Logo BeritaSatu

Wapres Ma'ruf Amin Akan Hadiri Peringatan Haornas di Stadion Batakan

Kamis, 8 September 2022 | 07:21 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus melakukan persiapan dalam memperingati perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 yang akan berlangsung di Stadion Batakan, Kalimantan Timur, pada hari Jumat (9/9/2022) besok. Dijadwalkan, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin akan hadir dalam acara Haornas yang mengambil tema Bersama Cetak Juara itu.

Panitia Haornas di bawah komando Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta bersama Kabag Humas Kemenpora, Indra Jayaatmaja ikut menghadiri gladi kotor yang dilakukan pada Rabu (7/9/2022) malam di Stadion megah berkapasitas 40.000 itu.

Advertisement

Perayaan Haornas 2022 ini sangat berbeda dari edisi dua tahun sebelumnya yang hanya dilakukan di Jakarta dalam ruangan tertutup (indoor) dan diikuti oleh para stakeholder olahraga secara virtual lantaran pandemi Covid-19. Kali ini peringatan Haornas ke-39 dengan konsep outdoor ini dipastikan akan melibatkan puluhan ribu masyarakat setempat.

Tema yang diusung pada Haornas 2022 memang sejalan dengan semangat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), dimana ujung dari sebuah pembinaan olahraga adalah mencetak juara di pentas dunia, seperti Olimpiade serta kejuaraan dunia. Guna mewujudkan hal itu dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak.

"Tema peringatan Haornas yang ke-39 pada tahun 2022 ini adalah Bersama Cetak Juara. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, semangatnya adalah kerjasama, kolaborasi, sinergi, sehingga tidak bisa sendiri-sendiri untuk mencetak juara," ucap Menpora Amali.

Pada DBON memang disebutkan, terdapat 17 Kementerian/Lembaga, 34 Provinsi serta seluruh Kabupaten/Kota yakni 517, harus bersama-sama bergerak dalam mencetak atlet-atlet tangguh yang mampu mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

"Tema Haornas kali ini intinya implementasi dari DBON, disamping turut mensosialisasikan undang-undang baru yakni UU No. 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan yang disahkan beberapa waktu lalu oleh DPR RI," tutur Menpora Amali.

Perayaan Haornas yang ke-39 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur ini, menurut Menpora Amali, sekaligus memperkuat komitmen menyukseskan Ibu Kota Nusantara (IKN), sebagai barometer pemerintahan Indonesia yang baru ke depannya.

"Melalui sektor olahraga juga turut menguatkan komitmen nasional terhadap Ibu Kota yang baru yakni IKN, dimana wujud kongritnya adalah sebagai barometer pemerintahan, disitu pula kebijakan, kemudian implementasi DBON juga akan dikomandani dari Ibu Kota yang baru, bahkan bapak Presiden Joko Widodo pun telah memerintahkan untuk membuat sports center di IKN," pungkas Menpora.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

F1: Vertappen Waspadai Ancaman Ferrari dan Mercedes

Max Verstappen yang meraih rekor 15 kemenangan dan 454 poin selama musim 2022 menilai kedua tim memiliki performa yang baik dan cenderung meningkat.

SPORT | 5 Februari 2023

MotoGP: Ducati Tak Cemas dengan Kepindahan Jack Miller ke KTM

Jack Miller telah menjadi bagian penting dalam pengembangan motor Ducati yang kini memutuskan hengkang ke KTM dalam balapan MotoGP 2023.

SPORT | 5 Februari 2023

Thailand Masters 2023: Leo/Daniel Harapan Tersisa Indonesia Raih Gelar

Dengan ini Leo/Daniel akan menghadapi pasangan Taiwan, Su Ching Hen/Ye Hong Wei di babak final Thailand Masters 2023

SPORT | 5 Februari 2023

PLN Mobile Proliga: STIN BIN Raih Kemenangan Beruntun di Gresik

Tim putra Jakarta STIN BIN meraih kemenangan beruntun pada seri pertama putaran kedua kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023.

SPORT | 4 Februari 2023

Hari Pertama Play Off Piala Davis, Indonesia Tahan Vietnam

Tim tenis Indonesia berhasil menahan imbang tuan rumah Vietnam pada hari pertama Play Off Grup Dunia ll Piala Davis, Sabtu (4/2/2023).

SPORT | 4 Februari 2023

PLN Mobile Proliga 2023: Petrokimia Gagal Raih Poin di Kandang

Petrokimia gagal meraih poin seusai dikalahkan juara bertahan Bandung BJB pada pertandingan kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023.

SPORT | 4 Februari 2023

Taklukkan Ganda Tuan Rumah, Leo/Daniel ke Final Thailand Masters

Leo/Daniel melaju ke final Thailand Masters 2023 setelah menundukkan wakil tuan rumah, Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren.

SPORT | 4 Februari 2023

Lavani Persulit Langkah Sukun Badak ke Final Four Proliga 2023

Jakarta Lavani Allo Bank membuat sulit langkah Kudus Sukun Badak untuk menembus babak final four kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023.

SPORT | 4 Februari 2023

Ditaklukkan Ganda Taiwan, Fikri/Bagas Gagal ke Final Thailand Masters

Fikri/Bagas gagal melaju ke final Thailand Masters 2023 setelah menyerah kepada ganda Taiwan Su Ching Heng/Ye Hong Wei.

SPORT | 4 Februari 2023

Taklukkan Popsivo, Pertamina Makin Mantap di Puncak Klasemen Proliga 2023

Pertamina menaklukkan Popsivo 3-1 pada pertandingan kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023. Pertamina makin mantap di puncak klasemen Proliga 2023.

SPORT | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menteri PUPR Pastikan Pembangunan di IKN Tak Ubah Bentang Alam

Menteri PUPR Pastikan Pembangunan di IKN Tak Ubah Bentang Alam

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE