Logo BeritaSatu

One Championship: Demetrious Johnson Jatuh Bangun Raih Sukses di MMA

Senin, 8 Agustus 2022 | 14:21 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Dikenal sebagai salah satu atlet MMA terbaik sepanjang masa, perjuangan petarung One Championship Demetrious Johnson menggapai kejayaan diwarnai berbagai rintangan.

DJ, sapaan akrab Demetrious Johnson, tercatat sebagai pemilik rekor pertahanan gelar beruntun terbanyak di UFC (11) yang diraih sepanjang 2012 hingga 2018. Hingga kini, catatan tersebut belum berhasil disamai oleh atlet mana pun.

Pada 2018, DJ memutuskan untuk mencari petualangan baru demi karier yang lebih menantang. Ia pun bergabung dengan One Championship guna bersaing dengan para atlet elite dari berbagai spektrum seni bela diri.

Setelah meraih tiga kemenangan beruntun dengan penuh perjuangan dan menjadi juara turnamen One Flyweight World Grand Prix pada akhir 2019, DJ mendapat kesempatan untuk menantang Adriano Moraes, penguasa sekaligus pemilik sabuk emas One Flyweight. Laga mereka dihelat pada April 2021.

Sayangnya, upayanya untuk memenangi gelar juara dunia One Championship terpatahkan. Adriano Moraes tampil digdaya dan jadi orang pertama yang memberi DJ kekalahan TKO pertama dalam karier panjangnya. Sebuah serangan lutut tajam membuat DJ terjungkal dan tak bisa menahan serangan lanjutan hingga memaksa wasit untuk menghentikan laga.

Setahun berselang, setelah berhasil mengalahkan Rodtang Jitmuangnon dalam laga hibrida MMA dan Muay Thai, petarung berjuluk “Mighty Mouse” ini berkesempatan untuk kembali menantang Moraes.

Laga mereka akan memuncaki One Fight Night 1: Moraes vs Johnson yang dihelat di Singapore Indoor Stadium pada 27 Agustus. Ajang ini juga menandai penayangan perdana OneChampionship di Prime Video yang disiarkan pada jam tayang utama Amerika Serikat dan Kanada.

Kisah Hidup
Demetrious Johnson terlahir di Kentucky, Amerika Serikat, pada 13 Agustus 1986 sebelum berpindah ke Washington beberapa tahun kemudian. Bersama saudara kandungnya, ia dibesarkan seorang diri oleh seorang Ibu tuna rungu.

Namun, gangguan pendengaran yang sang ibu derita tidak menjadi penghambat bagi komunikasi keluarga. Sang ibu bahkan mencoba merahasiakan hal tersebut dari anak-anaknya agar kehidupan mereka berjalan normal. Meskipun lambat laun mereka menyadari jika sang ibu tak bisa mendengar dengan jelas apa yang mereka ucapkan.

Tumbuh di keluarga sederhana dengan berbagai kekurangan, Johnson harus terbiasa dengan berbagai keterbatasan. Saat sang ibu memutuskan untuk menikah kembali, Johnson justru mengalami penderitaan lain. Sang ayah tiri melakukan tindakan kekerasan pada keluarga.

Johnson mengaku tidak menaruh dendam, dan hanya mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut. Hal itu membuatnya terus berusaha untuk menjadi ayah terbaik bagi ketiga anaknya. Meski tumbuh dalam keluarga berpenghasilan rendah, sang ibu selalu mendukung anak-anaknya untuk mengejar prestasi dalam bidang akademik. Johnson sendiri lebih berprestasi dalam olahraga.

“Saya selalu menyukai olahraga, saya mulai bermain sepakbola (Amerika). Saya kemudian masuk ke tim lari cepat dan lintas alam. Namun, yang terutama adalah gulat, karena musimnya sangat cepat. Ibu saya selalu mempercayai saya dan mendukung apa pun yang ingin saya kejar. Ia membesarkan anak-anaknya dengan baik. Dia adalah wanita yang sangat bahagia, sangat baik dan sangat manis," ujarnya.

Baca selanjutnya
Johnson mengenal bela diri pada usia remaja saat mencoba gulat. Setelah ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PBSI: Konflik Kevin Sanjaya dan Herry IP Sudah Selesai!

Menurut Ketum PBSI, Agung Firman Sampurna baik Kevin Sanjaya dan Herry IP kini sudah sama-sama fokus menatap Olimpiade 2024.

SPORT | 30 September 2022

Tawanchai Rebut Gelar Juara Dunia One Featherweight Muay Thai

Petarung One Championship asal Thailand, Tawanchai PK Saenchai menang dengan keputusan bulat atas Petchmorakot Petchyindee.

SPORT | 30 September 2022

Kevin Sanjaya dan Herry IP Sudah Saling Minta Maaf, Masalah Selesai?

Kevin Sanjaya Sukamuljo meminta maaf atas perselisihannya dengan Pelatih Herry Iman Pierngadi (Herry IP) yang sempat mencuat di media.

SPORT | 30 September 2022

Kesulitan Makan, Kondisi Mike Tyson Kian Mengkhawatirkan

Kondisi kesehatan mantan juara dunia tinju kelas berat Mike Tyson kian mengkhawatirkan setelah dia diketahui kesulitan makan.

SPORT | 30 September 2022

Novak Djokovic Melaju ke Perempat Final Tel Aviv Open

Novak Djokovic mencapai perempat final Tel Aviv, Kamis (29/9/2022) setelah menang dua set langsung atas petenis Spanyol Pablo Andujar.

SPORT | 30 September 2022

Vietnam Open: Ruselli dan 8 Wakil Indonesia Lainnya Buru Tiket Semifinal

Tunggal putri, Ruselli Hartawan serta delapan wakil Indonesia lainnya akan berupaya merebut tiket semifinal Vietnam Open 2022.

SPORT | 30 September 2022

Vietnam Open: 9 Wakil Indonesia ke 8 Besar Termasuk Reza/Melati

Sembilan wakil Indonesia meraih tiket perempat final Vietnam Open 2022 termasuk ganda campuran anyar Moh Reza Pahlevi Isfahani/Melati Daeva Oktavianti.

SPORT | 30 September 2022

PLN Batam Tantang Tectona Bandung di 8 Besar Livoli

PLN Batam menantang Tectona Bandung di babak delapan besar kompetisi bola voli Livoli Divisi Satu di GOR Debes, Kabupaten Tabanan, Bali.

SPORT | 29 September 2022

Angela Lee Tantang Xiong Jing Nan Pukuli Tubuhnya di One Fight Night 2

Xiong Jing Nan pernah membuat Angela Lee tumbang lewat kombinasi pukulan dan tendangan dalam pertemuan pertama tahn 2019.

SPORT | 29 September 2022

Indonesia International Challenge: Sengit, Tasya Farahnailah Lolos Perempat Final

Tasya Farahnailah melaju ke perempat final turnamen Indonesia International Challenge usai mengalahkan Patchamon Laisuan 21-14,13-21, 22-20.

SPORT | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wagub: Pulau G Tak Eksklusif, Diperuntukan untuk Masyarakat

Wagub: Pulau G Tak Eksklusif, Diperuntukan untuk Masyarakat

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings