Logo BeritaSatu

Wapres Ma'ruf Amin Akan Hadiri Peringatan Haornas di Stadion Batakan

Kamis, 8 September 2022 | 07:21 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus melakukan persiapan dalam memperingati perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 yang akan berlangsung di Stadion Batakan, Kalimantan Timur, pada hari Jumat (9/9/2022) besok. Dijadwalkan, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin akan hadir dalam acara Haornas yang mengambil tema Bersama Cetak Juara itu.

Panitia Haornas di bawah komando Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta bersama Kabag Humas Kemenpora, Indra Jayaatmaja ikut menghadiri gladi kotor yang dilakukan pada Rabu (7/9/2022) malam di Stadion megah berkapasitas 40.000 itu.

Perayaan Haornas 2022 ini sangat berbeda dari edisi dua tahun sebelumnya yang hanya dilakukan di Jakarta dalam ruangan tertutup (indoor) dan diikuti oleh para stakeholder olahraga secara virtual lantaran pandemi Covid-19. Kali ini peringatan Haornas ke-39 dengan konsep outdoor ini dipastikan akan melibatkan puluhan ribu masyarakat setempat.

Tema yang diusung pada Haornas 2022 memang sejalan dengan semangat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), dimana ujung dari sebuah pembinaan olahraga adalah mencetak juara di pentas dunia, seperti Olimpiade serta kejuaraan dunia. Guna mewujudkan hal itu dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak.

"Tema peringatan Haornas yang ke-39 pada tahun 2022 ini adalah Bersama Cetak Juara. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, semangatnya adalah kerjasama, kolaborasi, sinergi, sehingga tidak bisa sendiri-sendiri untuk mencetak juara," ucap Menpora Amali.

Pada DBON memang disebutkan, terdapat 17 Kementerian/Lembaga, 34 Provinsi serta seluruh Kabupaten/Kota yakni 517, harus bersama-sama bergerak dalam mencetak atlet-atlet tangguh yang mampu mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

"Tema Haornas kali ini intinya implementasi dari DBON, disamping turut mensosialisasikan undang-undang baru yakni UU No. 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan yang disahkan beberapa waktu lalu oleh DPR RI," tutur Menpora Amali.

Perayaan Haornas yang ke-39 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur ini, menurut Menpora Amali, sekaligus memperkuat komitmen menyukseskan Ibu Kota Nusantara (IKN), sebagai barometer pemerintahan Indonesia yang baru ke depannya.

"Melalui sektor olahraga juga turut menguatkan komitmen nasional terhadap Ibu Kota yang baru yakni IKN, dimana wujud kongritnya adalah sebagai barometer pemerintahan, disitu pula kebijakan, kemudian implementasi DBON juga akan dikomandani dari Ibu Kota yang baru, bahkan bapak Presiden Joko Widodo pun telah memerintahkan untuk membuat sports center di IKN," pungkas Menpora.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Reinier de Ridder Terkesan Penampilan Bintang Muda BJJ Kade Ruotolo

Reinier de Ridder memuji Kade Ruotolo yang telah menjadi juara Dunia One Lightweight Submission Grappling dan juara ADCC termuda di usianya yang baru 19 tahun.

SPORT | 29 November 2022

Jelang Duel, Anatoly Malykhin Puji "Ejekan Sampah" Berkelas Renier De Ridder

Jelang duel One Championship, Anatoly Malykhin memberi apresiasi kepada Reinier de Ridder yang dinilainya mampu menjaga olokan-olokannya agar tetap berkelas.

SPORT | 29 November 2022

Roberto Soldic, Dari Perang Bosnia Menuju Panggung Dunia

Juara MMA Eropa Roberto Soldic akan memulai debutnya di One Championship Murad Ramazanov, dalam laga MMA divisi welterweight, Sabtu, 3 Desember 2022.

SPORT | 29 November 2022

Apriyani/Fadia Tambah Skuad Indonesia di BWF World Tour Finals 2022

Apriyani/Fadia menerima undangan dari BWF untuk bermain pada BWF World Tour Finals 2022 setelah ganda asal Jepang Nami Matsuyama/Chiharu Shida mundur.

SPORT | 29 November 2022

Beckham Dikeluarkan dari Pesawat Gara-gara Sabuk Pengaman

Pemain NFL, Beckham Jr dikeluarkan dari pesawat di Bandara Miami, Amerika, gara-gara tidak mengenakan sabuk pengaman.

SPORT | 28 November 2022

WADA Audit Badan Antidoping Indonesia Tahun Depan

WADA bakal melakukan audit IADO pada tahun depan untuk memastikan kepatuhan terhadap World Anti-Doping Code.

SPORT | 28 November 2022

Peserta Apresiasi Kategori Eco Run Fest 2022

Ribuan peserta mengikuti ajang balap lari Pertamina Eco Run Fest 2022 di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu (27/11/2022).

SPORT | 27 November 2022

JMTB Dorong Pengembangan Atlet Sepeda Usia Dini Lewat Pushbike

Journalist Mountain Bike (JMTB) turut mengambil bagian dalam pengembangan bibit pesepeda di kalangan anak-anak.

SPORT | 27 November 2022

8.000 Peserta Antusias Ikuti Pertamina Eco Run Fest 2022

Sebanyak 8.000 peserta mengikuti ajang lomba lari Pertamina Eco Run Festival 2022 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (27/11/2022).

SPORT | 27 November 2022

Ribuan Pelari Ramaikan Highlands Half Marathon di Sentul City

Ribuan pelari meramaikan ajang lomba lari massal jalan raya Highlands Half Marathon (HHM) 2022 di kawasan Sentul City, Kabupaten Bogor.

SPORT | 27 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

Penyaluran Bantuan Dana Bansos Terus Dipantau

NEWS | 47 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE