mengontrol lawan. Hanya kendala di angin yang cukup kencang. Tetapi harus bisa mengatasi keadaan tersebut," sambungnya.

Menjadi satu-satunya wakil tunggal putri Indonesia di ajang Taipei Open, tidak membuat pemain kelahiran Denpasar, 21 Oktober 2002 itu terbebani.

Sebaliknya, Komang ingin memberikan yang terbaik di setiap kesempatan yang diberikan. Termasuk Rabu (20/7/2022) esok saat ditantang wakil tuan rumah, Chen Su Yu di babak 32 besar.

"Tidak ada beban main di sini, saya mau menunjukkan yang terbaik saat diberikan kesempatan di pertandingan yang levelnya cukup tinggi bagi saya," ungkap Komang.

"Besok harus main tenang dan sebisa mungkin menikmati pertandingan," pungkas Komang.

Sementara Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay langsung bertarung di babak utama Taipei Open. Pemain peringkat 86 dunia itu akan menghadapi unggulan kedua, Wang Tzu Wei asal Taiwan. Kedua pemain berlum pernah bertemu sebelumnya.

Daftar pemain Indonesia yang mundur dari Taiwan Open 2022:

Tunggal Putra
1. Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal Putri
1. Putri Kusuma Wardani

Ganda Putra
1. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Ganda Putri
1. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
2. Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani
3. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi
4. Melani Mamahit/Tryola Nadia
5. Jesita Putri Miantoro/Lanny Tria Mayasari
6. Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose

Ganda Campuran
1. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
2. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
3. Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Evalube Rally Team Bangga Ikut Bertarung di Kejurnas Toba Rally 2022

Evalube Rally Team hadir menggunakan Mitsubishi Lancer Gti yang dikendarai oleh pereli M Harri Prastomo dan navigator M. Indra Prasetyo turun di kelas F3.

SPORT | 26 September 2022

Pebasket Indonesia Marques Bolden Gabung Milwaukee Bucks

Bintang Timnas Basket Indonesia, Marques Bolden, resmi bergabung dengan Milwaukee Bucks menyusul pengumuman dari tim NBA itu, Minggu (25/9)

SPORT | 26 September 2022

Frances Tiafoe Tampil Gemilang, Tim Dunia Sabet Laver Cup

Frances Tiafoe memimpin Tim Dunia menjuarai Laver Cup pertamanya ketika petenis Amerika Serikat menundukkan Stefanos Tsitsipas.

SPORT | 26 September 2022

Lavani Tampil Meyakinkan di Laga Perdana Livoli 2022

Lavani Bogor tampil meyakinkan di laga perdana kompetisi bola voli Livoli Divisi Satu di GOR Debes Kabupaten Tabanan, Minggu (25/9/2022).

SPORT | 25 September 2022

Atlet Besutan PB Djarum Borong Gelar Juara Indonesia International Series 2022

Jajaran atlet besutan PB Djarum memborong 3 gelar juara dan 2 posisi runner up di kejuaraan Indonesia International Series 2022.

SPORT | 25 September 2022

Alfian/Ade Juara Ganda Putra Indonesia International Series

Alfian Eko Prasetya/Ade Yusuf Santoso mengalahkan Reinard Dhanriano/Kenas Adi Haryanto  21-16, 18-21, 21-16 di final Indonesia International Series 2022.

SPORT | 25 September 2022

6 Komunitas Sepeda Gunung Gagas Mountain Bike Indonesia

Enam komunitas sepeda gunung mengkampanyekan gaya hidup sehat sekaligus memajukan olahraga sepeda melalui gathering “Mountain Bike Indonesia”.

SPORT | 25 September 2022

Rifat Sungkar Juara Reli Danau Toba 2022

Gelar juara Reli Danau Toba ini menjadi bekal Rifat Sungkar menghadapi balapan sama yang berlangsung di Muaro Bungo, Jambi bulan depan.

SPORT | 25 September 2022

Pemain Belia Mutiara Ayu Puspitasari Gemilang di Yogyakarta

Pemain tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari tampil gemilang di turnamen bulutangkis Kapal Api Indonesia International Series 2022 di Yogyakarta.

SPORT | 25 September 2022

Marquez Lulus Ujian Fisik Balapan

Marc Marquez mampu menuntaskan balapan di posisi empat setelah hari sebelumnya meraih pole position.

SPORT | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Coreta Louise Luncurkan Koleksi Terbaru di <em>New York Fashion Week</em>

Coreta Louise Luncurkan Koleksi Terbaru di New York Fashion Week

LIFESTYLE | 1 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings